Khotbah : Dengarlah Suara Tuhan Melalui Injil Kekal

Khotbah : Dengarlah Suara Tuhan Melalui Injil Kekal !

Oleh : Pulo Lasman Simanjuntak

Hari ini dengan terlebih dahulu berdoa minta tuntunan Roh Kudus agar memberikan akal budi, hikmat, dan roh rendah hati, kita akan membaca Alkitab dalam 2 Timotius 3 : 16

“Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan , dan untuk mendidik orang dalam kebenaran”

“Segala tulisan yang diilhamkan Allah…itulah Alkitab atau Injil .Tuhan menggunakan manusia dengan tuntunan Roh Kudus untuk menyampaikan Firman Tuhan.

1.Bermanfaat untuk MENGAJAR, artinya Alkitab/Injil dapat mengajarkan kepada kita khususnya apa yang diperintahkan Tuhan kepada kita sebagai manusia berdosa.Mengajar diri kita untuk tetap setia pada penurutan kepada Firman Allah sampai kita mati di dalam Tuhan (Wahyu 14:13)

2.Untuk menyatakan kesalahan, artinya Alkitab/Injil dapat ‘menegur’ kesalahan-kesalahan-termasuk di dalamnya dosa-dosa kita- tanpa ada perlawanan atau bantahan dari diri kita.

Kadangkala kalau ada orang ‘menegur’ kesalahan-kesalahan kita-apalagi di depan umum-kita sering sakit hati atau tersinggung, karena ini menyangkut harga diri.

Namun, kalau Firman Tuhan yang langsung menegur kesalahan-kesalahan kita, apakah kita tersinggung atau sakit hati ? Tentu saja tidak.Malahan akan menjadikan kita bertobat sungguh-sungguh.

3. Untuk memperbaiki kelakuan artinya Alkitab/Injil dapat “koreksi” diri kita khususnya mengenai kelakuan, perbuatan, tingkah laku, tutur kata, dan sikap kita sehari-hari.

4.Dan untuk mendidik orang dalam kebenaran, itu artinya Alkitab/Injil akan mendidik kita dalam kebenaran yaitu kebenaran akan Firman Tuhan melalui Tuhan kita Yesus Kristus.
“Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firmanMu adalah kebenaran ” (Yohanes 17; 17)

Alkitab bahkan menjanjikan suatu ‘berkat’ yang luar biasa bila kita sungguh-sungguh membaca dan menyelidiki Alkitab dengan mengandalkan Tuhan -satu-satunya dalam kehidupan kita-tanpa ada ‘kekuatan’ lain, selain hanya dari Tuhan.

Mari kita baca Alkitab dalam Yeremia 17 : 7-8 ” Diberkatilah orang yang mengandalkan Tuhan, yang menaruh harapannya pada Tuhan (ayat 7)..”Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan ke akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah ” (ayat 8)

Diberkati orang yang mengandalkan Tuhan, seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air ( sejuk, damai, lembut, dan segar seperti pohon di tepi air).

Tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau ( tak alami kekeringan, kelaparan, bahkan kehidupan tiap hari tetap ‘hijau’ penuh dengan keindahan, kebahagiaan, kesenangan, dan suka cita bersama Tuhan).

Tak kuatir dalam tahun kering ( tak ada kegelisahan hidup, tak ada kekuatiran hidup, meskipun ada badai, bencana, penderitaan, kesengasaran karena telah mengandalkan Tuhan).

Tidak berhenti menghasilkan buah (orang yang mengandalkan Tuhan akan terus ‘berbuah’ yaitu buah roh : kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan seperti tertulis dalam Galatia 5 :22).

Berikut adalah ayat-ayat Firman Tuhan dalam Alkitab/Injil yang saya dan saudara wajib baca yaitu 2 Petrus 1:20, Mazmur 119:105, Amsal 30:5-6, Yesaya 8:20, 1 Tesalonika 2:13 , Ibrani 4:12, Roma 1: 16-17, Roma 10:17, Amos 8:11-12 Markus 13:31, Matius 4:4, Daniel 9:10, 1 Korintus 9:23, Yesaya 40:8, Yeh 12: 25,28, Mazmur 33:4, dan Yeremia 23:29.

