Kementerian PUPR lakukan Penjaringan Usulan Bantuan PSU TA 2017

perumahanBanjarmasin, BeritaRayaOnline,-Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Rumah Umum dan Komersial melaksanakan Rapat Koordinasi Bantuan PSU Kementerian PUPR dalam rangka Penjaringan usulan Bantuan PSU TA 2017 wilayah Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah 10-11 Agustus 2016 di Banjarmasin.

Pelaksanaan Rapat Koordinasi Bantuan PSU Kementerian PUPR wilayah Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah diharapkan dapat mendorong gairah penyediaan Rumah untuk MBR sebagai bagian dari dukungan terhadap Program Sejuta Rumah.

“Saat ini Keputusan Menteri terkait komponen Bantuan PSU untuk TA 2017 sedang dalam proses yang meliputi jalan, ruang terbuka non hijau (tempat parkir atau lapangan olahraga), PJU, Air Minum dan Sampah TPS3R. Oleh karena itu kami harus memiliki strategi untuk bisa memenuhi target Bantuan PSU, salah satunya dengan adanya usulan lokasi Bantuan PSU untuk tahun 2017” ujar Direktur Rumah Umum dan Komersial Ir. Irma Yanti, MT membuka secara resmi Rakor Bantuan Prasarana, Sarana, dan Utilitas Umum untuk Perumahan Umum di Hotel Golden Tulip, Banjarmasin, Rabu (10/8/2016).

Pada Tahun 2015, telah dilaksanakan Bantuan PSU kepada 29.965 dan pada Tahun 2016 sebesar 25.000 unit berupa jalan lingkungan. Kedepannya Direktorat RUK Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR akan berusaha menambah komponen PSU tidak hanya jalan lingkungan.

Dalam laporan ketua Panitia yang disampaikan oleh Yogi Hendrasworo, ST, Rakor tersebut diikuti para pengembang perumahan MBR, perwakilan dinas teknis terkait pemda, dan koordinator propinsi dari wilayah Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.

Menurut Ir. Irma Yanti, MT, pelaksanaan Rakor ini menandai era baru pengadaan bantuan PSU untuk perumahan MBR. Adanya lelang dini PSU diharapkan juga akan semakin mempercepat proses pembangunan serta meningkatkan kualitas PSU yang dihasilkan.

Dalam Rakor ini disampaikan penjelasan terkait bantuan PSU yang disampaikan oleh Yogi Hendrasworo, ST selaku Kepala Seksi Bantuan Rumah Umum Wilayah II, Pengalaman Pemerintah Daerah dalam Proses Usulan, Pelaksanaan, dan Serah Terima Aset Bantuan PSU yang disampaikan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Kabupaten Barito Kuala, dan fasilitasi bantuan dari Bapertarum PNS yang disampaikan oleh Bp. Nyoman Suprayatna selaku Kepala Satuan Pengawas Internal Bapertarum.

Lebih lanjut, Ir. Irma Yanti, MT menerangkan, semua usulan lokasi PSU khususnya di lokasi perumahan masyarakat merupakan usulan dari pemerintah daerah. Dari usulan tersebut diharapkan pada bulan Oktober sudah dapat dilaksanakan Penunjukan Langsung atau

Pelelangan Umum. Oleh karena itu ditargetkan bulan Agustus dan September sudah dapat di verifikasi oleh Tim Direktorat RUK yang dipimpin oleh Ir. Kukuh Firmanto, MT selaku Kasubdit Bantuan Rumah Umum dan pembangunannya akan dimulai pada awal Februari 2017.

Ir. Irma Yanti, MT juga menegaskan kepada para pengembang serta perwakilan Pemda yang hadir untuk berkomitmen dalam penyaluran bantuan PSU tersebut. Dirinya berharap bantuan yang diberikan harus semaksimal mungkin memiliki kualitas yang baik apalagi bantuan tersebut diberikan kepada masyarakat berpenghasilan rendah yang ingin memiliki hunian yang layak dan nyaman.

“Melalui penyaluran bantuan PSU ini, kami berharap masyarakat bisa nyaman tinggal di perumahan yang layak huni. Kami juga ke depan ingin agar di setiap rumah yang mendapat bantuan pemerintah ini memiliki tanaman penghijauan sehingga lingkungannya menjadi lebih hijau dan asri,” harapnya. (*/Komunikasi Publik Ditjen Penyediaan Perumahan/Bro-satu)

Editor  : Pulo Lasman Simanjuntak

 

 

Bagikan berita ini

Tinggalkan Balasan