Renungan : Rangkuman Buku Roh Nubuat “Kebahagiaan Sejati”

Rangkuman Buku Roh Nubuat “Kebahagiaan Sejati” untuk Calon Master Guide/MG Pathfinder

Jakarta,Jatinegara ,-Untuk mengambil kelas Pathfinder “Master Guide” berikut saya (Lasman Simanjuntak-red)-setelah membaca dengan tuntunan Roh Kudus- akan merangkum tulisan Roh Nubuat-Ellen G.White berjudul“Kebahagiaan Sejati“yang terdiri dari ;

1)Kasih Allah Kepada Manusia, 2)Keperluan Orang Berdosa,3) Pertobatan, 4) Pengakuan, 5)Penyerahan Diri, 6)Iman dan Penerimaan, 7)Ujian Penurutan, 8) Bertumbuh, 9) Pekerjaan dan Kehidupan, 10)Pengenalan akan Allah, 11)Doa, 12)Kebimbangan, dan 13) Kebahagiaan Sejati.

I.Kasih Allah Kepada Manusia—-(halaman 9-16)

Ayat inti tulisan ini terdapat di 1Yoh 3 :17-18, 1Yoh3:1 dan 1 Yoh 3 :23

KESIMPULAN : ” Semakin kita mempelajari ‘Sifat Allah’ di dalam terang Salib itu, semakin kita melihat kemurahan, kelembutan, dan keampunan yang dipadu dengan keadilan.Dan, semakin jelas pula kita memperhatikan BUKTI BUKTI KASIH yang tak terbatas dan tiada taranya, serta belas kasihan yang penuh kelemahlembutan melebihi kasih seorang ibu terhadap anaknya yang tersesat” (halaman 16).

II.Keperluan Orang Berdoa
Ayat inti Ayub 14:4, dan Roma8:6.Berikut adalah beberapa hal penting dari tulisan ini;

KESIMPULAN :
Pertama, sia-sialah impian-impian manusia akan kemajuan, segala usaha meninggikan manusia, jika mereka melupakan satu-satunya Sumber pengharapan dan pertolongan bagi umat manusia yang telah jatuh ke dalam dosa (Yak 1:17, dan Yoh 14:6)
Kedua, marilah kita menggunakan kesempatan yang telah diberikan-Nya kepada kita, supaya kita dapat diubahkan menjadi serupa dengan Dia, dan akan dipulihkan kembali ke dalam persahabatan dengan malaikat-malaikat yang melayani, ke dalam hubungan yang harmonis dengan Allah Bapa dan Anak itu.

III.Pertobatan 
Ayat inti terdapat dalam Kisah 2:38, dan Mazmur 51 :12–” jadikanlah hatiku tahir,ya Allah, dan perbaharuilah batinku dengan roh yang teguh !”
Berikut adalah beberapa hal  penting dari tulisan ini;

1) Pertobatan harus JUJUR, dan dengan HATI TULUS.Bukan saja keampunan yang dimintanya, tetapi juga HATI BERSIH.Dia merindukan kegembiraan yang kudus supaya dipulihkan selaras dengan hubungan kepada Allah.(baca Mazmur 51 :3-17).
2) Memang benar ,pertobatan mendahului keampunan dosa, karena hanya orang yang hancur hatinya akan dapat merasakan perlunya seorang juruselamat.
3) Terlebih lagi, kita tidak dapat bertobat tanpa Roh Kristus yang menyadarkan hati nurani, dan kita tidak dapat diampuni tanpa Kristus.Kristus-lah sumber tiap dorongan yang benar.Dialah satu-satunya  yang dapat menanamkan di dalam hati itu sifat melawan dosaa.Tiap-tiap keinginan akan kebenaran, dan kesucian, setiap keyakinan kesadaran akan dosa-dosa kita sendiri adalah merupakan bukti bahwa Roh KRISTUS BEKERJA DI HATI KITA.
4) Kristus haruslah dinyatakan kepada orang berdosa sebagai seorang juruselamat yang mati untuk dosa-dosa dunia.Dan, kalau kita menatap pada Domba Allah yang tergantung di kayu Salib Golgota, rahasia penebusan mulai terbuka dalam pikiran kita dan kebaikan Tuhan akan  menuntun kita menuju pertobatan.Hanya DARAH KRISTUS yang dapat membasuh hati kita.
5) Kesucian hati harus sesuai dengan HUKUM TUHAN  dan SIFAT KRISTUS.Kita harus DATANG kepada Kristus.Penyerahan jiwa hanya kepada Kristus.

Kesimpulan  :
Pertama, jangan menunda-nunda pertobatan, jangan lengah membuang dosa, mencari kesucian hati melalui Kristus.Menunda-nunda menyerah pada bisikan Roh Allah, memilih hidup di dalam dosa, inilah penundaan yang sesungguhnya.

Kedua, jangan keraskah hatimu, segera bertobat(baca 2 Koristus 6 :2, dan Ibrani 3:7-8, Mazmur 51 :12)

Ketiga, dalam beragama dan beribadah  jangan hanya secara pikiran saja, melainkan dengan  hati yang bersih.

