Ditjen Tanaman Pangan Raih Peringkat Kedua Keterbukaan Informasi Publik tahun 2018

Jakarta,BeritaRayaOnline,-Direktorat Jenderal Tanaman pangan meraih peringkat ke- 2 (dua) pada penyerahan penghargaan pemeringkatan keterbukaan Informasi Publik  (IP) kategori eselon I (satu) lingkup Kementerian Pertanian.

Penghargaan itu diserahkan oleh Sekjen Kementan secara simbolis kepada Ditjen Tanaman Pangan yang diwakili oleh Direktur Perbenihan Tanaman Pangan,  di Jakarta, senin (29/10/2018) pada saat upacara hari Sumpah Pemuda di lapangan Kantor Pusat Kementan. Selain kategori eselon I, terdapat juga beberapa kategori lainnya, yakni Kategori eselon II dan eselon III

Sekretaris Jenderal Kementan Ir. Syukur Iwantoro M.S, M.B.A memberikan apresiasi kepada Unit Kerja lingkup Kementerian Pertanian yang telah membuka akses sebesar- besarnya dalam pelaksanaan keterbukaan Informasi Publik di Kementerian Pertanian sesuai dengan amanat Undang-Undang 14 tahun 2008.

Senada hal itu, Direktur Perbenihan Tanaman Pangan Mohammad Takdir Mulyani, M.M mengatakan, dengan pemeringkatan ini kita berharap melalui keterbukaan Informasi Publik (IP) Ditjen Tanaman Pangan dapat mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik,transparan,efektif,efisien,akuntabel serta dapat dipertanggungjawabkan.

“Kita bersyukur Ditjen Tanaman Pangan  meraih peringkat kedua, dan diharapkan tahun depan menjadi lebih baik lagi terutama dalam hal penyebaran informasi. Perlu adanya upaya-upaya yang lebih aktif lagi dalam rangka menyampaikan kepada masyarakat dan publik terkait semua aktivitas dan kinerja kita khususnya kinerja yang menjadi tugas dan fungsi utama Direktorat Jenderal Tanaman pangan ,” ujar Takdir.

Pemeringkatan keterbukaan Informasi Publik (IP)  yang diselenggarakan oleh Biro Humas dan Informasi  Publik (IP) Sekretariat Jenderal ,Kementerian Pertanian, selaku PPID utama Kementerian Pertanian, memiliki beberapa tahapan dalam menetapkan pemenang, meliputi tahap penilaian  komitmen PPID, tahap penilaian melalui web dan formulir self assesment questionnaire (SAQ), dan terakhir tahap visitasi langsung ke badan publik.

Pada tahun ini, peringkat pertama pemeringkatan keterbukaan Informasi Publik kategori eselon I diraih oleh Badan Karantina, peringkat kedua Ditjen Tanaman Pangan dan ketiga Badan Litbang, Kementerian Pertanian.

(www.tanamanpangan.pertanian.go.id/bro-2)

Editor : Lasman Simanjuntak

 

 

Bagikan berita ini

Tinggalkan Balasan