Gempita Sulteng Siap Garap Lahan Tidur untuk Produksi Jagung

Jakarta,BeritaRayaOnline,-Gerakan Pemuda Tani Indonesia (GEMPITA) Sulawesi Tengah untuk Priode 2017-2021 sukses melaksanakan pelantikan pengurus yang berkomitmen mendorong terwujudkan swasembada pangan untuk komoditi jagung.

Pelantikan ini di dukung oleh Gubernur Sulawesi Tengah  Longki Djanggola, Dinas Pertanian Provinsi Sulawesi Tengah dan Korem 132/Tadulako.

Pelantikan yang berlangsung di gedung Polibu Kantor Gubernur Sulawesi Tengah Sabtu (18/2/2017), dengan tema bangunkan lahan tidur wujudkan swasembada pangan.

Ketua Panitia Muh Hadizchal menjelaskan tema Pelantikan tersebut ini dipilih karena potensi pertanian di Sulawesi tengah sangat besar sehingga Gempita Sulteng memiliki peran strategis.

“Momen pelantikan ini adalah hari bersejarah untuk Pemuda-pemuda Sulteng , tandanya kita siap untuk bekerja dan mencapai target swasembada,” ujar Hadizchal.

Sementara itu Koordinator Wilayah Gempita Sulteng, Adi Surya dalam sambutannya Gempita Sulteng menargetkan 75.000 Ha lahan tidur yang akan di fungsikan sebagai lahan pertanian jagung.

“Gempita sulteng menargetkan 75000 ha lahan tidur di 13 kabupaten se Sulawesi Tengah” ujar Adi sapaan akrabnya.

Lanjutnya kedepan Gempita sulteng akan membentuk kepengurusan di tingkat Kabupaten dan kecamatan sebagai pelaksana teknis program Gempita di daerah.

“Mari kita berjalan bersama sampai ke daerah-daerah membentuk Pengurus di tingkat kabupaten dan kecamatan dengan semangat Pemuda” tambahnya.

Koordinator Nasional Gempita Rusmin Nuryadin memberikan arahan agar gempita Sulteng melakukan konsolidasi semua pontensi dan stakeholder demi terwujudkan swasembada jagung 2017.

“Gempita sulteng wajib membangun identitas sulteng sebagai provinsi jagung,” ujar Rusmin.

Gubernur Sulawesi Tengah melalui staf Ahli Rusbi Rio menjelaskan dalam sambutannya Pemerintah Sulawesi Tengah Siap memfasilitasi dan mendorong Program-program GEMPITA. Sebagai Langkah awal Gempita Sulteng di berikan Kantor di Dinas Pertanian Sulteng.

“Pemuda garap lahan tidur adalah program yang sangat menarik, mengingat potensi lahan tidur di Sulawesi Tengah cukup berpontesi untuk di manfaatkan sebagai lahan pertanian khusunya jagung” ujar Mantan Kepala Badan Koordinasi Penyuluh Sulteng

“Secara pribadi saya siap memberikan support penuh program-program Gempita Sulteng, dan saya siapkan menyediakan kantor gempita di dinas pertanian provinsi sulteng” Rusbi menambahkan .(Abiyadun/Biro Humas dan IP Kementan/Bro-6)

Editor : Lasman Simanjuntak

Bagikan berita ini

Tinggalkan Balasan