“Dan aku melihat seorang malaikat lain terbang ditengah-tengah langit dan padanya ada Injil yang kekal untuk diberitakannya kepada mereka yang diam di atas bumi dan kepada semua bangsa dan suku dan bahasa dan kaum” (Wahyu 14:6).

Dengan demikian yang wajib kita baca hanya; Alkitab /Injil-termasul Injil yang kekal- tak ada kitab suci lain selain Alkitab/Injil yang kita baca, dan praktikkan (Yak 1:22) .

Setelah itu kita beritakan ke semua bangsa (Markus 13:10).Inilah misi Yesus Kristus yang akan kita bagikan kepada orang-orang yang belum mengenal Yesus Kristus dan kebenaran-Nya.Inilah perintah agung Yesus Kristus dalam Matius 28 : 16-20.

Perintah Tuhan Baca Alkitab

Apakah Tuhan memerintahkan kita untuk membaca dan menyelidiki Alkitab/Injil. Apakah Yesus Kristus juga memberikan perintah kepada kita-umat dan hamba Tuhan- untuk menuruti Firman-Nya melalui Alkitab/Injil.

Mari kita berdoa minta tuntutan Roh Kudus pada hari ini dengan membaca 1 Timotius 4 : 13 ” Sementara itu, sampai aku datang, bertekunlah dalam membaca Kitab-kita suci, dalam membangun, dan dalam mengajar”

Kisah Rasul 17 :11 ” Orang-orang Yahudi di kota itu lebih baik hatinya daripada orang-orang Yahudi di Tesalonika,, karena mereka menerima firman itu dengan segala kerelaan hati , dan setiap hari mereka menyelidiki Kitab suci untuk mengetahui apakah semuanya itu benar demikian”

Kisah Rasul 2 : 42, 46, 47 (cara hidup jemaat mula-mula) ” Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul , dan dalam persekutuan. Dan, mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa.”

Sebagai pengikut Yesus Kristus-bila kita juga mengasihi Tuhan Yesus Kristus- kita diperintahkan untuk menuruti Firman-Nya yaitu hanya melalui Alkitab dan Alkitab saja.

Tak ada buku lain-selain Alkitab- yang Tuhan sendiri menghembuskan ‘nafas-Nya’ melalui Roh Kudus.

“Jawab Yesus :Jika seseorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku, dan Bapa-Ku akan mengasihi dia, dan Kami akan datang kepadanya, dan diam bersama-sama dengan dia.Barangsiapa tidak mengasihi Aku, ia tidak menuruti firmanKu, dan firman yang kamu dengar bukanlah dari pada-Ku, melainkan dari Bapa yang mengutus Aku” (Yohanes 14: 23-24)

Yesus bahkan minta kepada kita supaya percaya kepada Kitab suci (Alkitab/Injil) seperti tertulis dalam Yohanes 2 : 22 ” Kemudian, sesudah Ia bangkit dari antara orang mati, barulah teringat oleh murid-murid-Nya bahwa hal itu telah dikatakan-Nya, dan mereka pun percayalah akan Kitab suci, dan akan perkataaan yang telah diucapkan Yesus ”

Umat Tuhan telah diminta Tuhan untuk membaca Alkitab/Injil sejak usia kanak-kanak atau sejak kecil. ” Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab suci yang dapat memberi hikmat kepadamu, dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus ” (2 Timotius 3 : 15)

Lalu apa pesan ‘rohani’ dari Ellen.G.White dalam buku Roh Nubuat Alfa dan Omega jilid 8, halaman : 624-634 berjudul “Alkitab Suatu Perlindungan”.

1. Kita harus mempelajari Alkitab itu dengan tekun setiap hari, menimbang setiap pemikiran, dan membandingkan ayat- demi ayat .Dengan pertolongan ilahi, kita membentuk sendiri pendapat kita untuk kita sendiri, sebagaimana kita harus menjawab untuk kita sendiri di hadirat Allah.(halaman 630)

2. Kita harus menggunakan seluruh kuasa pikiran untuk mempelajari Alkitab, dan mengerahkan pengertian kita untuk mengerti, sejauh yang dapat dipahami manusia fana, perkara-perkara yang dalam mengenai Allah.Kita tak boleh mempelajari Alkitab dengan bergantung kepada diri sendiri sebagaimana yang dilakukan banyak orang dalam bidang-bidang ilmu pengetahuan.