Keempat , setelah bertobat, pelajarilah Firman Allah dengan berdoa.Firman itu menyatakan kehadapanmu HUKUM ALLAH dan KEHIDUPAN KRISTUS

Kelima, hapalkan  Mazmur 139 : 23-24. Tentang PERTOBATAN, baca secara serius a)hendaklah kamu bertobat (Kisah 2:37-38), b) bertobatlah (Kisah 3:19), d) pengampunan dosa (Mamur 32:1-2), seedangkan PENGAKUAN DOSA (baca Mazmur pasal 51 dan Mazmur 51:12).

IV.Pengakuan
Ayat inti terdapat di dalam 1 Yoh 1: 19, dan Yakobus 5:16,” Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan supaya kamu sembuh.Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan sangat besar kuasanya”.

Kesimpulan  :
Pertama, contoh pengakuan dosa dari hasil pertobatan yang murni adalah Rasul Paulus, yang tidak berusaha menudungi dirinya sendiri.Rasul Paulus melukiskan dosanya dalam keadaan yang sehitam-hitamnya, tidak berusaha mengecilkan kesalahannya.(Kisah 26 :10-11).Rasul Paulus bahkan mengatakan, “akulah orang yang paling berdosa…: (1 Timotius 1:15)

Kedua , hati yang hancur dan rendah hati, ditaklukan oleh pertobatan yang sejati, aka menghargai sesuatu dari kasih Allah dan kematian di Golgota, dan sebagai seorang anak yang mengaku dosanya kepada bapa yang penuh kasih.Demikianlah orang berdosa dengan sepunuh hati membawa segala dosanya kehadapan Tuhan Allah.(1Yoh1:9)

V.Penyerahan Diri 
Ayat inti Yeremia 29:13

kita tidak boleh setengah milik Allah, dan setengah milik dunia.Kita bukan anak-anak Allah, kecuali kita berserah diri sepenuhnya.

Kesimpulan  :

Pertama , apabila Kristus tinggal di dalam hati, maka jiwa akan dipenuhi kasih-Nya.Kasih kepada Kristus akan menjadi sumber pancaran perbuatan baik,Mengaku pengikut Kristus tanpa Kasih mendalam seperti ini adalah omong kosong, formalitas yang kering, dan usaha yang amat hina.Hati yang telah dikotori dosa supaya disucikan Yesus, dibasuhkan oleh darah-Nya sendiri untuk diselamatkan dengan kasih-Nya yang tiada taranya.Namun, orang masih mengira berat untuk menyerahkan semuanya itu.

Kedua , kuasa untuk memilih Allah telah diberikan kepada manusia.Namun, anda memilih untuk melayani Dia.Anda dapat menyerahkan kemauan kepada-Nya, lalu Dia akan bekerja di dalam dirimu sesuai keridlaan-Nya.Demikian demikian semua tabiatmu akan diserahkan kepada pimpinan Roh Kristus.Keinginan-keinginan akan dipusatkan pada-Nya.Pikiran-pikiranmu akan sejalan dengan Dia.

Ketiga, dengan menggunakan kemauan secara benar, maka PERUBAHAN yang menyeluruh akan terjadi dalam kehidupanmu.Dengan menyerahkan segenap kemauanmu kepada kehendak Kristus, anda menghubungkan diri dengan kuasa di atas segala kuasa dan penguasa.Anda akan mendapat kekuatan dari atas yang menjaga anda tetap TEGUH , dan MELALUI PENYERAHAN YANG TETAP kepada Tuhan, anda sanggup menghidupkan KEHIDUPAN YANG BARU, yaitu HIDUP DI DALAM IMAN.

VI.Iman dan Penerimaan 
Ayat inti terdapat dalam Kolose 2;6-7.,, dan Ibrani 10: 38 (hidup dengan iman-red).Berikut adalah beberapa hal  penting dari tulisan ini ;

Kesimpulan  :

Pertama, sekarang, setelah anda menyerahkan diri kepada Tuhan Yesus, JANGANLAH UNDUR, JANGANLAH MENJAUHKAN DIRI  dari Dia, dan dari hari ke hari berkata :Akulah milik Kristus, telah kuserahkan diriku sendiri pada-Nya…serta memohon kepada-Nya supaya memberi Roh Kudus padamu serta memelihara engkau  dengan karunia-Nya”.Seorang Rasul berkata : “kamu telah menerima Kristus Yesus, Tuhan kita.Karena itu hendaklah hidupmu tetap di dalam Dia..” (Kolose 2:6).Hidup dalam Kristus Yesus (Galatia 2:20).Hidup dalam Kristus wajib hidup seperti Kristus 1 Yoh 2:6.

Kedua, kita dapat datang keppada-Nya dengan segala kelemahan, dan kebodohan kita dalam keadaan kita yang penuh dosa, dan menyembah di kaki-Nya dengan PERTOBATAN.

