Spread the love

Jakarta, BeritaRayaOnline,- “Kementerian PUPR mengharapkan pelayanan jalan tol terus meningkat saat mudik lebaran tahun 2024.Selama ini tingkat kepuasan pelayanan mudik lebaran sudah sangat baik, perlu  dipertahankan dan terus ditingkatkan,”  Panca Dharma Oetojo, Kabirkom Kementerian PUPR di depan peserta  Media Gathering Kesiapan Infrastruktur Mendukung  Mudik Lebaran 2024, di Hotel Grandhika, Blok M, Jakarta Selatan, Selasa sore  (2/4/2024).

Panca mengatakan lagi tingkat pelayanan mudik lebaran telah mendapat respon masyarakat sangat baik pada tahun lalu, dengan nilai diatas 85% sesuai yang diuraikan Kakaorlantas Polri.

“Respon ini setidaknya diharapkan dapat dipertahankan dan ditingkatkan, khususnya bagi pelayanan jalan tol,” ujarnya.

Menurutnya,  Kementerian PUPR terus berkoordinasi dengan Kemenhub serta BUJT untuk memenuhi standar layanan jalan tol agar jalan nasional digunakan mudik dengan aman dan nyaman.

”Melalui kegiatan Media Gathering ini terus menjalin silaturahmi, teman media agar mendukung tugas penyelenggaraan infrastruktur transportasi, khususnya jalur mudik ini,” ucapnya.

Pelayanan Jalan Tol

Mengenai pelayanan jalan tol, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengaku telah menyiapkan strategi untuk mengurai kepadatan di tol Jakarta-Cikampek pertemuan antara Ruas Tol MBZ yang menuju ke Bandung serta arah ke Timur Tol Cipali.

“Beberapa titik yang menjadi perhatian, khusus di KM 66 Jalan Tol Jakarta Cikampek, yang merupakan pertemuan serta perpisahan antara arah Bandung dan arah Tol Cipali menuju Trans Jawa. Ini merupakan titik krusial,” jelas Lisye Octaviana, Corporate Communication & Community Development Group Head, PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Lisye Octaviana mengutarakan, puncak arus mudik diperkirakan pada Sabtu, 6 April 2024. Diperkirakan volume lalin naik 5,94% dibanding tahun sebelumnya, dan tahun ini lebih tinggi dari puncak lalin mudik sepanjang sejarah.

Sementara, untuk arus balik akan terjadi kenaikan 4,29% dengan perkirakan puncak arus mudk pada 15 April 2024 atau H+4.

“Hari tersebut waktu puncak arus balik karena tanggal 16 April sudah bekerja kembali. Jumat ini, sudah ada pembatasan angkutan.Beberapa titik KM66 bagi Trans Jawa dan Bandung titik krusia ada dua ruas fungsional” katanya.

Titik krusial, dan perhatian juga untuk ruas tol Japek II. Selatan, difungsikan secara situasional. Demikian juga untuk mendukung lalin Lebaran, disiapkan ruas tol secara fungsional untuk Solo -Yogya seksi Solo Colomadu-Ngawen. Untuk ruas fungsional ini, dioperasikan dari pukul 06:00 WIB sampai pukul  17:00 WIB sore hari.

Selain pengaturan lalin, lanjut Liesye, juga Jasa Marga menyiapkan Rest Area Favorite dengan pengaturan secara khusus. Seperti pengaturan one way di dalam Rest Area, serta meminimalisir tumpahan trafik ke ruas tol diluar Rest Area.

“Kita juga siapkan sebanyak 49 Unit SPKLU untuk penyediaan charging kendaraan listrik,” jelasnya

Lisye Octaviana, menuturkan lagi bahwa tarif tol Japek diberlakukan diskon 20% antara tanggal 3-5 April 2024. Hal ini untuk mendapatkan perhatian kepada calon pemudik untuk berangkat lebih awal ke Trans Jawa khususnya.

Demikian juga arus balik, diskon diberlakukan untuk ruas Japek antara 17-19 April 2024.

“Diskon ini diberlakukan untuk pemudik dengan perjalanan terus menerus antara Jakarta sampai GT Kalikangkung, Semarang.Jangan lupa bagi pemudik untuk mengecek isi saldo E Toll jangan sampai kurang. Demikian juga hindari waktu favorite seperti habis buka puasa serta habis sahur,” pungkas dia. (**/Dbs/Bro-1)

Editor : Lasman Simanjuntak

Tinggalkan Balasan