Balitbangtan Sangat Mendukung Pengembangan Nanoteknologi untuk Pangan dan Pertanian

Bogor, BeritaRayaOnline,- Sekretaris  Balitbangtan, Dr. Prama Yufdi mengatakan Balitbangtan sangat mendukung pengembangan nanoteknologi untuk pangan dan pertanian. Oleh karena itu, nanoteknologi akan diangkat menjadi salah satu flagship riset Balitbangtan.

Hal tersebut dikatakannya pada pembukaan Workshop on Recent Advances and Future Perspective in Nanotechnology for Food And Agriculture di Bogor, Selasa (13/8/2019).

Dr. Prama juga menyampaikan bahwa Kepala Balitbangtan mengarahkan agar semua kegiatan nanoteknologi Balitbangtan akan dilakukan secara terintegrasi dan sinergi antar unit kerja, dimana BB Pascapanen menjadi koordinatornya.

“Dengan demikian, maka diharapkan hasil penelitian tersebut akan mendukung program Balitbangtan maupun Kementan, tidak lagi penelitian kecil kecil yang hanya menjadi output UPT/UK,” ujarnya.

Workshop ini juga menghadirkan empat pembicara yaitu Direktur Pangan dan Pertanian Bappenas yang menyampaikan paparan terkait kebutuhan teknologi maju dalam pembangunan pangan dan pertanian pada RPJMN 2020-2024.

Pembicara selanjutnya Prof Paul Van der Meeren dari Ghent University, Belgium yang merupakan pakar nanoteknologi khususnya nanoemulsi. Beliau menyampaikan materi dengan tema “Application of nanotechnology for food and agriculture: a case study of (nano) dispersions and emulsions from basic science to industry”.

Pembicara berikutnya Ibu Arima Diah Setiowati, PhD dari Universitas Gajah Mada menyampaikan materi tentang Bagaimana mengembangkan nanostruktur biomaterial untuk pelepasan bahan aktif terkontrol pada industry pangan dan pertanian. Pembicara ke empat Dr Sri Yuliani menyampaikan hasil-hasil penelitian nanoteknologi yang sudah dihasilkan oleh Balitbangtan serta rencana penelitian ke depan.

Acara workshop kemudian dilanjutkan dengan kunjungan serta demo pembuatan nanoemulsi serta karakterisasinya yang dilakukan di Laboratorium Nanoteknologi, Balitbangtan. Pada kesempatan inipula dilakukan penandatangan kerjasama pengembangan nanoteknologi antara BB Pascapanen dengan PT Triangkasa Lestari Utama tentang pemanfaatan biosilika serbuk dari sekam padi untuk industri berbahan dasar karet serta Kerjasama BB Pascapanen dengan PT Gelora Rempah Inti Indonesia tentang pengembangan teknologi nano biopsetisida serai wangi bentuk serbuk.

Kepala BB Pascapanen, Dr Prayudi Syamsuri berharap melalui workshop yang dihadiri oleh para pemangku kebijakan, para peneliti, industri dan himpunan profesi ini, akan terjalin sinergi untuk bersama sama melakukan pengembangan nanoteknologi bidang pangan dan pertanian.

“Sehingga hasil litbang nanoteknologi tersebut dapat diterapkan oleh pengguna dan lebih dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” pungkasnya. (**/Bro-2)

Editor : Lasman Simanjuntak

 

Bagikan berita ini

Tinggalkan Balasan