Spread the love

Teks Foto : Siswa dan guru sekolah Jabodetabek bergambar bersama usai menyerahkan buku karya mereka ke PDS HB Jassin.(Foto : Herman Syahara)

Jakarta, BeritaRayaOnline,- Sebanyak 11 sekolah dari Jabodetabek menyerahkan sejumlah buku sastra karya guru dan siswa ke Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin, di Jakarta, Senin (30/10/2023).

Penyerahan buku dilakukan langsung oleh perwakilan guru dan siswa dari 11 sekolah itu kepada pihak PDS HB Jassin yang diwakili Dini Dwi Utari.

Founder JB Edukreatif Indonesia, Yuliyanti Basri, SE.,M.SI, penggagas acara tersebut, dalam sambutannya mengatakan,acara ini merupakan kelanjutan dari acara Peluncuran Buku Karya Siswa dan Guru Nasional di Teater Kecil Taman Ismail Marzuki Jakarta, 29 Agustus lalu.
“Paus Sastra HB Jassin dulu dengan sabar mengumpulkan karya sastra dengan cara mengklipingnya.

“Hari ini para guru dan siswa datang langsung mengantarkan karyanya ke PDS yang megah ini, “katanya di depan seratusan peserta yang memadati ruang Aula PDS HB Jassin.

Menurut perempuan penggerak literasi nasional ini, penyerahan buku kepada pengelola PDD HB Jassin diharapkan dapat meningkatkan minat baca tulis di kalangan siswa dan guru.

Dia mengutip data UNESCO yang menyebutkan bahwa tingkat literasi Indonesia masih sangat rendah dibanding negara lain, yakni 0,001.

“Dengan penyerahan buku ini maka akan lebih banyak orang yang membacanya, karena buku tidak hanya disimpan penulisnya saja,” ujarnya.
Sementara itu Dini Dwi Utari dari PDS HB Jassin menyatakan rasa haru dan terimakasih karena dapat langsung menerima sumbangan buku dari guru dan siswa sebagai penulisnya.

“Kami menyambut baik acara ini. Saya terharu dapat menerima langsung buku karya guru dan siswa ini, “ungkapnya.

Selanjutnya Dini mengajak para guru jika ada yang ingin membuat acara di PDS HB Jassin. Pihaknya berjanji akan memfasilitasi kegiatan tersebut.

Acara serah simpan buku itu dimeriahakan oleh parade pembacaan karya oleh para kepala sekolah dan guru. Juga pembacaan puisi, tarian, standing up commedy, dan pencak silat yang seluruhnya dilakukan oleh siswa.

Ke sebelas sekolah yang mewakili serah simpan buku karya guru dan siswa sekolah Nasional adalah SDN Islam BAABUT TAUBAH BEKASI, SDN CIBULUH 4 KOTA BOGOR, SDN KAWUNG LUWUK KOTA BOGOR,SDIT UMMU’L QURO DEPOK,SDN PENGADILAN 1 KOTA BOGOR, SMP TASHFIA BEKASI, SMP MUHAMMADIYAH PABUARAN KAB BOGOR, SMAS KATOLIK REGINA PACIS BOGOR,SMAS MARIA MEDIATRIX TANGERANG,SMA BAITUSALAM KAB BOGOR,MA ASSHIDIQIYAH JAKARTA.(Herman Syahara)

Editor : Lasman Simanjuntak

Tinggalkan Balasan