Spread the love

Subang, Jawa Barat, BeritaRayaOnline,-– PT Lintas Marga Sedaya yang kini memiliki branding name ASTRA
Infra Toll Road Cikopo-Palimanan (ASTRA Tol Cipali) melakukan berbagai upaya guna
mengantisipasi cuaca ekstrem yang diprediksi akan terjadi pada akhir tahun. ASTRA Tol Cipali
tidak hanya bekerjasama dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum dan Cisanggarung.

Namun juga bekerjasama dengan seluruh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) menunjuk konsultan
khusus drainase untuk melakukan kajian terhadap lokasi rawan genangan pada ruas-ruas JalanTol Pulau Jawa untuk pemeliharaan atau penanganan jangka pendek, menengah dan jangkapanjang akibat adanya perubahan cuaca dan tata guna lahan di sekitar jalan tol.

“Kami selalu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait tidak hanya dalam melakukan normalisasisungai Cilalanang saja namun juga sampai dengan aspek pemantauan dan pengawasan terhadapbeberapa sungai yang melintasi Tol Cipali. Kesiapan infrastruktur dan layanan kami sampaikanjuga melalui Rapat Koordinasi Persiapan Nataru bersama dengan Kemenhub, Kepolisian danDirjen Bina Marga,” jelas Firdaus Azis, Presiden Direktur ASTRA Tol Cipali.


Berbagai upaya telah dilakukan ASTRA Tol Cipali dalam menghadapi musim penghujan dan curah hujan yang tinggi di akhir tahun ini mulai dari melakukan normalisasi drainase dari inlet dan outlet pembersihan sendimentasi atau endapan pada box culvert. Bahkan sejak tahun 2021 ASTRA Tol Cipali telah melakukan pelebaran atau penambahan box culvert untuk menambah kapasitas tampungan air yang melintas di Tol Cipali sesuai dengan rekomendasi konsultan.

Hal ini merupakan upaya preventif dan juga komitmen ASTRA Tol Cipali untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengguna jalan.

Sinergi yg terjalin baik dengan Kementrian PUPR, Kementrian Perhubungan Darat, Kepolisian, BBWS, Astra Infra Solution sebagai pelaksana lapangan serta pihak terkait lainnya diharapkan dapat mewujudkan jalan tol yang Lancar, Aman dan Nyaman (LAN).

“Kami senantiasa berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada Pengguna Jalan dengan terus melakukan inovasi dan value creation baik infrastruktur maupun fasilitas layanan,” ucapnya.

Hal ini terwujud dengan kesiapan ASTRA Tol Cipali dalam arus puncak Natal pada tanggal 24
Desember 2022 yang meningkat 50% dibandingkan rata-rata arus lalu lintas harian yaitu sebesar

93 ribu kendaraan yang melintas di ASTRA Tol Cipali tanpa contraflow dan kelancaran baik di
gerbang tol mapun di Rest Area serta kesiapan kami dalam menghadapi puncak arus libur tahun baru 2023 yang diprediksi terjadi pada tanggal 1 Januari 2023 dengan prediksi peningkatan 56%dibandingkan dengan rata-rata arus lalu lintas harian,” tambah Firdaus.

Tidak hanya itu, CCTV yang tersebar di sepanjang Tol Cipali juga merupakan salah satu upaya ASTRA Tol Cipali dalam memantau kondisi lalu lintas dan keamanan jika terjadi gangguan serta meningkatkan respon time pelayanan.

Selain itu, Astra Tol Cipali secara aktif memberikan informasi tentang kondisi jalan tol melalui live report di instagram @astratolcipali dan aplikasi info tol ASTRA Infra yaitu Info Tol ASTRA Infra yang dapat diunduh di playstore
ASTRA Tol Cipali terus mengimbau kepada pengguna jalan untuk selalu tertib berkendara denganmematuhi rambu-rambu lalu lintas kecepatan, minimal 60 km/jam dan maksimal 100 km/jam.

Dalam kondisi penghujan diimbau untuk memacu kendaraan dalam batas kecepatan maksimal berkendara 70 km/jam. Jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi kendaraan dan tekanan ban anda.

Apabila telah 4 jam mengemudi atau kondisi fisik sudah lelah segera beristirahat di 8 rest
area yang tersebar di Tol Cipali, baik arah Jakarta maupun arah Cirebon. Apabila Anda mengalami kendala di jalan tol, Petugas Traffic Monitoring Center (TMC) siap siaga 24 jam untuk membantu Pengguna Jalan di line telepon 0260 7600 600 atau 081 1234 7600.
Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas
Selamat Natal 2022 dan Tahun Baru 2023
Palimanan, 28 Desember 2022.

Tentang PT Lintas Marga Sedaya PT Lintas Marga Sedaya (ASTRA Infra Toll Road Cikopo Palimanan) adalah perusahaan yang
memegang hak konsesi jalan tol Cikopo – Palimanan (Cipali) di provinsi Jawa Barat selama 35 tahun dengan total panjang 116,75 km. Jalan tol Cipali yang terbentang dari Cikopo kabupaten Purwakarta, Kabupaten Subang, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka sampai Palimanan Kabupaten Cirebon. Tol Cipali diyakini akan menjadi jalur distribusi barang serta jalur transportasi masyarakat yang utama bagi Pulau Jawa dan akan berdampak positif terhadap pertumbuhan kawasan industri, perumahan, perkantoran dan pariwisata serta agrobisnis. Tol
Cipali merupakan bagian dari sistem jalan tol Trans Jawa yang menghubungkan mulai dari jalan tol Merak hingga ke Surabaya. Tol Cipali berada diantara Jakarta – Cikampek dan jalan tolPalimanan – Kanci. Sejak diresmikan pada 13 Juni 2015, jalan tol Cipali terbukti memangkas rute Cikampek – Palimanan hingga 40 km dibanding melewati jalur Pantura. Sejak 28 November 2019 kepemilikan saham ASTRA Toll Road Cikopo Palimanan dimiliki oleh Astra Infra sebesar 55% dan Canada Pension Plan Investment Board (CPPIB) 45%.(**/Ptess Release/BRO-1)

Editor  : Pulo Lasman Simanjuntak

Tinggalkan Balasan