Spread the love

Jakarta, BeritaRayaOnline,-PT Jasa Marga (Persero) Tbk berhasil meraih penghargaan TOP CSR Awards # Star 4 dan TOP Leader on CSR Commitment 2022 untuk Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur dalam ajang TOP CSR Awards 2022 di Jakarta, Rabu (30/03).

Kedua penghargaan ini diterima langsung oleh Direktur Human Capital & Transformasi Jasa Marga Bagus Cahya Arinta B. dalam acara Puncak Penghargaan TOP CSR Awards 2022 yang diselenggarakan oleh majalah Top Business. TOP CSR Awards 2022 merupakan ajang penghargaan bagi perusahaan yang dinilai berhasil dalam menjalankan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) / _Corporate Social Responsibility_ (CSR)

Masuknya Jasa Marga dalam # Star 4 dinilai dari sistem, kebijakan, dan pelaksanaan CSR perusahaan Jasa Marga yang berada di level sangat baik, dan mendukung strategi bisnis perusahaan, baik di masa pandemi COVID-19 maupun untuk pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dengan inisiatif CSR yang mengadopsi CSV (Creating Shared Value).

Penghargaan yang mengusung tema Being a Responsible Company is the Key Strategy for Business Sustainable Growth (Menjadi Perusahaan yang bertanggungjawab, merupakan kunci strategi untuk pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan) ini merupakan bentuk apresiasi sehubungan dengan rangkaian program TJSL yang telah dilakukan oleh Jasa Marga selama satu tahun ke belakang.

Di tempat terpisah, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menyampaikan bahwa, penghargaan yang diterima ini merupakan bukti komitmen Perusahaan dalam menjalankan program TJSL sesuai ISO 26000, sejalan dengan program yang digagas oleh Kementerian BUMN.

“Mewakili Jasa Marga, saya mengucapkan terima kasih atas dua penghargaan ini. Semoga dengan penghargaan ini, Jasa Marga bisa terus menunjukkan bukti nyata pada program TJSL dan sebagai komitmen perusahaan terhadap pembangunan yang berkelanjutan dengan memberikan manfaat pada ekonomi, sosial, lingkungan serta hukum dengan menerapkan core values AKHLAK,” ujar Heru.

Heru menambahkan, program TJSL yang dilakukan Jasa Marga tidak hanya menyasar bantuan peningkatan kesejahteraan masyarakat, tetapi juga memperhatikan lingkungan hidup sebagai bentuk dukungan terhadap pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Pemimpin Redaksi Top Business dan juga Ketua Penyelenggara TOP CSR Awards 2022 M. Lutfi Handayani dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 850 perusahaan di Indonesia. Ada sebanyak 200 perusahaan yang mengikuti penilaian, dan 160 perusahaan mengikuti secara lengkap.

“Jumlah ini meningkat 10% dibanding tahun lalu yang sebanyak 145 perusahaan. Kegiatan Top CSR Awards merupakan kegiatan penilaian dan pemberian penghargaan bidang CSR yang tertinggi, dan insya Allah yang terbesar dan paling membanggakan di Indonesia. Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Indonesia, yang dinilai berhasil dalam menjalankan program TJSL/CSR, yang efektif dan berkualitas,” ungkap Lutfi.

Untuk diketahui pada masa pandemi tahun lalu, Jasa Marga melakukan sejumlah program TJSL di antaranya adalah Vaksinasi _Drive Thru_ di Jagorawi, _Road Safety Rangers_, pemberdayaan Dusun Dukuh Binaan Kelengkeng Kristal di Desa Wijimulyo, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, pemberdayaan Balai Ekonomi Desa Majaksingi, Borobudur, Kab Magelang, Pembinaan UMK di Rest Area Km 575A Jalan Tol Solo-Ngawi hingga program konservasi sungai Citarum dengan membangun enam titik biogas di Kecamatan Pengalengan, Bandung.

Sepanjang tahun 2021, Perseroan konsisten menjaga komitmen dalam mewujudkan jalan tol berkelanjutan baik dari aspek lingkungan hidup, sosial maupun tata kelola. Perseroan telah menanam total 73.583 pohon sepanjang tahun 2021. Di aspek sosial, Perseroan melaksanakan berbagai program penanggulangan dan pencegahan COVID-19 baik untuk internal maupun masyarakat di sekitar ruas jalan tol. Perseroan juga menyalurkan bantuan dalam bentuk program pembagian sembako, pembangunan rumah ibadah, bantuan korban bencana dan fasilitas pendidikan serta memberikan stimulus ekonomi kepada total 630 mitra dan bantuan pinjaman bergulir untuk mitra binaan Usaha Mikro dan Kecil (UMK).(**)

Editor  : Lasman Simanjuntak

 

Tinggalkan Balasan