Renungan (1) : Melihat Lebih Jauh Pekerjaan Iblis/Setan Pada Akhir Zaman

Jakarta,BeritaRayaOnline,-Pada malam ini (Selasa, 3/7/2018) ketika saya  membaca Buku Roh Nubuat (Ellen.G.White)  Alfa dan Omega  Jilid 8 “Kemenangan Akhir” pada Bab 31 berjudul “Agen-Agen Roh Jahat” ada beberapa catatan penting mengenai lebih jauh apa saja itu pekerjaan setan/iblis/lusifer pada akhir zaman yang kian dekat ini.

Misalnya, pada halaman 538 menyebutkan-roh-roh jahat yang pada mulanya diciptakan tidak berdosa, dan kemuliaannya dengan mahluk-mahluk kudus, yang sekarang menjadi pelayan-pelayan atau pesuruh-pesuruh Allah.( baca :Yehezkiel 28:14-15).Tetapi setelah jatuh ke dalam dosa (baca: Yehezkiel 28 :17-18), mereka bersekutu bersama untuk 1)MENGHINA ALLAH, dan untuk 2)MEMBINASAKAN MANUSIA.Bahkan setan punya segala 3)RENCANA JAHAT terhadap KEDAMAIAN dan KEBAHAGIAAN MANUSIA.(Halaman 539).Setan mengamuk bagaikan singa yang dirantai, ia menunjukkan KUASA atas TUBUH dan JIWA manusia.

Pekerjaan setan lainnya pada akhir zaman ini yaitu membangkitkan KETAKUTAN yang mementingkan diri dari orang-orang , sehingga MENCEGAH mereka untuk mendengarkan PERKATAAN-PERKATAAN Yesus.Setan selalu menuduh pengikut-pengikut Kristus sebagai penyebab KERUGIAN, KESIALAN, dan PENDERITAAN.(halaman 541).

 

 

 

 

Dalam Alkitab Yesus memberikan contoh  bahwa roh-roh jahat itu sebagai MAHLUK YANG CERDAS, dan BENAR-BENAR ADA .Misalnya, mengenai kuasa dan keganasan setan/iblis/LEGION (Markus 5:9), seorang ibu Sinro-Finisia dirasuk roh jahat dengan sangat menyedihkan (Markus 7: 26-30, Matius 12: 22, Markus 9: 17-27, dan Lukas 4: 33-36).

KESIMPULAN (1)—” Itulah sebabnya -sementara kita mendekati akhir zaman, bilamana setan bekerja dengan KUASA YANG LEBIH BESAR untuk MENIPU dan MEMBINASAKAN orang-orang, ia MENYEBARKAN kemana-mana KEPERCAYAAN BAHWA SETAN TAK ADA”.(Halaman 542).

2) Firman Allah memberikan kepada kita banyak contoh-contoh pekerjaan GANAS setan, dengan demikian membuat kita BERJAGA- JAGA terhadap serangan setan (halaman 542).

3) Kuasa dan dendam kesumat setan dengan bala tentaranya dapat MEMBAHAYAKAN kita, kalau saja kita tak mendapatkan PERLINDUNGAN dan KELEPASAN dalam KUASA yang lebih tinggi yaitu PENEBUS kita.(halaman 542)

Teks Foto : Inilah bangunan gereja setan atau gereja iblis bersama pendeta-nya.

 

 

 

 

4) Setan dapat mengalihkan PIKIRAN kita, MENYAKITI  dan MENYIKSA tubuh kita, MEMBINASAKAN milik kita  dan hidup kita.Kesukaan setan satu-satunya adalah PENDERITAAN dan KEBINASAAN (halaman 542)

5) AKAN TETAPI MEREKA YANG MENGIKUTI KRISTUS AKAN SELALU AMAN DI BAWAH PEMELIHARAAN-NYA.malaikat-malaikat yang menonjol dalam kekuatan dikirimkan dari surga untuk melindungi mereka.Si jahat (setan,iblis, lusifer, baal, putera fajar, bapa pendusta, beelzebul, dan legion) TIDAK DAPAT MENEROBOSpenjaga yang ditempatkan Allah di sekeliling umat-Nya.(halaman 542-543).

Saya berpendapat, untuk MELAWAN iblis/setan, Rasul Paulus telah memberikan kepada kita PERLENGKAPAN ROHANI yakni Efesus 6:11  “Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat iblis“. Perlengkapan senjata Allah baca saja Efesus 6: 10-18.

JERAT-JERAT SETAN :

Kemudian setelah itu -saya melanjutkan untuk membaca -Buku Roh Nubuat (Ellen G.White) Alfa dan Omega jilid 8 “Kemenangan Akhir” pada Bab 32 berjudul “Jera-Jerat Setan”yang pada pembukaan tulisan menyatakan,” pertikaian besar antara Kristus dan Setan, yang sudah berlangsung selama hampir 6000 tahun, SEGERA AKAN BERAKHIR.Dan, si Jahat melipatgandakan upaya untuk mengalahkan pekerjaan Kristus demi kepentingan manusia dan mengikat jiwa-jiwa pada jeratnya.

