Menko Puan : Pertemuan Dialog Tingkat Tinggi Hubungan Antar Masyarakat di Solo Diharapkan Berlangsung Konstruktif

 

 

 

Jakarta,BeritaRayaOnline,-Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaa (Menko PMK) Puan Maharani berharap Pertemuan Dialog Tingkat Tinggi Hubungan Antar Masyarakat (HLM-PEM) di Solo pada 28-29 November 2017 bisa berlangsung secara bersahabat dan konstruktif.

Menurut Puan, pertemuan tersebut memuat beberapa rangkaian kegiatan, antara lain Study in China Educational Exhibition, Indonesia-China Forum on Science and Technology dan kerja sama Science and Techno Park (STP).

“Akan dikembangkan kerja sama pengembangaan situs kembar antara situs manusia purba Sangiran dan situs manusia purba Shoukodian. Delegasi akan berkunjung ke Museum Sangiran di Surakarta pada 29 November 2017,” kata Puan.

Sebelumnya, sejak Pertemuan Tingkat Tinggi Hubungan Antarmasyarakat pertama pada tahun 2015 lalu, terdapat banyak kerja sama yang telah dilakukan kedua negara. Pada Pertemuan Tingkat Tinggi Hubungan Antarmasyarakat ke-1 tercapai delapan kesepakatan dan pada PEM ke-2 juga delapan kesepakatan. “Implementasi dari kerja sama selama dua tahun ini dinilai terus menunjukkan kemajuan,” tutur Puan.

Lebih lanjut Puan menjelaskan, adapun pada HLM-PEM ke-3 ini akan ditandatangani enam kesepakatan. Salah satu dokumen yang akan ditandatangani dan dilaunching adalah Three Year Action Plan on Science, Technology and Inovation Cooperation (2018-2020).

Diketahui, RRC menjadi mitra dagang terbesar Indonesia dan telah menginvestasikan dana yang cukup besar bagi Indonesia. Perdagangan pada Januari-Agustus 2017 mencapai USD35,79 miliar. Meningkat 23,12% pada periode sama tahun 2016. Investasi RRC pada periode Januari-September 2017 mencapai USD2,73 miliar atau meningkat 80%. RRC juga merupakan investor asing terbesar ke-3 di Indonesia.

Sementara di bidang pariwisata, RRT merupakan penyumbang wisman terbesar ke Indonesia yang mencapai 1,42 juta pada Januari-Agustus 2017. Pemerintah berharap Investasi Indonesia dengan RRC dapat seimbang sehingga saling mensejahterahkan masyarakat kedua negara.(***)

Bagikan berita ini

Tinggalkan Balasan