Spread the love

Jakarta, BeritaRayaOnline,-  PT Jasa Marga (Persero) Tbk kembali memberikan apresiasi kepada Roadster Jasa Marga yang telah melakukan aktivitas transaksi pengadaan barang dan jasa di platform Pasar Digital (PaDi) UMKM dengan menggelar acara Appreciation Day Pasar Digital (PaDi) UMKM serta Pengadaan Barang dan Jasa di Lingkungan Jasa Marga Group, Selasa (05/03).

Hadir dalam acara Appreciation Day PaDi UMKM tahun 2024 tersebut, Staf Ahli Bidang Implementasi Kebijakan Strategis Kementerian BUMN Wahyu Setyawan, CEO PaDi UMKM Jimmy Karisma Ramadhan, Direktur Human Capital & Transformasi Jasa Marga, Bagus Cahya A.B., Corporate Secretary & Chief Administration Officer Jasa Marga Nixon Sitorus, Procurement & Fixed Asset Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru Santoso serta jajaran BOD-1 di lingkungan Jasa Marga Group.

Staf Ahli Bidang Implementasi Kebijakan Strategis Kementerian BUMN Wahyu Setyawan dalam sambutannya mengatakan, Kementerian BUMN bersama BUMN terus mendukung pengembangan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk naik kelas melalui beragam kegiatan dengan mengikutsertakan para pelaku UMKM tersebut.

“Rekan-rekan di Jasa Marga, perlu kembali saya informasikan bahwa hingga saat ini Kementerian BUMN bersama BUMN terus mendukung pelaku UMKM agar bisa naik kelas dan terus berkembang. Salah satu bentuk dukungan nyata dalam pengembangan UMKM adalah melalui perluasan pasar produk UMKM dengan mengikutsertakannya dalam berbagai kegiatan seperti menjadi mitra paten bagi BUMN, berpartisipasi dalam kegiatan bazzar maupun pameran produk UMKM yang diselenggarakan maupun disponsori oleh BUMN,” ujar Wahyu.

Di tempat yang sama Direktur Human Capital & Transformasi Jasa Marga Bagus Cahya A.B dalam arahannya mengatakan, pemberian apresiasi melalui acara Appreciation Day PaDi UMKM tahun 2024 diharapkan dapat mendukung komitmen Roadster Jasa Marga dalam implementasi PaDi UMKM Tahun 2024 dalam rangka implementasi Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) serta Pengadaan Barang dan Jasa Tahun 2024.

Appreciation Day PaDi UMKM tahun 2024 hari ini diselenggarakan untuk memberikan apresiasi bagi unit kerja, regional division, service provider hingga anak perusahaan yang telah mendapatkan nilai tertinggi dalam implementasi PaDi UMKM. Kami berharap melalui pemberian apresiasi dan penghargaan ini dapat menunjukkan komitmen Jasa Marga dalam mengutamakan Produk Dalam Negeri (PDN) pada seluruh Pengadaan Barang dan Jasa yang sesuai dengan prinsip-prinsip Good Corporate Governance  (GCG). Saya juga terus mendorong Roadster Jasa Marga dalam upaya peningkatan kompetensi di bidang P3DN dan Pengadaan Barang dan Jasa hingga penyampaian laporan P3DN serta Pengadaan Barang dan Jasa secara akurat dan tepat waktu,” ucap Bagus.

CEO PaDi UMKM Jimmy Karisma Ramadhan juga kembali menginformasikan manfaat menggunakan  platform PaDi UMKM dalam setiap transaksi barang dan jasa yang berbasis platform digital serta menawarkan pengalaman transaksi B2B (business to business) yang lengkap dengan vendor berskala mikro hingga besar semudah berbelanja di e-commerce retail.

“Dengan PaDi UMKM, saya yakin rekan-rekan di Jasa Marga akan menemukan solusi utama dalam proses transaksi belanja barang dan jasa sekaligus turut melancarkan Strategi Nasional Pencegahan Korupsi, dimana administrasi pengadaan dapat dilakukan di luar PaDi UMKM namun saat proses transaksi sesuai dengan spesifikasi dan harga yang telah disepakati dilakukan melalui PaDi UMKM,” ucap Jimmy.

Sementara itu Procurement & Fixed Asset Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru Santoso dalam laporannya mengungkapkan bahwa, secara keseluruhan sejak tahun 2021 hingga 2023 Jasa Marga secara konsisten mencetak peningkatan transaksi PaDi UMKM dari sebesar Rp5,84 Miliar pada tahun 2021 dan Rp30,12 Miliar pada tahun 2022.

Selanjutnya, capaian nilai transaksi B2B PaDi UMKM tertinggi diperoleh pada tahun 2023 sebesar Rp74,55 Miliar.

“Tujuan kami memberikan apresiasi dan penghargaan melalui acara Appreciation Day PaDi UMKM ini adalah untuk meningkatkan interaksi teman-teman pada transaksi di PaDi UMKM, Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dan Pengadaan Barang dan Jasa. Penilaian yang kami berikan ialah dengan berdasarkan capaian transaksi tertinggi PaDi UMKM, berdasarkan laporan dan verifikasi tim P3DN serta hasil monitoring dan evaluasi Pengadaan Barang dan Jasa Tahun 2023 melalui Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP), Daftar Rekanan Jasa Marga (DRJM) dan Rencana Umum Pengadaan (RUP),” ujar Heru.

Heru menambahkan dalam laporannya untuk implementasi P3DN tahun 2023 dimana realisasi belanja keseluruhan mencapai Rp8,277 Triliun, realisasi belanja PDN mencapai Rp8,176 Triliun dan realisasi belanja impor Rp100,1 Juta.

Hal ini menunjukkan bahwa Jasa Marga telah mencapai 98,79% realisasi PDN terhadap belanja keseluruhan. Ke depannya Jasa Marga terus berkomitmen mendukung sistem pengadaan langsung di lingkungan Jasa Marga Group dapat dioptimalkan melalui PaDi UMKM sehingga dapat mempercepat serta mendorong efisiensi transaksi belanja BUMN pada UMKM.(BRO-2)

PRESS RELEASE
PT Jasa Marga (Persero) Tbk.
No. 38/2024
Tanggal 6 Maret 2024

Editor : Lasman Simanjuntak

 

Tinggalkan Balasan