Spread the love

Jakarta, BeritaRayaOnline,-  Sukses dalam mengoptimalisasi peluang bisnis terutama di industri jalan tol, PT Jasa Marga (Persero) Tbk berhasil meraih penghargaan kategori Tata Kelola Perusahaan (Good Corporate Governance) Perusahaan Terbaik dan Program Perusahaan Pengembangan UMKM Terbaik, dalam ajang 13th Anugerah BUMN Tahun 2024. Penghargaan ini diterima oleh Business Development Group Head Jasa Marga Aldrin Maulana di Jakarta pada Rabu, (13/3).

Anugerah BUMN yang memasuki tahun ke-13 dengan mengusung tema “Business Reinvention untuk Optimalisasi Peluang Bisnis di Industry 4.0” ini dihadiri oleh Menteri Pariwisata periode tahun 2014-2019 Arief Yahya, Direktur PPM Manajemen Aditayani Indra Kukila, CEO BUMN Track SH. Sutarto serta Ketua Dewan Juri Anugerah BUMN 2024 sekaligus Dewan Pakar BUMN Track Tanri Abeng.

Terkait penghargaan yang diraih, Business Development Group Head Jasa Marga Aldrin Maulana yang mewakili manajemen Jasa Marga mengucapkan rasa syukur dan terima kasihnya. Menurutnya penghargaan ini merupakan pencapaian dari komitmen Jasa Marga yang terus memberikan pertumbuhan positif Perseroan yang dibarengi dengan inovasi dalam hal bisnis yang berlandaskan Good Corporate Governance (GCG).

“Saat ini Jasa Marga bukan hanya terus mengembangkan bisnis pengoperasian jalan tol saja, melainkan juga berfokus pada bisnis prospektif, dengan cara memaksimalkan perolehan dan investasi jalan tol dengan berbagai skema bisnis yang ada dan memaksimalkan potensi bisnis di sepanjang aset jalan tol atau Toll Corridor Development ,” kata Aldrin.

Sementara itu, dalam opening speech- nya, Direktur PPM Manajemen Aditayani Indra Kukila mengatakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memiliki peran strategis dalam ekonomi nasional sehingga penerapan industri 4.0 di perusahaan BUMN diharapkan dapat meningkatkan produktivitas, efisiensi, nilai tambah, daya saing dan keberlanjutan industri nasional.

“Sebagian besar perusahaan BUMN dalam fase mature dilihat dari pertumbuhan dan kestabilan pendapatan BUMN. Namun, diperlukan terobosan baru salah satunya business reinvention untuk mendorong kendali BUMN kepada fase business cycle yang baru yang dapat meningkatkan optimalisasi peluang bisnis di industri 4.0,” ujarnya.

Selain itu, CEO BUMN Track SH. Sutarto pun mengungkapkan dengan terselenggaranya Anugerah BUMN 2024 ini turut berperan mengkomunikasikan kinerja positif BUMN baik dari sisi strategi transformasi, inovasi, pengelolaan talent, implementasi tata kelola perusahaan hingga pengembangan UMKM.

“Terima kasih saya ucapkan kepada para perusahaan BUMN yang berpartisipasi dalam ajang ini, tentunya dengan ajang ini semoga setiap perusahaan bisa terus mengembangkan budaya inovasi, mengadopsi teknologi baru, membangun partnership serta mengembangkan talenta agar dapat beradaptasi dengan perubahan,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Dewan Juri Anugerah BUMN 2024 sekaligus Dewan Pakar BUMN Track Tanri Abeng menuturkan perkembangan BUMN khususnya dalam tiga tahun terakhir terus meningkat, baik dari sisi profitabilitas maupun solvabilitas.

“Tentu salah satu faktor penyebabnya adalah penerapan governance system di BUMN yang sangat ketat dan pengelolaan risk management yang baik. Saat ini, Kementerian BUMN pun sudah menata BUMN sesuai dengan roadmap yang 25 tahun lalu sudah kita kembangkan,” imbuhnya.

Jasa Marga selaku perusahaan yang terus menerapkan tata nilai AKHLAK selalu mengimplementasikan Good Corporate Governance (GCG).

Hal ini dibuktikan dengan skor GCG melalui parameter KBUMN Tahun 2022 dengan nilai 98,4 (sangat baik), Sustainalytic’s ESG Risk Rating dengan skor 12.9 ( low risk) dan sudah melakukan Sertifikasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan atau ISO 37001 : 2016.

Bukan hanya di ranah internal, Perseroan pun selalu menerapkan sinergi yang berkelanjutan demi mendukung lingkungan sekitar melalui pengembangan UMKM dengan program pendanaan berupa penyaluran dana PUMK, program pelatihan dan sertifikasi halal, sertifikasi BPOM, serta pelatihan digital marketing. Demi mendukung UMKM yang naik kelas, Jasa Marga juga membuat program UMKM Go Online berupa mentoring dan monitoring keikutsertaan UMKM pada sosial media dan marketplace  ditambah dukungan keikutsertaan UMKM pada Pasar Digital (PaDi) UMKM.(BRO-1)

PRESS RELEASE
PT Jasa Marga (Persero) Tbk
No. 47/2024
Tanggal 14 Maret 2024

Editor : Lasman Simanjuntak

Tinggalkan Balasan