Berbuah Dalam Iman Kristen

Jakarta, BeritaRayaOnline,-Kata “Buah” disebutkan beberapa kali oleh Tuhan Yesus Kristus…”Dari BUAH-nyalah kamu akan mengenal mereka..”(Matius 7 : 16 dan Matius 7 :20).

Bahkan tentang “Perumpamaan Seorang Penabur” (Matius 13 : 1-23 dan Markus 4 :1-20 dan Lukas 8:4-15).

Tuhan Yesus menekankan perlunya BENIH (Firman Tuhan) jatuh di tanah yang baik dan BERBUAH, ada yang tiga puluh kali lipat, enam puluh kali lipat, dan seratus kali lipat (Matius 13:8,23 dan Markus 4 : 8, 20 dan Lukas 8:8,15)Masih tentang BUAH, Rasul Yohanes menyatakan lagi dalamYohanes 15:2.

Lalu, Rasul Paulus mengatakan orang yang sudah dibaptis, bertobat, bertumbuh dalam IMAN kepada Yesus Kristus akan terus berbuah yakni BUAH-BUAH ROH KUDUS (kasih,sukacita,damai sejahtera,kesabaran,kemurahan,kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, dan penguasaan diri-Galatia 5:22-23).

Sedangkan BUAH BUAH PERTOBATAN antara lain bersabar (Kolose 3:12-13, Kolose 1:11 dan 1 Timotius 6:11) serta jangan marah (Mazmur 37:7-8).

Buah-buah penurutan juga dinyatakan dalam perbuatan-perbuatan baik terlihat dalam tabiat yang menyerupai tabiat dan kehidupan Kristus (Mazmur 40:9, Yohanes 5:30 dan 1 Yohanes 2:6).

Sedangkan IMAN (apa itu iman dapat dibaca dalam Ibrani 11:1) atau “Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah.Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia” (Ibrani 11:6).

Roma 10:17 ” Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus”.

Jadi , setelah kita BERTOBAT (Kisah Rasul 2:38) dalam baptisan kudus menerima Yesus Kristus dan kebenaran-Nya) maka IMAN kita BERTUMBUH dan BERBUAH hanya kepada Tuhan Yesus Kristus.Kristus akan HIDUP dalam diri kita (Galatia 2:20), dan tabiat-Nya akan BERBUAH di dalam tabiat kita, sehingga tabiat kita akan sempurna seperti tabiat Kristus dan telah siap menantikan kedatangan Yesus yang kedua kali.

Pada pelajaran sekolah sabat (SS, Minggu 12/2/2017) berjudul “Syarat Agar Berbuah” :

1) Rahasia pertama agar orang Kristen sejati menghasilkan buah adalah tinggal di dalam Kristus.Sebab terpisah dari Kristus kita tidak dapat menghasilkan buah kerohanian yang asli.

Itu artinya : A.Tinggal di dalam Kristus setiap hari baik melalui doa, pelayanan, membaca Alkitab/Injil, dan menjadi pelaku Firman seperti tertulis dalam Yakobus 1:22.

Lalu membagikan Firman itu kepada orang lain yang belum mengenal Yesus Kristus dan kebenaran-Nya dalam misi penginjilan (Matius 28 : 16-20, 1 Tes 1: 2, 2 Tes 2: 14, 2 Timotius 2:9-10, Roma 15:19, 1 Korintus 9:23, 1 Korintus 9: 18, Galatia 1: 11-12, Filili 1:14, dan Kolose 1:6).

2) Buah roh (Galatia 5 :22-23) tidak dapat “dipaksakan” kepada kita dari luar, tetapi itu adalah hasil dari KEHIDUPAN KRISTUS DI DALAM KITA.Dalam Yohanes 15:1-11 Yesus mengatakan kepada kita bahwa menghasilkan buah adalah hasil dari KEHIDUPAN KRISTUS, pokok anggur itu, mengalir melalui cabang-cabang umat percaya.

3) Pembentukan buah adalah pekerjaan Allah melalui Yesus Kristus.