VII. Ujian Penurutan (PENTING!)

Ayat inti  : “Jadi, siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah CIPTAAN BARU , yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang (2 Korinstus 5:17).

Kesimpulan  :

Pertama, orang-orang yang telah menjadi ciptaan baru di dalam Kristus Yesus, akan menghasilkan buah-buah Roh (Galatia 5:22).Mereka tidak lagi hidup sesuai dengan hawa napsu mereka yang lama, melainkan dengan iman terhadap anak Allah.Mereka akan mengikuti langkah-langkah-Nya, memantulkan tabiat-Nya, dan menyucikan diri sebagaimana Tuhan suci adanya.

Kedua, tadinya sombong dan angkuh berubah menjadi rendah hati dan lemah lembut.Yang tadinya SUKA MENONJOLKAN DIRI menjadi orang YANG TAK SUKA MENONJOLKAN DIRI.Pemarah menjadi peramah.Dan, orang yang tadinya suka percabulan, menjadi suci.Kebiasaan MENONJOLKAN DIRI dan kebiasaan DUNIAWI ditinggalkan.(1 Petrus 3 :4)

Ketiga, TIADA BUKTI PERTOBATAN YANG SEJATI KECUALI ADA PEMBARUAN .Keindahan tabiat Kristus akan kelihatan di dalam diri pengikut-pengikut-Nya.

Keempat, Ia (Allah/Yesus) mengubah tabiat, menguasai hati, mengendalikan hawa napsu, menaklukkan pertengkaran, serta memuliakan kasih sayang.Jika hati kita dibarui di dalam citra Allah, jika kasih Ilahi tertanam di dalam jiwa, bukankah Hukum Allah itu akan dilaksanakan dalam hidup ?Hanya imanlah yang membuat kita mendapat bagian anugerah Kristus, yang menyanggupkan kita untuk menurut.

Kelima, lebih dari itu Kristus mengubah hati kita.Dia tinggal di dalam hatimu karena iman.Sepatutnya anda memelihara hubungan dengan Kristus ini oleh iman serta penyerahan kehendaknya yang terus menerus kepada-Nya.

Keenam, melalui iman yang semacam inilahhati dibarui di dalam gambaran citra Allah.Hati yang tadinya belum dibarui, dan tidak tunduk kepada hukum Allah, dan sama sekali tidak tahluk, sekarang menggemari peraturan-peraturan yang suci. (Mazmur 119:97 dan Roma 8:4).

Ketujuh, kita harus sering bertelut dan menangis di kaki Yesus karena kekurangan dan kesalahan-kesalahan kita.Namun demikian, janglah putus asa.Berdoalah lebih tekun, percayamu hendaklah lebih sempurna.Karena kita tidak dapat mengharapkan kuasa diri sendiri.Marilah kita mengharapkan kuasa Penebus kita, dan kita harus saling memuji Dia yang membuat wajah kita berseri.Semakin dekat anda kepada Yesus, makin jelas kesalahanmu.Karena pandangamu semakin jelas, dan kekurangsempurnaanmu akan  jelas berbeda sekali dari keadaan-Nya yang sempurna itu.Inilah bukti karena kuasa Roh Allah sudah menggerakkan anda.

VIII.Bertumbuh (PENTING !)

Ayat-ayat BERTUMBUH terdapat dalam a) bertumbuh dan memperoleh keselamatan (1 Petrus 2: 2), b)bertumbuh ke arah Kristus (Efesus 4:15), c) bertumbuh dan tinggal di dalam Kristus (Yohanes 15 : 4-5), d) diubahkan serupa dengan gambar-Nya (2 Kor 3: 8).

Berikut adalah beberapa hal  penting dari tulisan ini ;

1) Perubahan hati yang menjadikan kita anak-anak Allah disebut dalam Alkitab sebagai KELAHIRAN BARU.Demikianlah orang yang BERTOBAT kepada Kristus disebut “seperti bayi yang baru lahir”, maka BERTUMBUH menjadi pria dan wanita di dalam Yesus Kristus (1 Petrus 2:2 dan Efesus 4:15).Atau seperti BENIH yang ditaburkan di ladang, mereka harus BERTUMBUH dan mengeluarkan buahnya.

2) Allah yang membuat bunga itu mekar, dan menjadi buah.Dengan kuasa-Nya benih itu bertumbuh, mengeluarkan buah, mula-mula tangkainya, lalu bulirnya, kemudian butir-butir yang penuh isinya dalam buli itu. (baca Markus 4:28).

3) Nabi Hosea berkata mengenai Israel, bahwa “ia akan berbunga seperti bakung”(Hosea 14:6) ..”rantingnya akan merambak, semaraknya akan seperti pohon zaitun dan berbau harum…(Hosea 14:7)…bahkan Yesus Kristus menyuruh kita supaya memperhatikan “hal bunga bakung, bagaimana tumbuhnya ( Lukas 12:27).Demikian juga anda dengan kuasa sendiri atau usaha sendiri tidak mendapatkan pertumbuhan rohani.Semua orang yang memilih  menghirup udara yang memberikan kehidupan ini AKAN HIDUP BERTUMBUH MENUJU STANDAR YESUS.

