Spread the love

Jakarta, BeritaRayaOnline,-  Libur lebaran merupakan salah satu momen yang paling dinantikan untuk berwisata maupun
bersilaturahmi bersama keluarga. Momen ini seringkali juga dijadikan ajang berbagi kebahagiaan serta keceriaan.

Sejalan dengan semangat kampanye Lebaran Penuh Makna, Astra Infra sebagai perusahaan investor dan operator infrastruktur jalan tol berkomitmen untuk memberikan nilai tambah sekaligus berbagi kebahagiaan dengan pengguna jalan tol Astra Infra, melalui penetapan diskon tarif tol sebesar 20%.

“Tingginya potensi mobilisasi masyarakat pada mudik lebaran tahun ini, menjadi dasar keputusan penetapan diskon tarif ini. Hal ini kami lakukan sebagai bentuk apresiasi perusahaan bagi para pemudik yang telah setia menggunakan jalan tol Astra Infra,”  tutur Group Chief Operating Officer Astra Infra, Billy Perkasa Kadar.

Dengan penetapan ini, diskon tarif tol di ruas Astra Infra diberikan sebesar 20% pada Rabu 3 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga Jumat 5 April 2024 pukul 05.00 WIB (2 x 24 jam) untuk arus mudik.

Sedangkan untuk arus balik, diskon 20% diberikan pada Rabu, 17 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga Jumat, 19 April 2024 pukul 05.00 WIB (2 x 24 jam).

Diskon berlaku bagi seluruh golongan kendaraan, yang melintasi Tol Tangerang – Merak, Cikopo – Palimanan, dan Jombang – Mojokerto secara menerus (gate to gate) dan untuk transaksi tol menggunakan kartu uang elektronik dengan saldo cukup.

Selain pemberlakuan diskon tarif, Astra Infra telah melakukan berbagai antisipasi untuk mengurai kepadatan pada puncak arus, antara lain dengan mempersiapkan manajemen lalu lintas di jalur maupun jalan akses yang berpotensi mengalami kepadatan, rencana rekayasa lalu lintas berkoordinasi dengan kepolisian, mekanisme delaying system di
rest area, hingga koordinasi dengan pihak – pihak terkait lainnya.

Melalui penetapan diskon tarif tol serta upaya-upaya penguraian kepadatan lainnya, Astra Infra berharap dapat mendukung pemerintah untuk menyukseskan mudik lebaran 2024 yang lancar, aman, dan nyaman.

Untuk mengurai kepadatan pada puncak arus, Astra Infra turut mengimbau pemudik untuk dapat merencanakan perjalanan mudik lebaran dengan cerdas dan bijak, dengan menghindari perjalanan pada periode yang diprediksi
menjadi puncak arus.

Sebagai antisipasi tambahan, pemudik juga dapat membawa perbekalan secukupnya. Astra Infra turut mengimbau pengguna jalan yang menunaikan ibadah puasa untuk dapat tetap mengutamakan keselamatan dengan menjaga batas kecepatan dan beristirahat jika lelah, mengantuk, atau telah berkendara selama 4 jam berturut-turut.

Pengguna jalan juga diimbau untuk menjaga fasilitas dan beristirahat secukupnya di rest area. Jika rest area penuh, pengguna jalan juga dapat memanfaatkan tempat istirahat di luar jalan tol, untuk kemudian kembali masuk
tanpa tambahan biaya.

Tentang ASTRA Infra

ASTRA Infra adalah kelompok usaha yang memiliki pengalaman sebagai investor operator di bidang infrastruktur.

ASTRA Infra yang sepenuhnya dimiliki oleh PT Astra International Tbk ini, memiliki 3 lini bisnis yaitu Toll Road Infrastructure, Logistics Infrastructure dan Infrastructure Solutions.

Lini bisnis Toll Road Infrastructure dan Infrastructure Solutions berada di bawah PT Astra Tol Nusantara, sedangkan lini bisnis Logistics Infrastructure berada di bawah PT Astra Nusa Perdana.

ASTRA Infra melalui PT ASTRA Tol Nusantara memiliki saham di 8 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yaitu ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak, MTN (Kunciran-Serpong), MLJ (Ulujami-Kebon Jeruk), ASTRA Infra Toll Road
Cikopo-Palimanan, TMJ (Semarang-Solo), ASTRA Infra Toll Road Jombang-Mojokerto, JSM (Surabaya-Mojokerto), serta JPM (Pandaan-Malang).

Secara keseluruhan, ASTRA Infra saat ini mengoperasikan 396 km jalan tol melalui 8
BUJT tersebut.

Adapun PT ASTRA Nusa Perdana saat ini mengelola PT Pelabuhan Penajam Banua Taka (ASTRA Infra Port Eastkal) yang diakuisisi ASTRA Infra pada tahun 2013. Saat ini, PPBT telah memiliki perizinan sebagai Terminal Untuk Keperluan Sendiri (TUKS) maupun Badan Usaha Pelabuhan (BUP).

Seiring dengan perkembangan dan kemajuan infrastruktur serta tantangan industri yang semakin besar, maka pada tahun 2018, ASTRA Infra mengembangkan unit bisnis di jasa layanan yaitu ASTRA Infra Solutions (AIS) layanan pengoperasian dan pemeliharaan jalan tol dan Resta layanan pengelolaan tempat istirahat di jalan tol.

Sejalan dengan tekad untuk berkontribusi terhadap kemajuan pembangunan infrastruktur berkelanjutan, ASTRA Infra
selalu berupaya meningkatkan implementasi keberlanjutan dengan fokus pada peningkatan nilai Environmental, Social,
and Governance (ESG).

Selaras dengan Astra Sustainability Aspirations, ASTRA Infra berfokus untuk melakukan
penurunan emisi gas rumah kaca, pemanfaatan energi terbarukan, meningkatkan pengelolaan air dan limbah, peningkatan keselamatan kerja, dan kontribusi untuk komunitas.

ASTRA Infra turut melakukan program public contribution yang berfokus kepada 4 pilar yaitu, Infra Sehat, Infra Cerdas, Infra Hijau, dan Infra Kreatif. ASTRA Infra juga turut mengembangkan 5 Kampung Berseri Astra yang tersebar di area kerja anak perusahaan ASTRA Infra Group.(**/BRO-2)

Editor : Lasman Simanjuntak

Tinggalkan Balasan