Terima Api Obor Asian Games, Mentan Ajak Masyarakat Berpartisipasi

Makassar ,BeritaRayaOnline,-Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menerima api obor Asian Games XVIII 2018 dari Tim Kirab setelah menempuh empat jam perjalanan dari Tanjung Bira menuju rumah jabatan Gubernur Sulawesi Selatan, Makassar, pada Minggu Malam (29/7/2018) sebagai bagian dari rangkaian Torch Relay Asian Games XVIII.

Dalam sambutannya, Amran mengingatkan bahwa penyelenggaraan sudah di depan mata. Untuk itu, Ia meminta masyarakat turut berpartisipasi dalam mendukung keberhasilan penyelenggaraan ini.

“Semaraknya sudah semakin terasa. Karena itu, seperti yang sudah dipesankan Bapak Presiden, mari kita menjadi tuan rumah yang baik. Jagalah perilaku santun dan tertib selama perhelatan berlangsung,” tutur pria asal Sulawesi Selatan tersebut.

Pemerintah secara serius mempersiapkan penyelenggaraan Asian Games XVIII sejak secara resmi ditunjuk Dewan Eksekutif Olimpiade Asia pada September 2014. Penyelenggaraan yang awalnya akan diadakan pada tahun 2019 tersebut, akhirnya dimajukan dengan pertimbangan tahun depan akan bertabrakan dengan pemilihan presiden dan legislatif. “Insya Allah kita siap. Kita harus siap,” tegas Amran.

Lebih lanjut, Amran meminta masyarakat untuk mendukung atlet Indonesia yang akan turut bertanding di ajang olah raga terbesar di Asia tersebut. Jumlah cabang yang akan dipertandingkan sebanyak 40 cabang olah raga, terdiri dari 32 cabang olah raga olimpiade dan 8 cabang non olimpiade.

“Ini adalah momentum yang harus kita manfaatkan setelah lebih setengah abad kita kembali dipercaya menjadi tuan rumah. Medali harus kita raih. kita harus dukung maksimal putra putri terbaik Indonesia untuk meraih medali emas sebanyak-sebanyaknya sehingga Indonesia bisa membawa kemenangan seperti saat menjadi tuan rumah sebelumnya,” seru Amran.

Ini merupakan kedua kalinya Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games setelah sebelumnya pada tahun 1962 menjadi tuan rumah Asian Games IV. Sebagian fasilitas yang dibangun pada Asian Games IV akan kembali digunakan pada Asian Games tahun ini.

Prosesi penerimaan api obor oleh Mentan ini merupakan bagian dari rangkaian Torch Relay atau kegiatan Estafet Obor Keliling Indonesia yang diselenggarakan untuk menyemarakkan Asian Games 2018 Api obor diambil dari dua negara yaitu India dan Indonesia. Torch relay diselenggarakan dari 15 Juli – 18 Agustus 2018, dengan menempuh jarak 18.000 kilometer, melewati 1 kota India, dan 53 kota yang tersebar di 18 provinsi di Indonesia.

(Biro Humas dan Informasi Publik
Kementerian Pertanian)

Editor : Lasman Simanjuntak

Bagikan berita ini

Tinggalkan Balasan