4) Demikian juga anda wajib menggantungkan harapanmu kepada Kristus supaya dapat MENGHIDUPKAN satu KEHIDUPAN YANG SUCI , sama seperti cabang bergantung pada batangnya supaya DAPAT BERTUMBUH dan BERBUAH ( Yohanes 15 :4-5).

Kesimpulan  :

Pertama, dengan tinggal di dalam Dia (Yesus) anda dapat bertumbuh dengan subur.Dengan menerima hidup dari Dia saja, maka anda TAK AKAN LAYU atau TIDAK BERBUAH.Anda akan bagaikan sebatang pohon yan ditanam di tepi sungai.Dia (Yesus) haruslah bersama-sama dengan kita , bukan hanya pada permulaan , dan akhir perjalanan kita , tetapi pada setiap langkah hidup kita.(Mazmur 16:8).

Kedua, apakah anda bertanya:” bagaimana caranya saya tinggal dalam Kristus?”  Tetapi orang-Ku yang benar akan hidup oleh iman…(Kolse 2:6 dan Ibrani 10:38).MELALUI IMAN ANDA MENJADI MILIK KRISTUS DAN MELALUI IMAN ANDA BERTUMBUH DI DALAM DIA .DENGAN MEMBERI DAN MENERIMA, ANDA HARUS MEMBERIKAN SEMUANYA ;HATIMU, KEMAUANMU, BAKTIMU SERAHKAN DIRIMU KEPADA-NYA UNTUK MENURUT SEMUA PERATURAN-PERATURAN-NYA.

Ketiga, serahkan dirimu kepada Tuhan pagihari, jadikanlah ini tugas yang pertama.Setiap pagi serahkanlah dirimu kepada allah untuk hari itu.Serahkanlah segala rencanamu pada-Nya untuk dilakukan atau tidak sebagaimana yang ditunjukkan-Nya.DEMIKIAN HARI DEMI HARI ANDA DAPAT MENYERAHKAN HIDUPMU KE DALAM TANGAN TUHAN, SEHINGGA HIDUPMU DIBENTUK HARI DEMI HARI SEPERTI KEHIDUPAN KRISTUS.Pandanglah kepada Kristus.Dengan mengasihi Dia, meniru Dia, anda dapat DIUBAH menjadi serupa dengan Dia.

Keempat, HATI-HATI PERANAN SETAN/IBLIS…. KEPELESIRAN DUNIA, KELUH KESAH KEHIDUPAN, KEBIMBANGAN DAN DUKA, KESALAHAN-KESALAHAN ORANG LAIN, ATAU KESALAHAN-KESALAHAN DIRIMU SENDIRI DAN KETIDAKSEMPURNAANMU-kepada salah satu semua itu- SETAN AKAN BERUSAHA MENARIK PERHATIANMU, JANGANLAH DISESATKAN OLEH TIPU DAYANYA.
SETAN SELALU MENGADAKAN PIKIRAN-PIKIRAN YANG AKAN MEMBUJUK KITA MEMUTUSKAN IKATAN INI, SUPAYA MEMILIH MEMISAHKAN DIRI DARI KRISTUS.DI SINILAH KITA PERLU WASPADA, BERUSAHA DAN BERDOA, SUPAYA JANGAN ADA SESUATU YANG DAPAT MEMBUJUK KITA ‘MEMILIH’ TUAN YANG LAIN.

Kelima, jika Kristus tinggal di dalam hati kita , maka semua tabiat akan diubahkan.Roh Kristus dan Kasih-Nya melembutkan hati, menaklukan jiwa, serta meluhurkan pikiran-pikiran dan keinginan terhadap Allah dan Surga.Mulai saat ini Roh Kristus harus tinggal senantiasa di dalam setiap hati anak-anakNya. (Filipi 2:13, Efesus 4:15).

IX. Pekerjaan dan Kehidupan 

Kesimpulan   : 
Pertama,  Roh suka bekerja yang tidak mementingkan diri akan memberikan kedalaman, keteguhan, dan kasih seperti Kristus kepada tabiat, serta membawa damai dan kebahagiaan kepada pemiliknya.Cita-cita akan dimuliakan .Tiada tempat bagi kemalasan dan sifat mementingkan diri sendiri.

Kedua,  MISI PENGINJILAN — Gereja Kristus adalah alat yang sudah dikukuhkan Tuhan untuk menyelamatkan manusia. Tugasnya ialah membawa kabar Injil ke seluruh dunia ini.Semua tanggungjawab itu terletak pada semua orang Kristen.Setiap orang untuk menggunakan talenta dan kesempatan yang ada padanya, haruslah memenuhi perintah juruselamat itu.Kasih Kristus telah dinyatakan kepada kita, membuat kita berutang kepada orang-orang yang belum mengenal Dia.Tuhan telah memberikan kepada kita TERANG- bukan untuk diri kita saja-tetapi juga untuk diberikan kepada orang lain.

