Spread the love

Jakarta, BeritaRayaOnline,-Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PAN, Haerudin mengapresiasi kinerja dan capaian Kementerian Pertanian (Kementan) dalam meningkatkan kesejahteraan petani selama empat tahun terakhir.

Hal ini menurut Haerudin bisa dilihat dari data BPS mengenai Nilai Tukar Petani (NTP) yang mengalami kenaikan dari tahun ke tahun.

“Pertama kami ingin apresiasi tentu kepada Kementan dan tentu apresiasi kami setinggi-tingginya kepada para petani kita, di mana nilai tukar petani kita naik 0,50 persen,” ujar Haerudin dalam rapat kerja bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Senin, 16 Januari 2023.

Haerudin mengatakan, capaian tersebut merupakan target bersama dari berbagai implementasi program yang ada. Dia ingin capaian ini terus meningkat dan menjadi modal kuat dalam meningkatkan ketahanan pangan.

“Jadi arget kita itu adalah tingkat daya ukur kesejahteraan petani meningkat. Maka kami dari fraksi PAN dengan penuh rasa hormat, para pejuang pangan yang ada di seluruh pelosok nusantara kami sampaikan selamat karena ini rilis BPS tanggal 1 November NTP 107,81 atau naik 0,50 persen,” katanya.

Anggota Komisi IV lainya dari Fraksi PKS, Andi Akmal Pasliddin mengapresiasi kinerja anggaran Kementan tahun 2022 yang mencapai 95 persen. Disisi lain, Pasluddin juga mengapresiasi peningkatan produksi berbagai komoditas utama yang dilakukan selama empat tahun terakhir.

“Kalau kita lihat data statistik produksi kita meningkat untuk beberapa komoditas terutama padi dan jagung. Ini saya kira kenapa anggaran turun tapi produksi tetap naik, jawaban salah satunya adalah karena memang kita lihat bapak berhasil pada KUR nya luar biasa sampe 90 triliun serapannya. Ini menandakan bahwa sektor pertanian itu sudah dipercaya oleh perbankan,” katanya.

Anggota Komisi IV Fraksi Nasdem, Abdullah Tuasikal mengapresiasi capaian kementan yang mampu menyerap realisasi anggaran 2022 dengan baik. Hal ini menurut Tuasikal merupakan bukti bahwa pertanian dibawah pimpinan SYL jauh lebih kuat dan semua programnya sudah tepat sasaran.

“Fraksi Nasdem mengapresiasi kinerja Kementan tahun 2022 dengan realisasi anggaran mencapai kurang lebih 95,15 persen,” jelasnya.(*)

Editor : Lasman Simanjuntak

Tinggalkan Balasan