Spread the love

Nusa Dua, BeritaRayaOnline,-Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri pertemuan bilateral dengan Menteri Kerja Sama Pembangunan dan Perdagangan Luar Negeri Finlandia Ville Tavio di Bali Nusa Dua Convention Center, Rabu (22/5). Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan Menteri Perekonomian Finlandia Wille Rydman pada Januari 2024 silam.

Pertemuan ini merupakan diskusi lanjutan yang membahas potensi kerja sama dengan Finlandia terkait pembangunan _smart city_ di Ibu Kota Nusantara (IKN), terutama pemanfaatan teknologi dan energi terbarukan demi mewujudkan visi IKN sebagai _smart forest city_. Salah satu teknologi yang akan diimplementasikan adalah _smart intelligent sign_ untuk jalan tol Balikpapan-IKN.

“Kita akan melakukan _pilot project_ untuk sistem jalan tol ini di Tol Balikpapan-IKN. Kalau setelah itu hasilnya bagus kita bisa tingkatkan implementasinya,” kata Menteri Basuki.

Ditambahkan Menteri Basuki, Kementerian PUPR telah merencanakan mengimplementasikan _smart system_ di IKN. Kementerian PUPR juga mempertimbangkan advis _smart building system_ dari Finlandia.

“Terima kasih atas dukungan Finlandia terhadap pembangunan _smart city_ IKN. IKN didesain untuk masa depan, untuk itu kita akan menggunakan _smart system_. Kami butuh advis dari Finlandia karena memiliki teknologi yang tinggi. Jika Finlandia bisa, saya yakin Indonesia juga bisa,” ucap Menteri Basuki.

Menteri Kerja Sama Pembangunan dan Perdagangan Luar Negeri Finlandia Ville Tavio mengatakan senang menjadi bagian dari pembangunan IKN. “Saya harap melalui pertemuan ini kita bisa mempererat kolaborasi di masa depan,” ujarnya.

Turut hadir mendampingi Menteri Basuki Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti, Direktur Jenderal Bina Konstruksi Rachman Arief Dienaputra dan Kepala Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Sumadilaga. (*)

Biro Komunikasi Publik
Kementerian PUPR

Facebook : Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Twitter : @kemenpu
Instagram : kemenpupr
Youtube : kemenpu

#PUPRSigapMembangunNegeri

Editor : Lasman Simanjuntak

Tinggalkan Balasan