Pertanian : Sheet-pipe System Merupakan Teknologi Drainase Bawah Tanah Berbiaya Rendah

 

 

 

 

 

 

Subang,BeritaRayaOnline,-Sheet pipe System adalah dengan menimbun pipa penyerapan air (Sheet-pipe) dengan metode non penggalian di bagian strata dangkal sebagai.metode konstruksi drainase bawah tanah strata dangkal yang dimanfaatkan untuk mencapai tujuan intensifikasi lahan pertanian, termasuk sawah. Metode ini telah diterapkan di industri pertanian Jepang untuk meningkatkan lahan pertanian serba guna,termasuk.sawah.Pipa (Sheet-pipe) di bawah permukaan tanah dengan cepat dapat dipasang (disisipkan) dengan presesi tinggi.

Demikian penjelasan Mr.Inoue Youichi, Tim Leader, dalam memberikan pemaparan metode Sheet-pipe System (metode konstruksi drainase bawah tanah strata dangkal) yang  disampaikan pada acara kegiatan instalasi Sheet-pipe System di Auditorium Somaatmadja Balai Besar Tanaman Padi (BBTP) Balitbang Kementerian Pertanian di Sukamandi, Subang, Jawa Barat, Selasa.pagi (13/3/2018).

 

 

 

 

 

Hadir pada acara ini Dr.Ir.Ani Andayani, M.Agr, Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Infrastruktur, Prof.Budi Indra, Dr.Ir.M.Ismail Wahab, M.Si, Kepala Balai Penelitian Tanaman Padi (BPTP-diwakili Dr.Ir.Sugiono-red), dan Mr.Koremasa TAMURA, Presiden Direktur Kyouwa Kensetsu Kogyo Co,Ltd.

Dijelaskan lagi oleh Mr.Inoue Youichi, dalam beberapa tahun terakhir untuk meningkatkan pemanfaatan effektif dan penggunaan sawah secara insentif, sesuai dengan kebijakan pemerintah (Jepang), telah diterapkan pengeringan sawah, menjadikannya lahan pertanian (kecuali musim.panas digunakan sebagai sawah), dan terjadi peningkatan luas area cocok untuk sawah konversi (lahan kering, sawah yang menjadi lahan pertanian).

 

 

 

 

 

Langkah-langkah yang harus diambil untuk meningkatkan infrasruktur produksi pertanian termasuk perluasan petak-petak lahan pertanian (menyiapkan petak lahan dan meningkatkan luas petak perorang) dan penciptaan sawah serbaguna (pengeringan tanah dari sawah), sehingga meningkatkan fungsi dari fasilitas irigasi dan drainase sesuai dengan karakteristik wilayah serta merupakan kunci untuk produksi skala.penuh berbagai tanaman seperti gandum, kedelai, sayuran, bahan pakan ternak, dan.masih banyak lagi.

 

 

 

 

 

“Sheet-pipe System merupakan teknologi drainase bawah tanah berbiaya rendah dengan karakteristik drainase yang unggul sehingga cocok juga digunakan untuk lahan pertanian konversi tanah liat berat.Sheet-pipe System sangat unggul pada aspek kualitas, fungsional, pengerjaan, dan ekonomis dibandingkan dengan metode drainase bawah tanah konvensional,” ujarnya.

Karakteristik Sheet-pipe System memungkinkan juga langkah intensifikasi lahan pertanian dari sawah yang saluran air sekelilingnya dangkal, karena Sheet-pipe yang merupakan pipa penyerapa  air diletakkan pada posisi dangkal,.maka efek drainasenya tinggi pada air sisa permukaa  dan air sisa dalam tanah.Karena tidak merusak tanah yang sudah dibajak, tingkat drainasenya cepat pada air sisa akibat efek retakan.

Menghilangkan secara dini air permukaan akibat curah hujan , dan lain-lain sehingga dapat meningkatkan efisiensi pertanian dan mengurangi beban tenaga kerja.Mencegah kerusakan akibat kelembapan di sekitar pokok tanaman, dan dengan peningkatan jumlah serta perbaikan kualitas hasil.panen.(Bro-2)

Editor : Lasman Simanjuntak

Bagikan berita ini

Tinggalkan Balasan