Spread the love

Jakarta, BeritaRayaOnline,-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan penataan kawasan Arena Publik Borarsi Kabupaten Manokwari di Provinsi Papua Barat. Lapangan Borarsi akan menjadi pusat upacara pembukaan event-event skala nasional maupun internasional di Papua Barat sekaligus mendukung kegiatan publik masyarakat Manokwari seperti olahraga, pariwisata, dan kegiatan kebudayaan.

Dukungan infrastruktur pada penataan Arena Publik Borarsi diharapkan mampu menciptakan penataan ruang publik yang sesuai dengan karakteristik dan kearifan lokal budaya daerah yang selaras dengan Visi Kabupaten Manokwari yakni “Terwujudnya Kabupaten Manokwari menjadi Pusat Peradaban di Tanah Papua dan Ibu Kota Provinsi Papua Barat yang Religius, Berbudaya, Berdaya Saing, Mandiri dan Sejahtera“.

“Penataan kawasan ini untuk memberikan pelayanan yang baik bagi para pengunjung yang datang,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Penataan Arena Publik Borarsi merupakan optimalisasi ruang terbuka publik yang sebelumnya sudah terbangun dengan menghadirkan fasilitas public space yang aman, nyaman, dan modern. Pengembangan desain landmark memanfaatkan kawasan Lapangan Borarsi dengan luas lahan 24.940 m2 dan luas bangunan 4.903 m2.

Penataan dimulai dari renovasi bangunan utama dan panggung utama, peremajaan lapangan, tribun penonton, dan jalur pedestrian. Selanjutnya juga dibangun fasilitas pendukung berupa lapangan basket, lapangan gateball, ruang bermain anak, area parkir, drainase, lansekap (penghijauan), dan sarana pengelolaan sampah.

Peletakan batu pertama pekerjaan fisik penataan Arena Publik Borarsi secara seremoni telah dilaksanakan pada 12 September 2023 lalu dengan masa waktu pembangunan 360 hari kalender. Tercatat hingga 26 Mei 2024 progres fisiknya telah mencapai 56,54% dengan target selesai tahun 2024.

Kegiatan penataan Arena Publik Borarsi berada di bawah tanggung jawab Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Papua Barat, Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR dengan kontraktor pelaksana PT Irma Tiara Putra. Anggaran pembangunan sarana dan prasana bersumber dari APBN tahun 2023-2024 dengan nilai kontrak Rp67,3 miliar.

Arena Publik Borarsi berada di pusat kota Manokwari yang dapat ditempuh dari Bandara Rendani sekitar 20 menit. Diharapkan dengan mengedepankan prinsip keseimbangan fungsi sosial, ekonomi, dan lingkungan, infrastruktur Arena Publik Borarsi yang sedang dibangun dapat memberi manfaat bagi sekitarnya. (*)

Biro Komunikasi Publik
Kementerian PUPR

Facebook : Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Twitter : @kemenpu
Instagram : kemenpupr
Youtube : kemenpu

#PUPRSigapMembangunNegeri

Editor : Lasman Simanjuntak

Tinggalkan Balasan