Spread the love

Jakarta, BeritaRayaOnline,-PT Jasa Marga (Persero) Tbk berpartisipasi dalam pameran Adiwastra Nusantara 2024 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) Hall A & B pada periode 15-19 Mei 2024. Dalam pameran bertema “Ragam Wastra Indonesia, Pesona Budaya Nusantara”, Jasa Marga melibatkan empat Usaha Mikro Kecil (UMK) yang merupakan Mitra Binaan Jasa Marga yaitu Kreasi Rottan, Oleh-Oleh Khas Jakarte Hj. Maemune, Batik Tulis Madura Giat Mandiri, dan Kerajinan Bali.

Pameran Adiwastra Nusantara merupakan perhelatan terbesar tentang kain tradisional Indonesia, yang meliputi batik, tenun, songket, sasiringan, dan lain sebagainya yang merupakan produk industri kreatif berbasis kearifan lokal dan keanekaragaman budaya Nusantara. Diselenggarakan secara berkala setiap tahunnya sejak tahun 2008, pameran Adiwastra Nusantara telah diikuti lebih dari 400 pengrajin wastra adati dari berbagai daerah di seluruh wilayah Indonesia.

Peserta pameran Adiwastra Nusantara cukup beragam. Mulai dari para perancang dan perajin kain unggulan yang terpilih dari seluruh Indonesia, para produsen dan perajin wastra binaan Kementerian dan Lembaga terkait, para perajin dan UKM wastra binaan Pemerintah Daerah dari seluruh Indonesia, para perajin dan UKM wastra mitra binaan BUMN, dan perajin wastra dari negara-negara sahabat.

Wakil Ketua DPR Republik Indonesia Rachmat Gobel dalam pembukaan pameran Adiwastra Nusantara 2024 mengatakan, pameran seperti Adiwastra Nusantara 2024 ini sangat ditunggu-tunggu. Selain tidak hanya menampilkan beragam jenis kain tradisional dan kerajinan lainnya, ada nilai-nilai sejarah dan kebudayaan Indonesia yang dipamerkan dalam Adiwastra Nusantara.

“Saya sangat senang dengan adanya pameran Adiwastra Nusantara 2024, banyak nilai-nilai yang tertanam dalam acara ini. Tentunya ini bukan sesuatu yang tidak mudah dan perlu _effort_ yang besar, serta dukungan dari Pemerintah yang terlihat dalam pameran ini,” katanya.

Sementara itu, Marketing & Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani mengatakan, Jasa Marga sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di industri jalan tol dan dekat dengan aktivitas masyarakat selalu berkomitmen mendukung penyediaan tempat promosi serta pengembangan UMK khususnya yang tergabung sebagai mitra binaan Jasa Marga. Hal ini sesuai dengan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) di Jasa Marga yang mengedepankan konsep _Creating Shared Value_ (CSV).

“Dalam pameran Adiwastra Nusantara 2024, Jasa Marga kembali menggandeng UMK binaannya. Empat UMK Mitra Binaan Jasa Marga yang berpartisipasi dalam pameran Adiwastra Nusantara 2024 ini merupakan UMK Mitra Binaan yang berada di wilayah pengoperasian jalan tol Jasa Marga Group,” ucapnya.

Kreasi Rottan merupakan mitra binaan yang menghasilkan produk kerajinan dari rotan, Oleh-Oleh Khas Jakarte Hj. Maemune bergerak di bidang produk kuliner, Batik Tulis Madura Giat Mandiri memproduksi kain batik khas Madura, dan Kerajinan Bali memproduksi kerajinan pernak-pernik khas Bali.

Selain menyediakan sarana promosi, Jasa Marga juga turut serta dalam melaksanakan berbagai program untuk para UMK seperti pelatihan dan sertifikasi halal. Hal ini menjadi bukti kepedulian Jasa Marga dalam mengembangkan potensi UMK binaannya. Jasa Marga juga telah mengakomodasi rata-rata 70% UMKM di seluruh rest area yang berada di jalan tol Jasa Masa Group dan telah melebihi ketentuan minimal (sebanyak 30%) sesuai ketentuan dari Peraturan Menteri PUPR  (BRO-4)

PRESS RELEASE
PT Jasa Marga (Persero) Tbk
No. 127/2024
Tanggal 15 Mei 2024

Editor : Lasman Simanjuntak

Tinggalkan Balasan