Jika ada pengikut-pengikut Kristus sadar akan tugasnya, akan ada ribuan orang yang mengabarkan Injil di negeri kafir, di mana sekarang hanya ada satu orang saja.Dan, semua orang yang tidak dapat mengerjakan sendiri pekerjaan itu, dapat membantunya dengan jalan memberikan bantuan berupa harta, simpati, dan doa-doa mereka.Maka akan ada pula usaha yang tekun untuk menyelamatkan jiwa-jiwa  di negeri-negeri Kristen.
Kita dapat melakukan ini di lingkungan rumah tangga, di gereja, diantara orang-orang sepergaulan kita, dan dengan orang-orang yang berhubungan dengan kita.

Ketiga, mereka hanya perlu maju secara perlahan-lahan mengerjakan Pekerjaan Tuhan dengan setia, sehingga hidup mereka tidak menjadi sia-sia.Jiwa mereka akan BERTUMBUH semakin lama semakin menyerupai Kristus.Mereka adalah teman-teman sekerja dengan Allah di dalam kehidupan ini.Karena itu layak bagi pekerjaan yang lebih tinggi dan kegembiraan yang tiada celanya dalam kehidupan mendatang.

X. Pengenalan Akan Allah —–Melalui Alkitab/Injil

Ayat inti Matius 4:4

Kesimpulan : 

Pertama, penuhilah hatimu dengan Firman Tuhan.Firman itulah air hidup yang memuaskan dahagamu.Firman itu roti hidup yang turun dari sorga (Yohanes 6: 53,63).Jika kita merenungkan perkara-perkara surgawi, iman dan kasih kita akan makin BERTUMBUH KUAT , dan doa kitapun akan semakin berkenan.

Kedua, Alkitab ditulis bukan hanya untuk kaum cendekiawan, sebaliknya Alkitab itu dirancang untuk orang awam.Kebenaran-kebenaran besar yang perlu demi memperoleh KESELAMATAN sudah dinyatakan dengan jelas, dan tidak seorang pun akan salah atau tersesat kecuali orang itu menurut pertimbangan pikirannya sendiri, gantinya kehendak Allah yang telah dinyatakan dengan jelas itu.Kita jangan berpegang pada kesaksian seseorang tentang pengajaran Kitab Suci, melainkan seharusnya mempelajari Firman Allah bagi diri sendiri.

Ketiga, tidak ada yang lebih menguatkan pikiran, melebihi BELAJAR ALKITAB .Tiada buku lain melebihinya , yang begitu kuat meninggikan pikiran, memberikan kekuatan kepada kemampuan, meluaskan kebenaran-kebenaran yang meninggikan dalam kitab suci.Jika Firman Allah DIPELAJARI dengan semestinya, maka manusia yang mempelajarinyaakan mempunyai a) pikiran yang luas, b) sebuah tabiat mulia, c) tekad teguh yang jarang kelihatan pada zaman ini. Hanya sedikit saja manfaat yang diperoleh dari membaca Kitab Suci SECARA TERBURU-BURU .Seseorang dapat membaca seluruh Alkitab, namun TAK BERHASIL MELIHAT KEINDAHANNYA, serta MENGERTI KEDALAMAN MAKNANYA yang tersembunyi.

Keempat, peganglah selalu Alkitabmu.Kalau anda mempunyai kesempatan, bacalah. TANAMKAN AYAT-AYAT ALIKITAB ITU DALAM PIKIRANMU.Meski anda berjalan di jalan, anda dapat membaca satu bagian dan MERENUNGKANNYA.Dengan demikian MEMASUKKAN KE DALAM PIKIRAN.

Kelima,kita tidak akan dapat memperoleh akal budi tanpa perhatian yang sungguh-sungguh diserta BELAJAR dan DOA yang tekun. Beberapa bagian dari Kitab Suci memang begitu mudah untuk tidak disalahtafsirkan, tetapi ada pula yang artinya tidak terdapat pada permukaan yang dapat dilihat hanya sekilas saja. Bagian-bagian dari Kitab Suci itu haruslah dibandingkan dengan bagian-bagian lainnya. Harus diadakan PENYELIDIKAN yang hati-hati disertai perhatian dan doa yang tekun.Cara belajar demikian memang banyak manfaatnya.seperti seorang penambang yang menemukan saluran barang tambang yang amat berharga tersembunyi di bawah bumi.Demikianlah orang yang tekun yang dengan TEKUN MENYELIDIKI FIRMAN ALLAH SEPERTI MENCARI PERMATA-PERMATA KEBEENRAN YANG TAK TERNILAI HARGANYA, yang tersembunyi dari pandangan orang yang mencari dengan SEMBRONO.

