Spread the love

Tangerang , BeritaRayaOnline,-Sebagai bagian dari upaya peningkatan pelayanan kepada pengguna jalan tol, Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) sebagai pengelola Ruas Tol Jakarta-Tangerang, terus melakukan upaya perbaikan di bidang layanan transaksi, layanan konstruksi, layanan lalu lintas maupun  layanan tempat istirahat dan pelayanan. Hal ini dilakukan sebagai komitmen Jasa Marga dalam memenuhi kenyamanan berkendara di jalan tol, serta memberikan pengalaman perjalanan yang baik bagi pengguna jalan.

Ruas Tol Jakarta – Tangerang yang memiliki panjang 33 km ini merupakan ruas yang terintegrasi ( _toll to toll_ ) dengan Ruas Tol Prof. Dr. Ir Soedijatmo dan Ruas Tol JORR W1, serta jaringan Jalan Tol JORR 2 setelah beroperasinya Ruas Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran, Ruas Kunciran – Serpong, dan Ruas Jalan Tol Cinere-Serpong, serta Ruas Tol Tangerang – Merak yang dikelola oleh PT Marga Mandala Sakti.

Jasa Marga secara konsisten terus melakukan perbaikan guna peningkatan pelayanan kepada pengguna Ruas Tol Jakarta-Tangerang. Peningkatan layanan di bidang transaksi antara lain peningkatan kapasitas Gerbang Tol (GT) Karang Tengah Barat 1 yang semula 2 gardu tol menjadi 6 gardu tol dan GT Bitung 2 yang semula 5 gardu tol menjadi 7 gardu tol dan menambah sarana penunjang tol seperti peningkatan kapasitas lajur _off ramp_ Kembangan arah Jakarta untuk mengurangi kepadatan dari arah Tangerang menuju JORR 1.

Selain itu, di bidang konstruksi, Jasa Marga secara rutin melakukan perbaikan dan pemeliharaan jalan tol berupa _Scrapping Filling Overlay_ (SFO) dan rekonstruksi perkerasan guna meningkatkan kualitas jalan  serta memastikan _zero potholes_, pekerjaan pengecatan jembatan _overpass_, rehabilitasi konstruksi jembatan Kali Cisadane, penataan landscape, konstruksi tanggul, normalisasi dan peningkatan kapasitas saluran, revitalisasi jembatan penyebrangan orang (JPO) dan perapihan talud _Right of Way_ (ROW). Tahun ini JMT juga melakukan rekonstruksi perkerasan pada jalan akses masuk dan keluar _Rest Area_.

Dalam hal pelayanan lalu lintas dilakukan penyiagaan armada lalu lintas seperti kendaraan _Mobile Customer Service_, ambulance, derek dan rescue. Selain itu dilakukan pemasangan _Smart_ CCTV, penambahan titik lokasi _Variable Message Sign_ (VMS) di akses masuk gerbang tol dan di ruas jalan tol, penambahan VMS _Mobile_, penambahan titik CCTV, program beautifikasi, penyempurnaan rambu dan _guardrail_, melakukan perapihan di gerbang tol, penghapusan dan pengecatan marka untuk memberikan kejelasan informasi keselamatan kepada pengguna jalan, serta sigap dalam memberlakukan rekayasa lalu lintas untuk memberikan kelancaran pengguna jalan saat sedang ada pekerjaan maupun kepadatan lalu lintas.

Sementara peningkatan layanan di _Rest Area_, Jasa Marga berkoordinasi dengan pengelola rest area untuk memastikan pemenuhan standar pelayanan minimal di rest area, memastikan bebas pungli, serta memastikan pemenuhan protokol kesehatan di rest area guna memutus penyebaran Covid-19.

Jalan Tol Jakarta-Tangerang telah memberikan kontribusi nyata terhadap perkembangan pembangunan wilayah seperti pemukiman, industri, wisata dan perbelanjaan sehingga pertumbuhan ekonomi di sekitar wilayah Tangerang terus mengalami peningkatan.(***)

Editor  : Lasman Simanjuntak

 

Tinggalkan Balasan