Spread the love

Tangerang, BeritaRayaOnline,-Lalu lintas arus mudik Lebaran tahun 2023 yang melintas di ruas jalan Tol Tangerang-Merak terhitung sejak H-10 atau tanggal 12 April 2023 sampai dengan hari kedua Lebaran tanggal 23 April 2023 total sebanyak 1.665.567 kendaraan.

Tercatat puncak trafik tertinggi terjadi di gerbang tol Merak yang menyentuh angka 21.716 kendaraan per hari yang merupakan rekor lalu lintas Gerbang Tol Merak sepanjang tahun.

Arus mudik tahun ini di ruas jalan Tol Tangerang-Merak cenderung normal lancar, hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya cukup efektifnya upaya peningkatan kapasitas layanan transaksi, peningkatan kapasitas lajur jalan tol maupun layanan pendukung di ruas Tol Tamer seperti kapasitas parkir dan toilet.

Selain itu, pengelolaan trafik yang cukup matang oleh berbagai pihak, diantaranya mekanisme distribusi lalu lintas kendaraan angkutan ke 3 (tiga) pelabuhan yaitu Merak, Ciwandan dan BBJ Bojonegara, serta efektivitas sosialisasi pembatasan kendaraan angkutan barang sehingga angkutan barang melintas lebih awal.

Kepala Departemen Manajemen CSR dan Humas Astra Tol Tangerang Merak, Uswatun Hasanah menjelaskan meskipan demikian, pihaknya  tetap memberikan layanan ekstra dan apresiasi bagi pengguna jalan yang melintas.

“Terpantau sampai dengan hari ini layanan tambahan transaksi dan layanan pendukung seperti area parkir dan toilet termanfaatkan dengan layak,” jelasnya.

Pihak Astra Tol Tangerang Merak juga saat ini masih tetap siaga mengantispasi arus balik Lebaran 2023, yang diprediksi mulai meningkat signifikan pada tanggal 29 April – 1 Mei 2023 dengan puncak mudik tgl 30 April 2023, dengan estimasi 174.294 kendaraan melintas.

“Asumsi kami pemudik masih akan extend cuti setelah cuti bersama habis, mengingat 1 Mei 2023 ini tanggal merah,” katanya lagi.

Kesiapan yang dilakukan oleh Astra Tol Tangerang Merak dalam mengantisipasi puncak arus balik Lebaran 2023, diantaranya tetap memaksimalkan layanan transaksi gardu reguler pada gerbang-gerbang favorit seperti entrance Merak, Cilegon Timur, Serang Timur dan exit Cikupa.

Diskon Tarif jarak terjauh (Cikupa-Merak) sebesar 20% untuk semua golongan kendaraan, juga akan kembali diberikan kepada calon pemudik yang mau menunda perjalanan baliknya pada tanggal 27 April 2023 jam 06.00 sampai 29 April 2023 jam 06.00 WIB.

Melalui diskon tarif yang diberikan pada tanggal-tanggal tersebut, pihak Astra Tol Tangerang Merak berharap lalu lintas arus balik akan terdistribusi merata dan tidak terjadi penumpukan di jalan tol.

Untuk itu sejalan dengan imbauan pemerintah, pihak Astra Tol Tangerang Merak turut menghimbau kepada pemudik untuk menunda atau merencanakan perjalanan balik agar tidak serentak pada puncak arus balik cuti bersama.(***)

Editor : Lasman Simanjuntak

 

 

 

Tinggalkan Balasan