Jalan-Jalan Melintasi Flyover Simpang Surabaya dan bersantai di Taman Kreung Daroy Aceh

Jalan-Jalan Melintasi Flyover Simpang Surabaya dan bersantai di Taman Kreung Daroy Aceh

Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan beberapa infrastruktur penting di kawasan Provinsi Aceh diantaranya adalah penataan kawasan dan peningkatan jalan.

Salah satu contoh penataan kawasan kumuh yang patut ditiru adalah Kawasan Seutui di Banda Aceh yang diprioritaskan penanganannya di tahun 2018. Kawasan yang berada di tepi Sungai Kreung Daroy ini memiliki luas 38,26 hektar, meliputi lima gampong/kelurahan yakni Gampong Neusu Jaya, Neusu Aceh, Sukaramai, Kelurahan Seutui, dan Gampong Lamlagang.

Penataan kawasan Seutui terdiri atas pembangunan pedestrian sepanjang 1,7 km, pembangunan 3 unit jembatan, pemasangan Penerangan Jalan Umum sebanyak 132 titik dan pembuatan Taman Kreung Daroy. Diharapkan dengan contoh penataan kawasan yang baik yang menguntungkan warga setempat, pemerintah daerah semakin termotivasi untuk mengurangi luasan kawasan kumuh.

Di Provinsi Aceh, Kementerian PUPR juga telah berusaha meningkatkan kelancaran arus lalu lintas Kota Banda Aceh dengan menyelesaikan pembangunan FO Simpang Surabaya dan Underpass Beurawe pada tahun 2018.

FO Simpang Surabaya tersebut memiliki panjang 881 dan lebar 16,5 meter untuk 4 lajur 2 arah. Sementara Underpass Beurawe memiliki panjang 202 meter, lebar 10,4 meter untuk 2 lajur 2 arah. Sebelumnya dari pusat Kota Banda Aceh ke airport Sultan Iskandar Muda bisa mencapai 1 jam, namun kini dapat ditempuh dalam waktu 20 menit.

*Saksikan cerita perjalanan menjelajahi infrastruktur PUPR di Aceh selengkapnya di Jalan-Jalan di Kompas TV pada Minggu, 11 Agustus 2019 pukul 10.30 WIB.(*)

 

 

Bagikan berita ini

Tinggalkan Balasan