Kesimpulan tulisan ini antara lain ;

1)Meskipun SETAN TAK KELIHATAN, ia (setan/iblis-red) BEKERJA GIAT dan RAJIN  untuk mengendalikan PIKIRAN orang-orang yang berbakti itu.Pada waktu ia melihat pelayan-pelayan atau pesuruh-pesuruh Allah MENYELIDIKI ALKITAB, setan akan menggunakan seluruh kelicikannya dan kepintarannya agar dapat mengendalikan suasana supaya PEKABARAN itu tidak sampai kepada mereka yang sedang ditipunya dalam hal-hal tertentu. (halaman 545).

2)Setan mengetahui benar bahwa semua yang dapat dituntunnya untuk melalaikan BERDOA dan menyelidiki ALKITAB , akan dapat dikalhkan oleh serangannya.Itulah sebabnya ia (setan/iblis-red) MENCIPTAKAN setiap cara yang mungkin untuk MENYIBUKKAN PIKIRAN. (halaman 545)

3) AKAN ADA SELALU KELOMPOK ORANG YANG MENGAKU SALEH, yang gantinya terus berusaha mengetahui kebenaran,membuat agama mereka MENCARI-CARI KESALAHAN tabiat dan iman ORANG-ORANG YANG MEREKA TIDAK SETUJUI.Orang-orang seperti ini  adalah TANGAN KANAN SETAN

4) Perbedaan pendapat dan perpecahan yang terjadi diantara jemaat-jemaat dunia Kristen sebagian besar disebabkan oleh kebiasaan  MEMUTARBALIKKAN ALKITAB untuk mendukung suatu teori kesukaannya.Gantinya mempelajari FIRMAN ALLAH DENGAN KERENDAHAN HATI untuk memperoleh pengetahuan mengenai kehendak-Nya.(Halaman 547)==(Baca Matius 4:4, Kisah Rasul 17:11 dan 2 Timotius 3: 15-16).

DAN INILAH TUJUAN YANG INGIN DICAPAI OLEH SETAN .TIDAK ADA YANG PALING DIINGINKANNYA SELAIN DARIPADA “MEMBINASAKAN’ KEYAKINAN KEPADA ALLAH DAN FIRMAN-NYA. (halaman 552).

5) Setan berdiri di depan memimpin bala tentara besar ORANG-ORANG BIMBANG, dan bekerja sekuat tenaganya untuk memperdayakan jiwa ke dalam barisannya.KEBIMBANGAN menjadi suatu metode.Ada sekelompok besar orang yang tidak mempercayai Firman Allah dan Allah sebagai pengarangnya.Sebab Firman itu mencela dan mempermasalahkan dosa.Mereka membaca Alkitab atau mendengar ajaran-ajarannya  sebagaimana disampaikan dari mimbar-mimbar kudus, semata-mata hanya UNTUK MENCARI-CARI SALAH Alkitab atau khotbah.(halaman 553).

6) Setan dapat menyajikansuatu kepalsuan yang sangat mirip dengan kebenaran, sehingga menipu mereka  yang mau ditipu.

7) Tuhan mengizinkan umat-Nya mendapat pencobaan berat, bukan karena Ia senang melihat kesusahan dan penderitaan mereka, tetapi karena proses ini penting bagi kemenangan mereka yang terakhir.Sejalan dengan kemuliaan-Nya, Ia dapat melindungi mereka dari pencobaan, karena tujuan utama pencobaan itu adalah untuk mempersiapkan mereka MELAWAN semua daya pikat dari bujukan setan (halaman 555).(baca Yakobus 1: 2-4, 12-14).

Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan oleh Allahkepada barangsiapa yang mengasihi Dia“. (Yakobus 1: 12)

8) Tak seorang pun aman dalam sehari atau sejam tanpa doa.Terutama kita harus memohon dari Tuhan hikmat untuk mengerti Firman-Nya.Disinilah dinyatakan tipu muslihat iblis sipengoda itu , dan cara mengalahkannya dengan berhasil.Setan ahli dalam mengutip Alkitab, menafsirkan sendiri ayat-ayat itu, dengan harapan membuat kita tersandung.Kita harus mempelajari Alkitab dengan kerendahan hati, jangan sekali-kali kehilangan pandangan terhadap KETERGANTUNGAN KITA KEPADA ALLA.Sementara kita harus berjaga-jaga terhadap tipu muslihat setan, kita harus senantiasa berdoa dalam iman.

Tuhan memberkati.

Pamulang, Selasa malam (3/7/2018)

Ev.Pulo Lasman Simanjuntak

 

 

 

 

 

Bagikan berita ini

Tinggalkan Balasan