Spread the love

Jakarta, BeritaRayaOnline,- Masih dalam rangka memperingati bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2024 yang bertema “Budayakan K3, Sehat dan Selamat Dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha”, PT Jasa Marga (Persero) Tbk menggelar Seremoni Bulan K3 yang terdiri dari Seminar Keselamatan Konstruksi, Seminar Kesehatan dan Apresiasi K3 secara hybrid di Jakarta pada Selasa (30/01/2024).

Hadir dalam seminar tersebut yaitu Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga M. Agus Setiawan, Corporate Secretary & Chief Administration Officer Jasa Marga Nixon Sitorus, Risk & Quality, Health, Safety and Environment Group Head Jasa Marga Devi Lusyana, perwakilan Group Head Unit Kerja Kantor Pusat, Regional Division Head, Direktur Anak Perusahaan Jalan Tol dan Service Provider, serta para Roadster Jasa Marga, baik secara daring maupun luring.

Dalam sambutannya Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga M. Agus Setiawan menjelaskan, seminar keselamatan konstruksi ini akan meningkatkan kompetensi para Roadster Jasa Marga khususnya yang saat ini bertugas di proyek pembangunan konstruksi jalan tol sehingga bisa mencapai standar dari segi Keamanan, Keselamatan, Kesehatan juga Keberlanjutannya (K4).

“Keempat poin tersebut perlu distandarisasi untuk menjamin keselamatan dan kesehatan tenaga kerja, publik hingga lingkungan. Di lingkungan Jasa Marga Group, kita perlu menaati penyesuaian Pedoman Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK) melalui keputusan Direksi Jasa Marga yang juga merujuk kepada Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 10 Tahun 2021,” kata Agus.

Lebih lanjut Agus mengungkapkan, dalam mendorong kinerja pengawasan, baik di lingkup regional maupun anak perusahaan dalam proyek konstruksi perlu dilakukan penyesuaian pelaksanaan Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi setiap tahapan (perencanaan/perancangan, pengadaan dan pemilihan serta pembangunan dan pemeliharaan).

Memastikan kontraktor menyusun Struktur Organisasi Keselamatan Konstruksi dengan jabatan Pimpinan tertinggi kontraktor di proyek setara dengan Pimpinan Unit Keselamatan Konstruksi (UKK) Kontraktor.

Memastikan tersedianya Sertifikasi Ahli Keselamatan Konstruksi dan Petugas Keselamatan Konstruksi pada personil di Unit Keselamatan Konstruksi (UKK) Kontraktor, Memastikan Biaya Penerapan SMKK sudah masuk dalam rincian Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan Melakukan Audit Internal SMKK terhadap pelaksanaan proyek konstruksi minimal 1 (satu) tahun sekali.

Pada kesempatan tersebut, diadakan sesi Seminar Konstruksi yang dipandu langsung oleh Direktur Utama PT Jasamarga Akses Patimban Viktor N. Mahandre dan dua narasumber kompeten lainnya yaitu Direktur Keberlanjutan Konstruksi Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Konstruksi Kementerian PUPR Kimron Manik dan Ketua Umum Perkumpulan Ahli Keselamatan Konstruksi Indonesia (PAKKI) Lazuardi Nurdin.

Dasar Hukum Dari SMKK

Direktur Keberlanjutan Konstruksi Ditjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR Kimron Manik menjelaskan, dasar hukum dari SMKK salah satunya termaktub dalam UU No. 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi, yang turunannya termaktub dalam Permen PUPR No. 1 Tahun 2022 tentang Pedoman Penyusunan Perkiraan Biaya Pekerjaan Konstruksi Bidang PUPR.

“Dalam pelaksanaan penerapan SMKK, terdapat pemenuhan standar Keamanan, Keselamatan, Kesehatan, dan Keberlanjutan (K4). Demi mencapai strategi pemenuhan standar K4 dalam regulasi SMKK ini, diperlukan beberapa aspek seperti pemenuhan SMKK pada tiap tahapan jasa konstruksi mulai dari rencana konseptual hingga pelaporan dan dokumentasi, struktur organisasi, biaya penerapannya, pembinaan dan pengawasan dan yang tak kalah penting operasional penerapannya,” ungkap Kimron.

