Menko Puan: Diperlukan Kesadaran Untuk Mencegah Kebakaran Hutan

 ANTARA FOTO/FB Anggoro/ed/Spt/14.

 

 

 

 

 

 

Jakarta,BeritaRayaOnline,-Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan perlu sekali upaya bersama untuk membangun kesadaran dalam mencegah kebakaran hutan, kebun dan lahan pada tahun 2018 mendatang.

“Pemerintah sampai saat ini sudah melakukan upaya sebaik mungkin dalam pencegahan kebakaran hutan. Namun bagaimana kesadaran, kemampuan, dan kemauan seluruh pihak itu juga perlu dilakukan,” ucap Menko Puan Maharani.

Puan mengatakan bahwa pemerintah telah melakukan sosialisasi ke penduduk desa supaya tidak membuka lahan dengan membakar. Namun sosialisasi tersebut, kata Puan, itu tidak cukup dilakukan sekali saja tetapi harus dilakukan setiap waktu, khususnya ketika musim kemarau sudah tiba.

“Kita tidak ingin terjadi lagi kebakaran hutan karena disebabkan hal tersebut, yang akhirnya menjadikan kita saling menyalahkan. Jadi memang gotong royong terkait pelaksanaan mitigasi kebakaran hutan ini sangat penting,” terang Puan.

Puan juga menyoroti bahwa kebakaran hutan itu akan memberikan dampak buruk diberbagai macam aspek dan yang pasti efek buruk tersebut menimpa masyarakat sekitar. Baik anak sekolah, kesehatan, atau ispa dan ispu yang disebabkan oleh bencana kabut asap. “Jika kebakaran hutan terjadi, kesejahteraan masyarakat juga tidak bisa tercapai sebagaimana mestinya,” jelas Puan.

Hal utama yang penting dilakukan menurut Puan adalah penguatan kapasitas lingkungan sebagai langkah mitigasi, bangunan kanal bersekat, embung di lahan bergambut, deteksi kebakaran dan e warning system dan upaya bersama dalam memperkuat kapasitas pemadaman.

“Kita memerlukan langkah efaluasi dan edukasi secara terus-menerus, bukan hanya ke masyarakat tetapi pemerintah daerah. Karena yang paling tahu kondisi deaerah tentu pemerintah daerah,” ungkap Puan.

“Saya juga berharap kementerian teknis ikut terus menerus bisa mengundang teman-teman yang ada di daerah untuk memberikan penjelasan dan semangat tentang hal yang harus dilakukan,” katanya lagi.

Diketahui, Menko Puan mengikuti rangkaian forum Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pencegahan Kebakaran Hutan, Kebun, dan Lahan (Karhutbunla) Tahun 2017 di Jakarta, Selasa (19/12/2017) yang diadakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Dalam acara tersebut, hadir Kemenko PMK, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Kementerian Pertanian, Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (BPN)/Bappenas, Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional, Kementerian Pekerjaan Umum/Perumahan Rakyat, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Informasi Geospasial, Kelapa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Kepala Badan Restorasi Gambut (BRG), POLRI, TNI.(***)

 

 

 

Bagikan berita ini

Tinggalkan Balasan