Keenam,Firman yang diilhamkan Allah, diirenungkan dalam hati, akan menjadi seperti sungai yang mengalir dari pancaran kehidupan itu.Jangan pernah Alkitab dipelajari tanpa berdoa.Sebelum membuka halaman-halaman kita harus memohon TERANG dari Roh Kudus, dan PENERANGAN itu memang akan diberikan.Yesus akan melihat kita di tempat-tempat tersembunyi, dimana kita berdoa jika kita mencari Dia memohon TERANG supaya kita dapat mengenal KEBENARAN.Para malaikat dari surga akan MENERANGI orang yang dengan REDAH HATI mencari tuntunan Ilahi.Roh kebenaran itulah satu-satunya Guru yang paling baik dalam hal kebenaran Ilahi.

XI.DOA
Ayat Inti :” Kuasailah dirimu, dan jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa (1Petrus 4:7).Berdoa dan ucapan syukur (Filipi 4:6)


Berikut adalah beberapa hal  penting dari tulisan ini ;

1) Doa adalah membuka hati kepada Allah seperti kepada seorang sahabat.Doa itu perlu supaya Allah mengetahui keadaan kita yang sebenarnya, melainkan untuk menyanggupkan kita menerima Dia.
2) Doa bukanlah membawa Allah turun kepada kita, membawa kita naik kepada-Nya.
3) Allah bersedia dan mau mendengar doa yang tulus dari anak-anak Allah yang rendah hati.Namun, dari antara kita masih banyak juga yang enggan menyatakan keperluan kita kepada Allah.
4) Kegelapan yang berasal dari si jahat akan menudungi orang-orang yang “lalai” berdoa.(SETAN)
5) Doa itu adalah KUNCI IMAN untuk membuka perbendaharaan Surga, dimana terdapat segala harta Allah  yang Maha Kuasa itu? Tanpa doa yang TEKUN dan TETAPkita berada dalam BAHAYA, semakin kurang berhati-hati dan menyimpang dari jalan kebenaran.
6) Setan selalu berusaha menghalang-halangi  jalann menuju takhta kemurahan itu, supaya kita tidak dapat bermohon dengan sungguh-sungguh dalam iman memperoleh anugerah dan kuasa melawan pencobaan.(SETAN)

Kesimpulan   :

Pertama, ada syarat-syarat tertentu oleh mana kita dapat mengharapkan bahwa Allah akan mendengar dan menjawab doa-doa kita.Hati haruslah dibuka bagi pengaruh Roh Kudus, kalau tidak berkat Tuhan tidak akan diterima.Jika kita berpaling kepada KEJAHATAN , jika kita bergantung kepada sesuatu DOSA, maka Tuhan tidak akan mendengar kita, tetapi doa orang yang menyesal dan BERTOBAT  dan hancur hatinya  selalu diterima.

Kedua, unsur lain supaya doa kita diterima ialah IMAN .”Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah.Sebab barang siapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia (Ibrani 11:6).

Ketiga, kita harus senantiasa berdoa jika ingin BERTUMBUH DALAM IMAN dan pengalaman.Kita harus “bertekun dalam doa” , dan berjaga-jagalah sambil mengucapkan syukur (Roma 12:12, dan Kolose 4:2).”KUASAILAH  dirimu dan jadilah TENANG, supaya kamu dapat berdoa ” (1 Petrus 4:7).Doa yang tidak berkeputusan, adalah hubungan jiwa yang tetap dengan Allah.Dengan demikian hidup itu mengalir dari Allah, masuk ke dalam kehidupan kita.Dan, dari kehidupan kita mengalir kembali kesucian dan kemurnian Allah.

Keempat, semua orang yang sungguh- hubungan dengan Allah akan hadir di dalam perbaktian doa, setia mengerjakan pekerjaan mereka, serta sungguh-sungguh rindu memetik segala keuntungan yang dapat diperolehnya.Kita harus berdoa dalam lingkungan keluarga.

Kelima, dan di atas semua itu JANGAN LUPA BERDOA SENDIRIAN, karena inilah kehidupan jiwa.Doa dalam keluarga dan doa dihadapan orang banyak tidaklah cukup.Di tempat yang SEPI, biarlah jiwa itu terbuka dihadapan pemandangan Allah.Doa menyendiri itu hendaklah hanya didengar Allah, yang mendengarkan doa.Jangan ada telinga lain mendengar beban permohonan serupa itu.Di dalam doa sendirian, jiwa bebas dari segala pengaruh sekelilingnya, bebas dari keributan.Dengan tenag dan tekun berdoa sampai kepada Allah.Doa sendirian ini naik bagaikan bau-bauan harum ke hadapan takhta kemurhan.Setan tidak dapat menaklukkan orang yang hatinya selalu berharap kepada Allah.

Keenam, berdoa di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.”Pada hari itu kamu akan berdoa dalam namaKu.Dan, tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa.Sebab Bapa sendiri mengasihi Aku dan percaya…. (Yohanes16:26-27 dan Yohanes 15:16).Tetapi berdoa di dalam nama Yesus adalah sesuatu yang lebih dari hanya menyebut nama itu pada permulaan dan akhir sebuah doa.Berdoa dalam nama Yesus, artinya berdoa dalam ROH dan PIKIRAN Yesus, sementara kita percaya atas janji-janjiNya, bergantung kepada rahmat-Nya, serta mengerjakan pekerjaan-Nya.

