Spread the love

Jakarta, BeritaRayaOnline,-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berkomitmen mendukung peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia

(SDM) unggul melalui pembangunan dan rehabilitasi fasilitas pendidikan. Di Provinsi Sumatera Barat, Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Politeknik Negeri Padang untuk pengembangan prestasi olahraga, kesenian, dan minat bakat.

Pekerjaan pembangunan dan rehabilitasi fasilitas pendidikan pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) ini mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 43 Tahun 2029 tentang Pembangunan, Rehabilitasi, atau Renovasi Pasar Rakyat, Prasarana Perguruan Tinggi, dan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

“Kita lanjutkan pembangunan sarana pendidikan guna mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia. Manfaatkan fasilitas yang sudah dibangun, generasi mendatang harus lebih pintar karena fasilitasnya lebih baik,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Pembangunan gedung ini dikerjakan oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR melalui Direktorat Prasarana Strategis sejak 29 November 2021 dan telah selesai pada Januari 2022. Dukungan infrastruktur pendidikan ini sebagai upaya penyelesaian KDP (Konstruksi Dalam Pengerjaan) bangunan gedung dengan fungsi sebagai pusat kegiatan mahasiswa yang belum selesai, baik secara konstruksi maupun secara fungsi.

Gedung PKM Politeknik Negeri Padang dibangun di atas lahan seluas 0,4 hektare dengan nilai kontrak Rp35,4 miliar. Adapun infrastruktur dibangun Kementerian PUPR berupa pembangunan gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa, ground water tank, power house, turap penahan tanah, akses jalan pemadam kebakaran, dan lansekap. Gedung PKM Politeknik Negeri Padang juga dilengkapi kursi tribun dengan kapasitas 2.000 penonton.

Direktur Prasarana Strategis Essy Asiah berharap fasilitas yang sudah dibangun dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk kegiatan belajar mengajar.

“Kami ingin mahasiswa di daerah bisa juga merasakan hasil pembangunan pemerintah pusat. Fasilitas Pusat Kegiatan Mahasiswa yang sudah dibangun dapat dimanfaatkan untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia di lingkungan Politeknik Negeri Padang,” kata Essy Asiah. (*)

Editor : Lasman Simanjuntak

Tinggalkan Balasan