Spread the love

amingJakarta, BeritaRayaOnline,-Kebahagiaan Aming dan Evelyn yang baru saja meresmikan hubungan mereka ke jenjang pernikahan sedikit terganggu dengan berbagai komentar miring. Netizen banyak mempertanyakan jenis kelamin dan identitas istri Aming. Mereka menduga istri Aming adalah laki-laki.

Pernikahan yang digelar pada Sabtu 4 Juni 2016 di Bandung, Jawa Barat 2016 itu dianggap sebagai pernikahan sejenis. Dan hal ini menjadi sorotan tajam. Bahkan, pernikahan Aming dan Evelyn mendapat perhatian tak hanya netizen, tetapi juga pemuka agama. Banyak yang menilai pernikahan itu menyimpang.

Menyikapi kehebohan tersebut, Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sukasari, Sukasari Kota Bandung tempat Aming mendaftarkan pernikahannya dengan Evelyn angkat bicara.

Wakil Ketua KUA Kecamatan Sukasari, Dadang Sumarna yang juga menjadi penghulu saat ijab kabul Aming dan Evelyn memastikan bahwa pernikahan pasangan tersebut sah sesuai Undang Undang nomor 1/1974 tentang pernikahan.

amingmuat“Kami pihak KUA Sukasari menerima berkas Aming dan Evelyn per 19 Mei 2016, yang didaftarkan oleh ketua RT di RW 8 kelurahan Gegerkalong, kecamatan Sukasari, kota Bandung,” ungkap Dadang di kantor KUA Sukasari Kota Bandung Jawa Barat, Selasa 7 Juni 2016.

Dadang menjelaskan, permohonan pernikahan itu dilakukan oleh ketua RT dimana Aming tinggal dengan membawa berkas administrasi seperti KTP, KK, N1,N2 dan N4 ke KUA.

“Waktu itu berkas lengkap. Bahkan ada berkas rekomendasi dari KUA tempat Evelyn tinggal yakni dari Jalan Taman Harapan Baru belakang K, Desa Pejuang, Kecamatan Medan Satria kota Bekasi,” jelasnya.

amingenamDadang menambahkan, saat menikahkan pasangan itu, Sabtu lalu, ia merasa tidak melihat ada keanehan dari mereka. “Kalau foto yang beredar di sosial media di buku nikah memang benar itu yang dilampirkan, tetapi saat pernikahan Sabtu lalu tak ada terlihat sosok Evelyn atau Kevin seperti laki-laki,” jelas Dadang.

Pihak KUA Sukasari cukup kaget dengan komentar miring yang berkembang tentang pernikahan Aming dengan Evelyn. “Ya silakan saja pro kontra, tapi kami KUA menerima berkas Aming dan Evelyn dari kelurahan Gegerkalong, dan kami tidak berani jika memang ini pernikahan sejenis,” ujarnya.

Dilanjutkan Dadang, ayah dari Evelyn, Muhammad Hafid, juga datang dan menikahkan putrinya tersebut.  “Komedian Aming mantap mengucapkan ijab kabul di depan penghulu satu kali,” katanya.

Komentar Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI

amingselesaimandiKabar menikahnya artis peran sekaligus komedian, Aming dengan wanita keturunan Jepang-Indonesia, Evelyn Nada Anjani, sontak menjadi bahan perbincangan netizen.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR yang membidangi Agama Sodik Mudjahid angkat bicara mengenai hak tersebut. Ia mendengar keduanya telah mengklarifikasi kabar miring tersebut.

Aming yang selama berkarir kerap berdandan wanita itu, dinilai netizen menikah dengan seorang laki-laki yang didandani seperti wanita.

“Mereka sudah klarifikasi bahwa beda jenis kelamin dan KUA juga sudan klairifikasi,” kata Sodik ketika dikonfirmasi, Senin (6/6/2016).

Sodik pun bersyukur pernikahan sejenis tidak terjadi di Indonesia. Politikus Gerindra itupun ikut mendoakan Aming dan istrinya.

“Kita doakan Aming dan istrinya hidup bahagia,” kata Sodik.

amingtigaMengenai adanya kejadian pernikahan sejenis di Indonesia, Sodik mengatakan diperlukan sosialisasi UU perkawinan yang berlaku di Indonesia. Ia mengingatkan perkawinan beda jenis yang diakui di Indonesia.

“Petugas pernikahan seperti KUA dan catatan sipil harus cermat dan ekstra hati-hati jika menikahkan pasangan yang mencurigakan,” katanya.

(***/sumber berita/foto/viva.co.id/warta kota/7/6/2016/ jubir/eshar/nuh/lasflorest)

Editor  : Eykel Lasflorest Simanjuntak

Tinggalkan Balasan