Spread the love

 

Labuan Bajo, BeritaRayaOnline,-Pada hari pertama penyelenggaraan KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Selasa (9/5), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, serta Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor B. Laiskodat melakukan peninjauan Pesta Rakyat yang diselenggarakan di Kawasan Waterfront Marina.

Dalam tinjauannya tersebut, Menteri Basuki mengunjungi pameran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal dan berkesempatan untuk mencoba beberapa produknya, seperti tenun, kerajinan tangan, kopi lokal, hingga makanan ringan tradisional. Menteri Basuki juga menyempatkan diri mengenderai sepeda bambu buatan lokal untuk berkeliling area Waterfront Marina.

Lepas Isya, Menteri Basuki turut bergabung dan bermain musik untuk menghibur masyarakat Labuan Bajo. Diantara lagu-lagu yang dinyanyikan oleh Menteri Basuki bersama pengunjung adalah Bolelebo dan Maumere. Selanjutnya Menteri Basuki bermain drum mengiringi lagu yang dibawakan Menparekraf Sandiaga Uno bersama band lokal berjudul Rumah Kita.

Menteri Basuki mengatakan, Pesta Rakyat tersebut diselenggarakan sebagai salah satu kegiatan untuk menyambut dan memeriahkan penyelenggaraan KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo.

“Selama 3 tahun ini kita telah menyiapkan prasarana dan sarana untuk destinasi wisata Labuan Bajo. Kita sudah melihat perkembangannya, sehingga kini mulai banyak wisatawan asing dan domestik yang sudah bisa kesini dan menikmati Labuan Bajo,” kata Menteri Basuki.

Dengan pemandangannya yang unik dan atraktif, tidak dapat ditemukan di tempat lain, Menteri Basuki berpesan kepada masyarakat Labuan Bajo untuk selalu bersyukur dan menjaga keindahannya.

“Tolong dijaga keindahan dan kebersihannya. Kita syukuri bahwa Pemerintah telah menyiapkan dan menjadikan Labuan Bajo sebagai Bali kedua. Presiden Jokowi sangat berani menetapkan Labuan Bajo sebagai tuan rumah KTT ASEAN. Di Labuan Bajo ini kita upayakan segala cara agar Labuan Bajo menjadi lebih baik,” jelas Menteri Basuki.

Menteri Parekraf Sandiaga Uno juga berterimakasih kepada masyarakat Labuan Bajo dan UMKM lokal atas dukungannya untuk pariwisata dalam negeri. “Saya sangat terharu melihat transformasi yang dilakukan masyarakat Labuan Bajo dan telah difasilitasi pembangunan infrastrukturnya oleh Kementerian PUPR,” kata Menteri Sandiaga.

“Saya titip agar dijaga kebersihannya dan dijaga juga infrastrukturnya agar tetap dalam kondisi prima karena kita akan menyambut wisatawan kelas dunia. Setelah KTT ASEAN ini kita harapkan wisatawan meningkat dan UMKM semakin berkembang supaya ekonominya juga semakin bergerak,” tutup Menteri Sandi.

Turut hadir mendampingi Menteri Basuki, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja. (*)

Editor : Lasman Simanjuntak

Tinggalkan Balasan