Ketujuh,Tuhan tidak bermaksud supaya ada diantara kita menjadi PERTAPA atau menjadi RAHIB dan MENGASINGKAN DIRI dari dunia, dalam usaha membaktikan diri kita sendiri untuk mengerjakan ibadah.Kehidupan itu haruslah seperti hidup Kristus, antara gunung dan khalayak ramai.Bila orang menjauhkan diri mereka dari kehidupan sosial, menjauh dari lingkungan kewajiban orang Kristen, dan tidak suka mengangkat Salib itu.Apabila mereka berhenti bekerja dengan sungguh-sungguh untuk Tuhan yang telah bekerja dengan sungguh-sungguh bagi mereka, maka mereka kehilangan unsur doa, dan tidak mempunyai pendorong kepada perbaktian.Doa-doa mereka akan bersifat pribadi dan hanya mementingkat diri sendiri saja.Kita rugi apabila melalaikan kesempatan berkumpul bersama-sama untuk saling menguatkan, dan memberanikan di dalam bekerja bagi Allah.ORANG YANG TIDAK SUKA BERGAUL dengan orang lain, tidak memenuhi maksud yang telah direncanakan Tuhan baginya.

XII. Kebimbangan — keraguan /bimbang terhadap isi Alkitab
Ayat inti terdapat di dalam 2 Petrus 3:16

Berikut adalah beberapa hal  penting dari tulisan ini ;

1) Banyak orang-terutama yang masih muda-dalam kehidupan Kristen, sering GELISAH karena HASUTAN keraguan-keraguan.Di dalam Alkitab banyak hal yang tidak dapat DITERANGKAN atau DIPAHAMI , dan Setan menggunakan ini UNTUK MENGUNCANGKAN IMAN mereka atas Alkitab itu  sebagai satu wahyu yang datang dari Tuhan.Mereka bertanya : bagaimana saya dapat mengetahui jalan yang benar? Jika Alkitab itu sesungguhnya Firman Tuhan, bagaimana saya dapat dibebaskan dari kebimbangan dan kebingungan??

2) Allah tidak pernah meminta kita mempercayai tanpa memberikan bukti yang cukup atas nama iman kita didasarkan.Adanya Allah, tabiat-Nya, kebenaran Firman-Nya, semuanya telah diteguhkan melalui kesaksian yang menarik pikiran kita, dan kesaksian semacam ini semakin banyak.NAMUN DEMIKIAN TUHAN TIDAK PERNAH MENJAUHKAN KEMUNGKINAN ADANYA RASA BIMBANG.Imann kita harus dialaskan pada bukti, bukan  atas pertunjukan.

3) Firman Tuhan sama seperti sifat Ilahi Pengarangnya, mengandung rahasia-rahasia, yang tidak penrah dapat dipahami sepenuhnya oleh mahluk yang fana.Rasul Petrus mengatakan di dalam Kitab Suci terdapat HAL-HAL YANG SUKAR DIPAHAMI, dan yang tidak teguh imannya , memutarbalikkannya menjadi kebinasaan mereka sendiri (2 Petrus 3:16  ).Yang sulit di dalam Kitab Suci itulah yang digunakan oleh ORANG-ORANG YANG BIMBANG SEBAGAI ALASAN MENYERANG ALKITAB.Tetapi sebaliknya, ayat-ayat itu menjadi bukti yang kuat bahwa hal itu datangnya dari Tuhan.Alkitab tidak mendapat pengakuan yang tidak dapat disangsikan lagi berasal dari Ilahi.Kemuliaan besar dan rahasia dari tema yang dihadapkan seharusnya menimbulkan iman atasnya sebagai Firman Allah.

Kesimpulan  : 

Pertama, tanpa bantuan Roh Kudus, kita selalu mungkin untuk memutarbalikkan kitab Suci atau menyalahtafsirkannya. Banyak pembacaan Alkitab yang tidak mendatangkan faedah, justru mendatangkan bencana.

Kedua,  pengajaran-pengajaran dan larangan-larangan dalam Firman Allah tidak diindahkan oleh hati yang sombong, hati yang mencintai dosa, dan orang-orang yang tidak mau menurut Firman itu, sudah siap menyangsikan kuasanya.

Ketiga, “Dan, bagi sayaAlkitab adalah wahyu dari Yesus Kristus.Anda bertanya kenapa saya mempercayai Yesus? Karena Dia adalah Juruselamat Ilahi bagiku.Mengapa saya mempercayai Alkitab?Karena disitulah mempunyai kesaksian pribadi bahwa Alkitab itu benar, bahwa Kristus itulah Anak Allah.Kita tahu bahwa kita bukanlah mempercayai cerita dongeng.


