11 Orang Putera Tanah Papua Dapat Pelajaran Alkitab dari Tim Penginjilan GMAHK Jatinegara

Jakarta,BeritaRayaOnline,-Puji Tuhan.. pada Sabat siang (Sabtu 3/8/2019) Pelajaran Alkitab untuk 11 orang putera dari Tanah Papua yakni dari Kabupaten Nduga Provinsi Papua (non advent) berlangsung untuk kedua kalinya di Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) Jatinegara, Jakarta Timur, yang disampaikan oleh Pemimpin Diakon Nelson Simanjuntak, Ketua Lasman Simanjuntak, Ketua Rachmat Perangin-Angin serta dibantu Kusnadi (Bendahara Jemaat) Melki Hendrik (Sekretaris Jemaat) maupun anggota jemaat Jatinegara seperti Ferdinand Hutapea ,Eddy Irmawan dan Lastri Tamba.

Setelah Pdt.R.Y.Hutauruk (Gembala Jemaat GMAHK Jatinegara) menyampaikan Firman Tuhan mengenai “Hari Sabat “(Sabtu lalu 27 Juli 2019 mengutip Alkitab antara lain Kejadian 2:3 Keluaran 20: 8-11 Lukas 4:16, serta masih banyak lagi).

Kali ini Pelajaran Alkitab dilanjutkan dengan materi pelajaran mereka mengenai “Makanan Haram” berdasarkan isi Alkitab (antara lain dalam Kitab Imamat pasal 11: 1-47).

Para putera dari Nduga Tanah Papua ini ( siswa Sekolah Sepak bola Nduga/SSB Nduga) datang ke Jakarta dalam rangka mengikuti kompetisi sepak bola lokal dan tingkat nasional baik di DKI Jakarta Kabupaten Bekasi maupun Bandung Jawa Barat.

Tim sepak bola dari Kabupaten Nduga ini pernah menjuarai antara lain  1)Juara I Piala “Milo Cup” di Makassar Sulsel tahun 2018, 2) The Best Tim pada kejuaraan piala Menpora di Jakarta Timur tahun 2019,3) Juara II pertandingan sepak bola usia 14 tahun di Setu Kabupaten Bekasi, Jawa Barat serta bersiap untuk mengikuti kejuaran piala Suratin Cup usia 15 tahun bln Agustus 2019.

Dipimpin oleh Josef Rullan (45 tahun) yang merupakan Jemaat GMAHK Kab.Nduga,pelatih sepak bola serta PNS di Kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Nduga ini, para putera Tanah Papua (non advent-Kristen Protestan) antara lain Gande Wasiange Robi Peneye Apiato Beon Timos Ranci Wasiangge Frengky Nimiangge dan Justen Gwiaiangge.

Kepada remaja putera Tanah Papua ini disampaikan berbagai jenis “Makanan Haram” berdasarkan Kitab Imamat pasal 11 yaitu babi/ udang/ cumi-cumi/ kerang ikan lele /kelinci /unta/ tikus katak /landak /biawak /siput bunglon dan jenis ikan tidak bersirip atau bersisik ,itu haram!

Bahkan disebutkan jenis-jenis binatang lainnya yang “Haram” (Imamat 11: 4 -8 dan Imamat 11: 13 serta Imamat 11: 29-31).

Oleh Ketua Lasman Simanjuntak dan Pemimpin Diakon Nelson Simanjuntak- selain makanan ‘haram’ yang disampaikan- juga diberitahu dari segi ilmu Kesehatan terlalu banyak makan makanan yang bersumber dari binatang (termasuk binatang haram ini seperti babi/ udang /kerang laut /kepiting/atau cumi-cumi yang berlemak serta kolestrol tinggi) dapat menyebabkan penyakit seperti stroke/kanker/hipertensi/jantung/diabetes melitus dan sebagainya.

“Sebagai jurnalis yang juga banyak meliput seputar kesehatan tubuh ini bahwa Kementerian Kesehatan RI cq Direktur Penyakit Bersumber Dari Binatang berkali-kali telah merilis bahaya kesehatan dan penyakit yang bisa ditimbulkan dari makanan daging binatang ini. Misalnya  bahaya virus atau bakteri antraks atau rabies ,”jelas Lasman Simanjuntak seraya menambahkan larangan minum kopi (mengandung kafein)/teh (mengandung tein) serta rokok/tembakau (candu nikotin dan zat berbahaya lainnya).

” Bapak. mau tanya dong.. boleh enggak makan daging burung/bebek/angsa.Dan boleh enggak minum susu sapi atau kambing,”tanya Ranci Wasiangge putera Papua berusia 13 tahun yang rajin baca Alkitab ini.Pertanyaan ini langsung dijawab oleh Nelson Simanjuntak dibantu Kusnadi dan Melki Hendriks.

“Kalau minum minuman yang bersoda seperti coca cola/fanta/sprite bagaimana boleh enggak,”tanya Gande sambil tersenyum malu-malu.

“Sebagai olahragawan dan pemain sepak bola yang profesional senantiasa hindari minuman bersoda ya,cukup minum air putih saja,”nasihat Lasman Simanjuntak seraya mengangkat sebotol minuman mineral Aqua.

Di tengah-tengah pembahasan Alkitab tiba-tiba Bapak Josef Rullan berdiri dan berkata,”bapak-bapak tolong jelaskan juga kepada anak-anak ini mengenai Perjamuan Kudus.Anak -anak sering tanya Perjamuan Kudus itu apa dan mengapa harus terlebih dahulu basuh kaki? ”

Akhirnya oleh Tim Penginjilan GMAHK Jatinegara disampaikan secara panjang lebar mengenai roti dan anggur perjamuan serta basuh kaki seperti tertulis dalam Yohanes 13: 1-20 mengenai Yesus membasuh kaki murid-murid-Nya.

Pelajaran Alkitab untuk putera-putera Papua ini akan dilanjutkan pada minggu ini mengenai “Perpuluhan” dan “Baptisan Kudus”.

Tuhan Yesus memberkati. 🙏🙏🙏

(*/Bro-1)

Editor : Lasman Simanjuntak

Bagikan berita ini

Tinggalkan Balasan