Kementan Selenggarakan The 1st Milenial Indonesia Agropreneurs di Botani Square 18-21 April 2019

Jakarta, BeritaRayaOnline,- Untuk menumbuhkembangkan minat belajar generasi muda di sektor pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian akan menyelenggarakan The 1st Milenial Indonesia Agropreneurs (MIA) di Botani Square, Bogor tanggal 18-21 April 2019.

Kepala BPPSDMP, Momon Rusmono mengatakan tujuan MIA untuk me-rebranding produk-produk kreatif dan inovatif pertanian yang telah dihasilkan siswa, mahasiswa, maupun alumni Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) melalui program Pengembangan Wirausaha Muda Pertanian (PWMP) yang bisa dipasarkan dan dikomersialisasikan.

Menurutnya, kegiatan ini sejalan dengan harapan dan keinginan Presiden Joko Widodo dalam mewujudkan kedaulatan pangan yang diterjemahkan dalam program pembangunan pertanian menuju kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani menuju lumbung pangan dunia 2045.

“Pemerintah telah mencanangkan tahun 2019 sebagai tahun pembangunan SDM, strategi kementan untuk mewujudkannya melalui revitalisasi pendidikan vokasi, peningkatan kapasitas pekerja dan calon tenaga kerja melalui pelatihan yang berbasis kompetensi,” ujar Momon dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat siang (12/4/2019).

Sementara itu Kepala Pusat Pendidikan (Pusdiktan) BPPSDMP Kementan, Idha Widi Arsanti, mengatakan dengan MIA bisa mengajak dan menyiapkan generasi muda tertarik untuk terjun di dunia usaha sektor pertanian.

Sehingga program pendidikan BPPSDMP mampu mencitptakan wirausaha muda dan tenaga kerja yang dibutuhkan di sektor pertanian.

“Saat ini Kementan melalui BPPSDMP telah membina 1013 PWMP dan telah menghasilkan produk yang inovatif dan kreatif dengan berbagai bisnis pertanian yang menguntungkan. Di pameran MIA mereka akan menampilkan produknya, sehingga akan menarik generasi muda yang lain untuk mau ikut terjun menjadi wirausaha di sektor pertanian,” ujar Idha¬†Widi Arsanti.

Dirinya menambahkan, bahwa wirausaha muda tersebut juga sudah melakukan mitra dengan berbagai perusahaan untuk pengembangan usahanya, dan pemasarannya hampir semuanya melalui online.

“Jadi MIA ini untuk mempromosikan dan menginformasikan keberhasilan kelompok PWMP kepada generasi milenial dan masyarakat luas, mempopulerkan hasil inovasi dan membuka peluang kerjasama investasi dunia usaha, mempromosikan polbangtan,” tambahnya.

Kegiatan MIA 2019 menampilkan beberapa kegiatan antara lain, milenial debate, enterpreneur Idol, young interpreneurship,pameran produk PWMP, dan lomba Vlog . Terdapat beberapa hadiah yang menggelegar dan luar biasa.

Rangkaian kegiatan selama pelaksanaan akan dihadiri oleh artis ibukota yaitu Wanda Hamidah yang akan memandu acara young interpreneur. Milenial Indonesia Agripreneur ini akan diramaikan dengan kegiatan Barista dari mahasiswa Polbangtan Medan.(**/Dbs/Cha/Bro-1)

Editor : Lasman Simanjuntak

 

Bagikan berita ini

Tinggalkan Balasan