Spread the love

Tangerang, BeritaRayaOnline,-Sebuah truk tangki BBM milik PT Pertamina terbakar di jalan tol Tangerang-Merak KM 56 arah Jakarta pada Minggu (28/5/2023).

Kronologi kejadian pukul 03.22 WIB, dimana petugas Sentral Informasi & Komunikasi menerima informasi dari pengguna jalan, terkait kendaraan terbakar pada tkp tersebut.
Penyebab dari insiden truk tangki BBM yang terkabar belum bisa dipastikan karena harus di investigasi lebih lanjut.

Namun dari kebakaran tersebut diduga terjadi akibat konsleting listrik pada bagian belakang kendaraan.

Kepala Departemen Corporate Social Responsibility (CSR) dan Hubungan Masyarakat (Humas) Astra Tol Tangerang-Merak, Uswatun Hasanah mengatakan bahwa, tindakan yang dilakukan oleh ASTRA Tol Tangerang-Merak ialah berkoordinasi bersama tim fire brigade Pertamina, Kabupaten Serang, Kota Serang dan PT Indah Kiat.

Selain itu, pengalihan arus lalu lintas juga dilakukan bersama Petugas Kepolisian yakni tim PJR untuk meminimalisir kemacetan panjang pada saat pemadaman berlangsung.

“Selanjutnya dalam pengalihan arus traffic dengan mengarahkan pengendara untuk keluar di gerbang tol Ciujung melalui jalur arteri. Setelah itu, pengendara dapat kembali masuk ke ruas tol Tangerang-Merak melalui gerbang tol Cikande,” ucap Uswatun Hasanah.

Direktur Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak, M Adhi Resza menyampaikan pihaknya mengambil pelajaran dari kejadian tersebut dan mengimbau bahwa, semua Kendaraan B3 atau Transporter Bahan Berbahaya & Beresiko tinggi perlu menyiapkan penerapan K3 yang baik dan asuransi kendaraan apabila terjadi dampak kerugian dengan kerusakan fasilitas publik maupun pencemaran lingkungan.

“Agar keselamatan bersama terjaga dan resiko dapat terminimalisir dengan melengkapi juga perlengkapan standar kendaraan seperti kondisi kendaraan yang prima, tekanan ban, lampu dan rem secara utuh, alat reflektif tambahan serta tidak menjalankan kendaraan yang overload dan overdimension (ODOL),” ujarnya.(**/Bro-1)

Editor : Lasman Simanjuntak

Tinggalkan Balasan