ASTRA Tol Tangerang-Merak Lakukan Konservasi Keanekaragaman Buah Langka Nusantara (PRANARAKSA)

Serang, Banten , BeritaRayaOnline,- Jelang 30 tahun usia PT Marga Mandalasakti (ASTRA Tol Tangerang-Merak) senantiasa berupaya menjaga kesinambungan (sustainability) yang dituangkan dalam strategi perusahaan triple P roadmap, portofolio, people, dan public contribution.

Melalui Departemen Environment, Social and Responsibility (ESR), ASTRA Tol Tangerang-Merak kembali melakukan program penanaman pohon, kali ini diselenggarakan Kick Off Program Konservasi Keanekaragaman Buah Langka Nusantara (PRANARAKSA) atau ASTRA Biodiversity Program sebagai bagian dari program Beautifikasi landscape Jalan Tol Tangerang-Merak yang diselenggarakan di Akses Gerbang Tol Cikande KM 52 Ruas Tangerang-Merak , belum lama ini.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), serta perwakilan manajemen 5 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Astra di sepanjang Tol Trans Jawa.

Melalui simbolisasi penanaman 18 jenis tanaman buah langka yang terdiri dari buah Matoa, Kepel, Gandaria, Menteng, Jamblang, Kesemek, Cempedak dan Sawo kecik merupakan bagian dari target penanaman 3.000 pohon di tahun 2019. Sebelumnya, di akhir Februari lalu ASTRA Tol Tangerang-Merak melalui Departemen ESR telah melaksanakan penghijauan 760 pohon di Simpang Susun Cikande dan RoW Bitung-Cikupa Ruas Tol Tangerang-Merak.

“Untuk penghijauan yang dikhususkan di akses Cikande saat ini kami menaman 160 batang pohon. Kegiatan penanaman pohon ini merupakan rangkaian menuju 30 tahun PT Marga Mandalasakti. Tidak hanya itu pada bidang corporate social responsibility (CSR), di tahun ini kami juga memiliki 3 target utama yaitu, 3.000 tanam pohon, 3.000 jam sosial dan 3.000 berbagi buku,” ungkap Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti, Krist Ade Sudiyono.

Ditahun 2018 ASTRA Tol Tangerang-Merak telah melakukan penghijauan pada Ruang Milik Jalan (RUMIJA) dengan penanaman 1.060 pohon yang meliputi 150 pohon Mahoni, 150 pohon Jacaranda, 150 pohon Kupu-Kupu, 150 pohon Tabebuia Bunga Kuning, 150 pohon Tabebuia Bunga Merah Muda dan 150 pohon Tabebuia Bunga Putih, serta pemberian dan penanaman 100 pohon buah kepada masyarakat sekitar Tol Tangerang-Merak KM 82 arah Jakarta dalam memperingati hari Lingkungan.

Tidak hanya itu, pada program lingkungan ASTRA Tol Tangerang-Merak secara berkesinambungan melaksanakan program lingkungan Green Act yang berbasis produksi bersih dan konservasi yang melibatkan kontribusi aktif karyawan.

Program lingkungan juga ditularkan kepada masyarakat sekitar jalan tol diantaranya pelatihan 3R (Reduce-Reuse-Recycle) serta sosialisasi regulasi pengolahan limbah padat serta konservasi lingkungan melalui penanaman pohon untuk masyarakat sekitar Kantor Gerbang Toil Serang Barat, di Kecamatan Kramatwatu yang berlokasi di salah satu sekolah binaan, SDN Gempol.

Dengan dilakukannya program penghijauan melalui pilar lingkungan, diharapkan memiliki nilai manfaat untuk semua makhluk hidup dan dapat menciptakan dampak yang signifikan dan bernilai tambah bagi seluruh aspek. Sesuai dengan dharma pertama Astra yaitu menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan Negara.(**/Press Release )

Editor : Pulo Lasman Simanjuntak

Bagikan berita ini

Tinggalkan Balasan