Spread the love

Jakarta, BeritaRayaOnline,-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menerima kunjungan 120 orang delegasi Bina Antarbudaya – AFS Intercultural Programs di Kampus Kementerian PUPR, Jakarta dalam rangka berdiskusi tentang Sustainable Development Goals (SDGs) pada Rabu (15/11/2023). Bina Antarbudaya – AFS Intercultural Programs adalah organisasi nirlaba global yang menyediakan kesempatan belajar antarbudaya untuk membantu mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mewujudkan dunia yang lebih adil dan damai.

“Kami menyambut baik kunjungan AFS yang terdiri dari anak-anak muda harapan bangsa yang datang dari seluruh penjuru Indonesia untuk sharing mengenai komitmen PUPR dalam implementasi SDGs,” ujar Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja.

Pimpinan rombongan Bina Antarbudaya – AFS Intercultural Programs Riana Syarif Burhanuddin menyampaikan bahwa melalui program AFS Global STEM Innovators 2023, para remaja yang datang dari seluruh penjuru Indonesia ini melakukan Company and Community Visit ke Kementerian PUPR karena dianggap sebagai percontohan perkantoran hijau yang menerapkan komitmen SDGs.

“Tim kami tertarik untuk belajar mengenai konsep pengelolaan kantor hijau di Kampus PUPR serta implementasi 17 tujuan global SDGs pada pelaksanaan pekerjaan bidang PUPR,” kata Riana.

Dalam kegiatan kunjungan ini, Bina Antarbudaya – AFS Intercultural Programs didampingi oleh Biro Umum Sekretariat Jenderal Kementerian PUPR. Kunjungan ini dilaksanakan dengan paparan dan diskusi serta campus tour mengelilingi seluruh area Kampus PUPR. “Pengelolaan Kampus PUPR dilakukan dengan pendekatan Quality Working Life, dimana minimal 8 jam dalam sehari penjaminan kualitas hidup pegawai saat bekerja difasilitasi seoptimal mungkin”, ujar Kepala Biro Umum Agus Sutamin.

Beberapa hal dalam 17 komitmen global SDGs juga telah coba diimplementasikan di Kampus PUPR dengan Konsep – Kriteria – Program (Concrete-Program) Biro Umum, diantaranya Zero Negative Space, Bring Happiness Everywhere, Building Performance, Connectivity Outer Zone, dan Empowering Axial-Subaxial. Optimasi layanan Taman Pengasuhan Anak (TPA), komitmen penyediaan ruang laktasi, dan wahana mini zoo PUPR adalah beberapa contoh komitmen PUPR dalam implementasi SDGs.

“Kami merasa bangga dengan semangat generasi muda Indonesia untuk membawa isu SDGs dengan sangat luar biasa. Kami juga berharap para generasi muda ini dapat memberikan masukan yang komprehensif terhadap pelayanan yang sudah dilakukan Biro Umum terutama untuk fasilitas sarana dan prasarana pegawai PUPR agar kedepannya pelayanan yang diberikan lebih baik lagi,” kata Agus Sutamin.

Para delegasi Bina Antarbudaya – AFS Intercultural Programs mengaku terkesan dengan beberapa fasilitas yang tersedia di Kampus PUPR. “Kampus PUPR Asik”, ujar Dom peserta dari Papua Barat. ASIK merupakan representasi dari semangat Adaptif, Solutif, Inovatif dan Kreatif dalam pelayanan dan selanjutnya dimaknai sebagai Aku Siap Kolaborasi. (*)

Biro Komunikasi Publik
Kementerian PUPR

Facebook : Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Twitter : @kemenpu
Instagram : kemenpupr
Youtube : kemenpu

#PUPRSigapMembangunNegeri

Editor : Lasman Simanjuntak

Tinggalkan Balasan