Sementara itu, Ketua Umum Perkumpulan Ahli Keselamatan Konstruksi Indonesia (PAKKI) Lazuardi Nurdin menambahkan, saat ini Jasa Marga telah menerapkan dua pedoman, yaitu Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dan Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK). Dua pedoman ini merupakan hal utama dalam memberikan perlindungan maksimal terhadap pekerja yang juga sejalan dengan peraturan dari pemerintah.

“Jika SMKK ini sudah dilaksanakan dengan baik maka seluruh kegiatan konstruksi yang dilakukan dapat berjalan dengan tertata rapi, terorganisir karena terdokumentasikan secara baik, sehingga bisa dijadikan sebagai bahan untuk melakukan evaluasi serta perbaikan,” terang Lazuardi.

Sesi berikutnya juga dilengkapi dengan Seminar Kesehatan yang menghadirkan Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS Puri Cinere dr. Jaka Panca Satriawan, Sp.PD, FINASIM dan Dokter Perusahaan Jasa Marga dr. Rani Herdiani sebagai moderator yang memberikan pemaparan tentang Mengetahui dan Menyikapi Penyakit Metabolik di Era Digital dalam Resolusi Sehat 2024.

dr. Jaka menuturkan tren masalah kesehatan di era digital ini ialah penyakit _Computer Vision Syndrome_ (CVS) yang berasal dari sekumpulan gejala nyeri pada mata dan leher yang disebabkan oleh penggunaan komputer atau layar monitor maupun _smartphone_ yang berlebihan.

“Tidak hanya itu, masalah kesehatan kerap muncul pada orang kantoran yang disebabkan dari pola hidup/makanan yang tidak sehat sehingga kita perlu untuk mengubah pola makan dan pola hidup dengan makan makanan yang bergizi hingga melakukan olahraga minimal seminggu 3x. Olahraga yang dilakukan bisa dengan lari, jalan santai, senam aerobik, maupun bersepeda supaya metabolik tubuh tetap terjaga dalam bekerja di era digital ini,” tutur dr. Jaka.

Selain itu, Jasa Marga juga memberikan Apresiasi K3 untuk karyawan serta Unit Organisasi Jasa Marga yang telah mengimpelementasikan nilai-nilai K3 dengan baik di unit kerjanya masing-masing melalui 4 kategori diantaranya Kategori Organisasi Pengelola K3 Terbaik, Kategori Personil Safety Owner Terbaik, Kategori Personil  Safety Officer Terbaik dan Kategori Personil Safety Inspector Terbaik.

Peringatan Bulan K3 Nasional Tahun 2024 berlangsung pada 12 Januari 2024-12 Februari 2024 dan berlangsung secara serentak di seluruh Tanah Air.

Sejalan dengan program Bulan K3 Nasional yang dicanangkan Pemerintah untuk dilakukan setiap Perusahaan, Jasa Marga telah menyelenggarakan rangkaian kegiatan selama periode Bulan K3 Nasional yang dibuka dengan Apel Peringatan Bulan K3 Nasional Tahun 2024 dan pemasangan media luar ruang Bulan K3 Nasional, lalu dilanjutkan dengan Donor Darah Roadster Jasa Marga dan Seremoni Bulan K3 yang terdiri dari Seminar Keselamatan Konstruksi, Seminar Kesehatan dan Apresiasi K3. Rangkaian kegiatan pada periode bulan K3 Nasional nantinya akan dilanjutkan dengan Senam K3 untuk Kampanye Gerakan Pekerja Sehat dan Senam Pekerja Sehat dan akan diakhiri dengan Pelatihan Ahli Keselamatan Konstruksi untuk Jasa Marga Group.

Ke depannya Jasa Marga terus menargetkan seluruh Unit Kerja Kantor Pusat, Regional Division dan Entitas Anak Perusahaan Jasa Marga Group agar terus meningkatkan kepedulian dalam menerapkan kegiatan usaha yang memperhatikan nilai-nilai K3 di setiap proses bisnisnya untuk menjaga keberlangsungan usaha dan mencapai produktivitas Perusahaan.(**/BRO-2)

Editor : Lasman Simanjuntak

 

Tinggalkan Balasan