Lomba Penulisan Inovasi Balitbang Kementerian PUPR 2016

litbangpumuatJakarta,BeritaRayaOnline,-Keberadaan teknologi dalam pembangunan infrastruktur bukanlah merupakan sesuatu yang baru. Perkembangannya pun pesat dari tahun ke tahun. Berbagai inovasi teknologi dalam bidang infrastruktur telah dilahirkan, baik yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas maupun estetika. Berkembangnya inovasi teknologi juga memacu berkembangnya pembangunan infrastruktur, khususnya di Indonesia.

Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memiliki peran penting dalam perkembangan inovasi teknologi, khususnya dalam bidang infrastruktur. Balitbang PUPR memiliki empat pusat litbang, yaitu Pulitbang Sumber Daya Air, Puslitbang Jalan dan Jembatan, Puslitbang Perumahan, Permukiman dan Puslitbang Kajian dan Penerapan Teknologi. Pusat-pusat litbang tersebut fokus pada penelitian dan pengembangan teknologi dan inovasi sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Selain produk teknologi, Balitbang juga menghasilkan produk-produk yang berupa standarisasi, norma dan pedoman dalam menciptakan Teknologi Tepat Guna yang berdaya saing tinggi, serta menyediakan advis teknis maupun data analisis.

Demi mendukung kinerja Kementerian PUPR, Balitbang dituntut siap siaga menyediakan solusi dalam mengatasi berbagai masalah yang muncul terkait proses pembangunan infrastruktur, sesuai dengan jargonnya “Hadirkan Solusi Seiring Inovasi”.

Berbagai produk teknologi dan inovasi telah dihasilkan oleh Balitbang PUPR, mulai dari produk teknologi dalam skala besar hingga teknologi skala kecil yang dapat digunakan di lingkungan rumah tangga. Namun keberadaan produk hasil litbang dan juga manfaatnya tersebut belum banyak diketahui oleh masyarakat luas. Apa artinya keberadaan teknologi tanpa adanya penerapan oleh masyarakat?

Produk hasil inovasi teknologi Balitbang PUPR di antaranya adalah teknologi modular untuk perumahan dan pengelolaan sumber daya air, flood early warning system, sumur resapan, ruang henti khusus (RHK) untuk membantu mengurai kemacetan, Sindila (alat pengukur volume dan kecepatan lalu lintas), tambalan cepat, material timbunan ringan, berbagai variasi aspal beton, peta potensi gempa untuk perencanaan infrastruktur, dan masih banyak produk hasil litbang yang lainya.

Sedangkan untuk produk berupa standarisasi dan norma, Balitbang Kementerian PUPR setidaknya sudah menghasilkan Standar Nasional Indonesia (SNI) sebanyak 753 dokumen, pedoman teknis 252 dokumen, dan Rancangan Standar Nasional Indonesia (RSNI) sebanyak 64 dokumen. Total keseluruhan yaitu sebanyak 1.069 dokumen.

 

TUJUAN

Lomba Penulisan Inovasi Balitbang Tahun 2016 bertujuan untuk menyebarkan informasi dan juga sosialisasi yang berkesinambungan kepada masyarakat mengenai produk-produk hasil teknologi dan inovasi Balitbang Kementerian PUPR. Dengan begitu manfaat teknologi yang dihasilkan Balitbang dapat dirasakan masyarakat serta dapat mengatasi permasalahan yang ada. Juga untuk menyebarkan kontribusi nyata Balitbang dalam menciptakan teknologi di bidang PUPR, serta menjaring masukan untuk memperkuat badan litbang ini di masa mendatang.

 

KEGIATAN

Lomba Penulisan Inovasi Balitbang Tahun 2016 (LPIB 2016)

 

TEMA

Dengan Inovasi  Sains dan Teknologi Kita Percepat Pembangunan Infrastruktur Menuju Masyarakat Sejahtera

Subtema:

–          Dengan Inovasi Sains dan Teknologi Kita Percepat Pembangunan Infrastruktur mendukung Ketahanan Air dan Kedaulatan Pangan menuju Masyarakat Sejahtera.

–          Dengan Inovasi Sains dan Teknologi Kita Percepat Pembangunan Infrastruktur mendukung konektivitas Nasional menuju Masyarakat Sejahtera.

–          Dengan Inovasi Sains dan Teknologi Kita Percepat Pembangunan Infrastruktur mendukung Infrastruktur Dasar bidang Perumahan dan Permukiman menuju Masyarakat Sejahtera.

 

PESERTA LOMBA

Jurnalis media cetak dan online

 

DEWAN JURI

1.   Ir Bernaldy CES (Sekretaris Balitbang Kementerian PUPR)

2.   M. Syahran Lubis (Redaktur Senior Harian Bisnis Indonesia)

3.   Heny Prasetyawati SH, MSi (Kasubbag Umum, Balitbang PUPR)

 

KRITERIA PENULISAN

1. Orisinalitas ide
2. Kesesuaian tulisan dengan tema
3. Kelengkapan dan akurasi data
4. Teknik penulisan dan gaya bahasa

 

SYARAT PESERTA LOMBA

1. Peserta adalah wartawan media cetak dan online di seluruh Indonesia, yang dibuktikan dengan identitas atau surat keterangan wartawan.
2. Karya tulis dikirimkan kepada panitia dengan melampirkan identitas diri pribadi beserta identitas dan atau surat keterangan wartawan.
3. Jenis penulisan dan berita bebas (straight news maupun feature).
4. Karya tulis harus sudah dipublikasikan di media cetak atau online dengan periode waktu penayangan dari 1 Juli 2016 hingga 8 Agustus 2016.
5. Setiap peserta dapat mengirimkan maksimal 3 (tiga) karya tulis.
6. Karya tulis harus sudah diterima panitia paling lambat 8 Agustus 2016.
7. Karya yang sudah dikirim menjadi milik panitia dan tidak akan dikembalikan.
8. Jika ada ralat berita atau tulisan harap turut dilampirkan.
9. Bagi karya tulis di media cetak peserta wajib melampirkan kliping artikel asli yang sudah tayang, sedangkan untuk karya tulis di online wajib melampirkan print out langsung dari situs websitenya.
10. Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.
11. Panitia berhak menggunakan hasil karya tulis pemenang untuk keperluan publikasi.

 

ALAMAT PENGIRIMAN NASKAH

Kantor Balitbang Kementerian PUPR

Alamat : Gedung Heritage Lantai 3 Wing Timur
Jalan Pattimura No 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12110

Telepon: (021) 742-5083, 722-6307

Fax: (021) 739-5062

Email: humas.balitbang.pu@gmail.com

 

 

PENGUMUMAN PEMENANG

Pemenang lomba penulisan ini akan dilakukan pada 11 Agustus 2016, bertepatan dengan hari terakhir Pekan Inovasi Sains dan Teknologi.

 

HADIAH PEMENANG

Media Cetak

Juara I              Rp 10 Juta

Juara II             Rp 5 Juta

Media Online

Juara I              Rp 10 Juta

Juara II             Rp 5 Juta

(**/Bro-1)

Editor : Pulo Lasman Simanjuntak

 

 

Bagikan berita ini

Tinggalkan Balasan