ASTRA Tol Tangerang-Merak Gelar Seminar Karya Ilmiah

Tangerang – Banten, BeritaRayaOnline,-Ratusan guru Sekolah Dasar Negeri (SDN) binaan PT Marga Mandalasakti (ASTRA Tol Tangerang-Merak) mengikuti Seminar Pendidikan “Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Pembelajaran Jaman Now” bertempat di Kantor Operasional Ciujung KM 59 Tol Tangerang-Merak , Rabu lalu (26/09).

Diikuti oleh 219 peserta, tidak hanya berasal dari 12 SDN Binaan yakni 6 SDN di Kecamatan Kramatwatu dan 6 SDN di Kecamatan Cikande, namun juga dihadiri oleh perwakilan seluruh SDN se-Kecamatan Cikande dan Kramatwatu disamping juga perwakilan Sekolah tiap Kecamatan sekabupaten Serang yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Dr. Asep Nugrahajaya, M.Pd, Ketua Yayasan Pendidikan Astra Michael D-Ruslim Herawati Prasetyo, Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti Krist Ade Sudiyono.

Seminar karya ilmiah melalui inovasi karya guru dalam proses pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas. Untuk mendukung dan meningkatkan keterampilan para tenaga pendidik dalam menghadapi pembelajaran saat ini, ASTRA Tol Tangerang-Merak mengundang Prof. Dr. Ferdy S. Rondonuwu, M.Sc, Ketua E-Sistem Universitas Kristen Satya Wacana untuk membantu meningkatkan kompetensi para guru.

“Kegiatan ini diselenggarakan dalam upaya untuk meningkatkan dan melatih kemampuan komunikasi baik verbal maupun tertulis para tenaga pendidik dan kepala sekolah SDN binaan melalui presentasi dan tulisan atau karya ilmiah. Selain itu juga kami ingin menjadikan mereka sebagai agen-agen perubahan pendidikan, baik di tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi maupun tingkat nasional,” ungkap Krist Ade Sudiyono Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti.

Keseriusan ASTRA Tol Tangerang-Merak dalam berkontribusi terhadap pendidikan di wilayah Banten dibuktikan melalui salah satu guru binaan ASTRA Tol Tangerang-Merak yakni dari SDN Gorda 2 Kecamatan Cikande Kabupaten Serang Provinsi Banten, berhasil menjadi Guru Inovator terbaik pada ajang lomba Astra Cerdas 2018 yang digelar PT Astra International Tbk.

Guru tersebut adalah Siti Sartikat, S.Pd yang memenangkan penghargaan dengan mengusung inovasi Pembelajaran Penerapan Energi Listrik yang dinamakan “Alga Alba” yang merupakan singkatan dari Alat Peraga Alam Banjir. Alat ini merupakan alat peraga pendeteksi banjir sederhana yang dapat mendeteksi banjir berupa alarm. Alarm ini akan mengeluarkan bunyi saat air mencapai ketinggian tertentu.

“Seminar kali ini menghadirkan Ibu Siti Sartikat yang merupakan Guru Inovator terbaik sebagai salah satu pemateri utama untuk menstimulus ide-ide yang dimiliki para guru. Kami ingin menjadikan inovasi sebagai kebiasaan sehingga para guru dapat terus berkembang dan mampu bersaing dengan sekolah lainnya,” tambah Krist.

Disamping itu, ada 10 pemateri makalah lainnya yang merupakan guru-guru yang berasal dari SDN Binaan dimana 3 pemateri diantaranya berasal dari SDN Binaan Kecamatan Cikande dan 7 pemateri lainnya berasal dari SDN Binaan di Kecamatan Kramatwatu, masing-masing dari 10 guru tersebut menyajikan hasil karya inovasinya dibidang pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). ASTRA Tol Tangerang-Merak juga akan berkesempatan memberikan reward kepada 3 pemateri terbaik sebagai bentuk apresiasi perusahaan terhadap hasil karya inovasi yang telah diciptakan.

Seminar pendidikan ini dilakukan secara berkala dan diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme dan motivasi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran serta mengembangkan kemampuan guru dalam menulis karya inovasi melalui pembelajaran karya tulis. Sehingga ilmu dan keterampilan yang didapatkan oleh guru dapat diterapkan dalam kegiatan belajar dan mengajar.(*/press rilis/bro-2)

Editor : Lasman Simanjuntak

Bagikan berita ini

Tinggalkan Balasan