Itu artinya : B. Praktik berbuah roh bukan berasal dari diri kita sebagai manusia berdosa, tetapi itu adalah pekerjaan Allah melalui Yesus Kristus.Oleh karena berbuah roh adalah hasil pekerjaan Allah, maka kita harus bertobat, dan hidup kudus, bertumbuh dalam Kristus Yesus.

4) Ketika Kristus tinggal di dalam pikiran kita, Dia akan terlihat dalam tindakan-tindakan kita .Yesus menghidupkan kehidupan-Nya di dalam kita.Kehidupan yang dihidupkan Kristus akan dihasilkan di dalam kita, dengan maksud agar kita memantulkan tabiat-Nya.
Itu artinya : C.Pikiran kita setiap hari adalah ‘Pikiran Kristus’ selalu setiap saat memikirkan hal-hal surgawi, bukan duniawi. Dalam bahasa Alkitab yaitu hidup dengan pimpinan Roh, dan bukan hidup menurut keinginan daging (baca Galatia 5 : 16-26)

“Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa napsu dan keinginannya.Jikalah kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh” (Galatia 5 :24-25).

5)Buah roh adalah tabiat Kristus, dihasilkan oleh Roh Kudus di dalam pengikut-pengikutnya.Ketika Kristus tinggal di dalam kita kita akan “hidup” oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging (Galatia 5:16).
Itu artinya : D. Buah roh adalah tabiat Kristus (kasih sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan,kebaikan kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri seperti tertulis dalam Galatia 5:22-23).
Berbuah Roh juga tertulis dalam Matius 13:23 , Lukas 8:15, dan Markus 4:20.

6) Buah Roh menjadi bukti dalam kehidupan kita .Tabiat kita akan DIUBAHKAN untuk MEMANTULKAN tabiat Kristus melalui apa yang kita katakan dan pikirkan.Roh Kudus akan memberikan kita kekuatan untuk hidup penuh KEMENANGAN dan untuk mengembangkan semua kebajikan yang menjadi tabiat dari mereka yang disebut ANAK-ANAK ALLAH.
Itu artinya : E. Kita akan diubahkan dengan hidup kepenuhan Roh Kudus.Diubahkan dalam sikap, tingkah laku, tutur kata, perbuatan kita sehari-hari dalam kasih kesetiaan dan kesucian dengan menjadi teladan Kristus ( 1 Timotius 4: 12).

Memantulkan tabiat Kristus untuk menjadi Terang Kristus dan menjadi anak-anak Allah seperti tertulis dalam Matius 5:16 : ” Demikian hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga” .
Bahkan kamu menjadi terang dunia (Matius 5:14), menjadi anak-anak terang (Yohanes 12:26), dan Yesus adalah terang itu sendiri (Yohanes 12: 46).

Dengan demikian sebagai kesimpulannya -menurut pendapat saya- syarat agar berbuah dengan sebuah kehidupan beragama dan sebuah kehidupan yang dipenuhi oleh Roh Kudus adalah tetap setia dan tetap melakukan penurutan kepada perintah Allah disertai pula dengan takut akan Allah seperti tertulis dalam Imamat 25 :17,36,43, Imamat 18:4, Imamat 18:26, Keluaran 20:20, Keluaran 19:5-6, Imamat 19:37, Imamat 20:6,22, Imamat 25:17, Imamat 25:18,19, Yeremia 17:7-8, Imamat 23:3-5, dan Kisah Rasul 11:23.

Namun, dari sekian banyak tokoh Alkitab yang hidupnya penuh dengan Roh Kudus, serta dalam praktik kehidupan sehari-harinya senantiasa berbuah roh yaitu Nabi Yusuf seperti tertulis dalam Kitab Kejadian 39 : 1-23, serta Henokh yang hidup berjalan dengan iman, menurut, senantiasa menyenangkan hati Allah, serta berjalan selaras dengan surga.

Amin…Tuhan Yesus memberkati.

Pamulang, Rabu pagi, 3/7/2019

Pulo Lasman Simanjuntak

Ketua Jemaat GMAHK Jatinegara

Bagikan berita ini

Tinggalkan Balasan