Keempat, Rasul Paulus dalam 2 Petrus 3:18, menyatakan apabila umat Allah bertumbuh di dalam anugerah, maka mereka tetap memperoleh suatu pengertian yang jernih mengenai Firman-Nya itu.Mereka akan melihat TERANG YANG BARU dan indah di dalam kebenaran-kebenaran yang kudus.Dengan IMAN kita dapat memandang kepada akhir zaman, dan memegang janji Allah untuk pertumbuhan pikiran, kemampuan manusia dipadukan dengan kuasa Ilahi, dan setiap kekuatan jiwa dihubungkan langsung dengan Sumber TERANG itu.

XIII.Kebahagiaan Sejati 

Berikut adalah beberapa hal  penting dari tulisan ini ;

1) Orang-orang Kristen ditentukan menjadi pembawa TERANG dalam perjalanan menuju surga.Terang dari Kristus.

2) Orang-orang Kristen yang menimbun kemurungan, dan duka dalam jiwanya, bersungut-sungut dan berkeluh-kesah, berarti memberikan gambaran yang salah tentang Allah dan kehidupan Kristen kepada orang lain.

3)  PEKERJAAN SETAN ; a) setan bergembira apabila ia dapat memimpin anak-anak Allah ke dalam sikap ingkar, murung, tidak percaya kepada Tuhan.Setan berusaha menampilkan Allah sebagai yang tidak mempunyai kasih dan kelembutan.b) setan menghina Allah dengan cara kurang percaya dan bersungut-sungut terhadap-Nya.c) setan selalu berusaha kehidupan beragama itu suatu kemuraman, d) setan berusaha memperlihatkan bahwa kehidupan beragama itu sukar dan sulit.

4) Banyak orang yang sepanjang hidupnya selalu memikirkan kesalahan-kesalahan, kegagalan-kegagalan dan kekecewaan-kekecewaan nya sehingga hati mereka dipenuhi dengan kegetiran dan kekecewaan.

Kesimpulan  : 

Pertama, masing-masing mempunyai ujian-ujian, kesulitan-kesulitan yang berat untuk dipikul, godaan-godaan yang susah dilawan.Janganlah utarakan kesulitan-sesulitanmu dihadapan sesama manusia yang fana, melainkan bawalah segala sesuatu kepada Allah dalam  doa.

Kedua, Juruselamat kita amat bersungguh-sungguh dan sangat tekun, namun tidak pernah berwajah murung atau masam.Kehidupan orang-orang yang meniru Dia, akan penuh dengan maksud yang sungguh-sungguh, mereka akan mempunyai rasa tangggungjawab pribadi yang tinggi.Agama Yesus akan mendatangkan KETENANGAN seperti sungai, tidak memadamkan TERANG kegembiraan atau memuramkan wajah yang berseri-seri dan tersenyum.

Ketiga, jika kita tetap memikirkan tindakan yang tidak ramah dan tidak adil yang dilakukan oleh orang lain terhadap kita, mustahil lah kita mengasihi mereka sebagaimana Yesus mengasihi kita.Tetapi jika pikiran kita berada dalam belas-kasih Kristus, maka Roh serupa itulah yang mengalir pula kepada orang lain.

Keempat, kerendahan hati , dan tidak berharap pada diri sendiri haruslah ditumbuhkan, disertai kelemahlembutan YANG SABAR TERHADAP KESALAHAN-KESALAHAN ORANG LAIN.Inilah yang mematikan sikap mementingkan diri yang sempit dan membuat orang bermurahhati dan dermawan.

Kelima, mungkin anda mengalami kesulitan dalam bisnis, harapan masa depanmu semakin gelap, dan mungkin anda terancam bangkrut, tetai janganlah TAWAR HATI, serahkanlah segala kesusahanmu kepada Allah.Tetaplah TENANG dan GEMBIRA.Doakanlah supaya diberi kebijaksanaan mengatur persoalanmu dengan bijaksana, dengan demikian anda dapat mencegah kerugian dan bencana.Yesus telah menjanjikan pertolongan-Nya.Berharap terus kepada Allah.

Keenam ,  pintu surga akan dibukakan (Matius 25:34).Maka orang yang ditebus akan disambut masuk ke tempat tinggal yang telah disediakan Yesus bagi mereka.Mereka dengan tak bercela berada dihadapan takhta Allah yang besar dan putih, turut menikmati keagungan dan kesempatan yang dipunyai para mailakat.Mungkin dia miskin, namun di dalam dirinya dia memiliki satu kekayaan dan kemuliaan yang tidak akan pernah diberikan oleh dunia ini.Jiwa yang ditebus dan disucikan dari dosa, dengan segala kuasanya yang mulai, dibaktikan untuk melayani Allah, tidak ternilai harganya.Maka terdapatlah suatu kegembiraan di Surga dihadapan hadirat Allah, dan malaikat-malaikat yang suci ATAS SATU JIWA YANG TELAH DITEBUS, satu kesukaan yang dinyatakan di dalam lagu-lagu kemenangan yang kudus.

Tuhan Yesus memberkati

Lasman Simanjuntak/Ketua Jemaat GMAHK Jatinegara/25/7/2018

 

Bagikan berita ini