Spread the love

Satgas Asian GamesJakarta, BeritaRayaOnline,- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan akan membangun 15 tower rumah susun untuk mendukung pelaksanaan Asian Games XVIII yang akan di selenggarakan pada tahun 2018 mendatang. Sebanyak 10 tower Rusun saat ini masih dalam tahap pembangunan di Kemayoran, Jakarta dan lima tower lainnya dibangun di Kompleks Olahraga Jakabaring Sport City, Palembang.

“Kami akan mendukung pelaksanaan Asian Games XVIII tahun 2018 mendatang dengan membangun sebanyak 15 tower Rusun sebagai wisma atlet,” ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Syarif Burhanuddin pada Kick Off Meeting Satuan Tugas Infrastruktur Asian Games XVIII Tahun 2018 yang dilaksanakan di Gedung Annex PPK Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (30/6/2016).

Syarif menjelaskan saat ini proses pembangunan rumah susun sewa (Rusunawa) yang berada di Jakarta yang berada di zona C2 dan D10 Kemayoran sudah memasuki tahap pekerjaan struktur bawah dan diperkirakan pekerjaan penyelesaian pondasi selesai pada akhir bulan Juli ini.

“Untuk pembangunan konstruksi wisma atlet di Jakabaring, Palembang terbagi menjadi dua yakni pembangunan tiga tower telah selesai dilaksanakan pada tahun 2015 dan dua tower lain akan dimulai pekerjaan konstruksi pada bulan Juli hingga Desember 2016,” terangnya.

Sebagai informasi, Rusunawa di Kemayoran, Jakarta nantinya dibangun sejumlah 10 tower dengan variasi ketinggian 18 lantai, 24 lantai dan 32 lantai dengan jumlah unit sebanyak 7.426 unit. Sedangkan Wisma Atlet di Kompleks Olahraga Jakabaring, Palembang dibangun sebanyak lima tower dimana tahun 2015 lalu telah selesai tiga tower setinggi lima lantai seluas 11.993 meter persegi sebanyak 192 unit dan tahun 2016 akan dibangun sebanyak dua tower sedang dalam tahap pembangunan setinggi lima lantai seluas 7.995 meter persegi dengan total unit sebanyak 128 unit.

Lebih lanjut, Syarif juga menerangkan, BUMN Perumnas juga ikut mendukung pelaksanaan Asian Games di Palembang dengan membangun Rusun Milik (Rusunami) sebanyak tiga tower masing-masing setinggi 22 lantai dengan total 2.291 unit. “Rusunami tersebut akan dimanfaatkan sebagai wisma atlet sementara sebelum dijual ke masyarakat umum. Perumnas telah melakukan groundbreaking pada Juni 2016 lalu untuk memulai pembangunan Rusunami yang akan dinamakan Apartemen Sentraland Jakabaring,” tandasnya. (**/Bro-1)

Editor     : Pulo Lasman Simanjuntak

 

Tinggalkan Balasan