Tetapi dengan bergantung kepada Allah di dalam doa, dan dengan kerinduan sungguh-sungguh untuk mengetahui kehendak-Nya. Kita harus datang dengan roh kerendahan hati .

Jangan pernah membaca Alkitab tanpa permintaan doa. Roh suci sendiri dapat membuat kita merasa pentingnya perkara-perkara yang mudah dimengerti , atau mencegah kita dari memutarbalikkan kebenaran yang sulit dimengerti.(hal 630-631) .

Dalam buku Roh Nubuat “Pelayan Injil” (Ellen G.White ) berjudul “Pelajaran Alkitab Perlu Untuk Pendayagunaan” (Hal 85-87) dikatakan ;

Alkitab adalah buku terbaik di dunia yang dapat memberi kebudayaan intelektual.Pelajaran yang terdapat di dalamnya mengisi pikiran, menguatkan ingatan, dan menajamkan kecerdasan lebih daripada mempelajari semua mata pelajaran yang dianut filsafat manusia. (halaman 86).

Sisihkan sebagian waktu setiap hari untuk belajar Kitab suci dan berhubungan dengan Allah.

Dengan demikian engkau akan memperoleh kekuatan rohani, dan bertumbuh dan berkenan pada Allah . (halaman 86).

Pengetahuan sejati terhadap alkitab hanya dapat dicapai melalui bantuan yang berasal dari Roh yang justru melalui Roh itulah Firman itu diberikan. Dan, supaya dapat mencapai pengetahuan ini , kita harus hidup dengan pengetahuan itu.

Semua perkataan perintah Allah itu harus ditaati. Semua janjinya, dapat kita tuntut. Kehidupan yang menikmati janji itu adalah kehidupan yang melalui kuasa-Nyalah kita harus hidup. Hanyalah bilamana Alkitab dipegang dengan begitu barulah Alkitab itu dapat dipelajari dengan tepat guna (halaman 87).

Alkitab dibawa kepada keluarga , dan kebenaran-kebenaran-Nya yang kudus datang ke rumah sampai ke hati nurani.Sedikitlah berkhotbah, banyaklah mendidik, dengan mengadakan bacaan Alkitab , dan dengan berdoa bersama para keluarga.Mereka berdoa dan rajin mempelajari Alkitab. (Belajar Alkitab Dalam Keluarga, halaman 170-171)

Berikut adalah ayat-ayat Firman Tuhan (Alkitab/Injil) yang patut kita baca, selidiki, pahami, dan praktikkan dalam kehidupan kita sehari-hari sambil menanti Kedatangan Tuhan Yesus Kristus yang kedua kali supaya kita tetap hidup suci, kudus, dan tak bercacat cela.

1.Berbahagialah orang yang mendengar Firman Allah dan memeliharanya (Lukas 11:28)

2. Mendengar Firman Tuhan dan mempraktikkan (Lukas 8;21, Matius 7: 24-27, Yakobus 1 : 22)

3. Makin diteguhkan karena baca Alkitab (2 Petrus 1 :19)

4. Firman Tuhan itu selalu benar (1 raja-raja 17 :24)

5. Firman Tuhan menyegarkan jiwa, memberikan hikmat, menyukakan hati , lebih indah dari emas (Mazmur 19: 8-12)

6. Selalu haus dan lapar akan Firman Tuhan (Amos 8 :11-12)

7. Perumpamaan tentang menabur Firman Tuhan (Matius 13: 1-9 dan Matius 13 : 18-23)

8. Firman Allah itu hidup, kuat, dan lebih tajam dari pedang bermata dua ( Ibrani 4 : 12)

9. Mendengar Firman Allah dan memeliharanya (Lukas 11 : 28)

10.Teguh berpegang pada pengharapan o
penuh ketekunan dan penghiburan dari Kitab suci (Roma 15 :4)

Amin…Haleluya…. Tuhan mem berkati

Pamulang, Kamis, 7 November 2019

Bagikan berita ini

Tinggalkan Balasan