Lapangan Tenis Menjadi Vanue Ketujuh yang Diresmikan Presiden Jokowi

 

 

 

Jakarta,BeritaRayaOnline,-Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan selesainya renovasi lapangan tenis terbuka dan tertutup di Komplek Olahraga Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta yang dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Sabtu (03/02/2018). Lapangan tenis menjadi venue ketujuh di Komplek GBK yang diresmikan Kepala Negara.

“Setiap hari kesiapan Indonesia dalam menyongsong Asian Games XVIII kelihatan sekali semakin siap, karena venue yang akan digunakan satu per satu diselesaikan,” kata Presiden Joko Widodo dalam sambutannya yang ditutup dengan yel-yel “ayo tenis”.

Peresmian dilakukan dengan penandatanganan prasasti dan dilanjutkan dengan penyerahan raket dari petenis legendaris Yayuk Basuki dan Yustejo Tarik kepada Presiden Jokowi. Usai peresmian dilakukan test event pertandingan Piala Davis antara Indonesia vs Filipina.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono selaku Ketua Bidang Sarana, Prasarana dan Infrastruktur pendukung Asian Games XVIII 2018 dalam laporannya mengatakan lapangan tenis merupakan satu dari enam bangunan cagar budaya di GBK yang renovasinya dilaksanakan dengan memperhatikan aspek cagar budaya.

“Karna cagar budaya, kami masih mempertahankan beberapa kursi lama. Banyak perbaikan yang dilakukan diantaranya pencahayaan, tata suara, pendingin udara dan kamera pengawas (CCTV),” ujar Menteri Basuki.

Lapangan tenis tertutup memiliki kapasitas 3.954 kursi yang juga dilengkapi dengan hard court softbase, lighting LED 1500 lux, scoring board dan sistem AC chiller watercool,. Sedangkan lapangan tenis terbuka memiliki kapasitas 3.832 kursi dilengkapi sound system mumpuni dan CCTV

 

 

 

 

 

Renovasi dilakukan sejak bulan Agustus 2016 hingga m Desember 2017 dengan besaran anggaran Rp 92,8 Miliar yang dilaksanakan oleh Penyedia Jasa Konstruksi PT Brantas Abipraya. Bertindak sebagai Arsitek Prinsipal adalah Adi Purnomo yang juga merupakan anggota Ikatan Arsitek Indonesia (IAI).

Sebelumnya pada tanggal 2 Desember 2017 yang lalu, telah diresmikan oleh Bapak Presiden yaitu Renovasi Lapangan Hoki I, Lapangan Sepakbola A/B/C, Lapangan Panahan dan Stadion Renang (Aquatic) GBK. Pada tanggal 14 Januari 2018 telah diresmikan Stadion Utama GBK dan pada tanggal 23 Januari 2018 telah diresmikan pula Renovasi Istana Olahraga (Istora) GBK.

Selain lapangan tenis terbuka dan tertutup telah diselesaikan beberapa venue lainnya yakni lapangan basket 3 on 3, stadion madya, lapangan softball, lapangan baseball, lapangan rugby, dan training facility di lingkungan Komplek GBK serta shooting range dan danau dayung di Jakabaring Sport City, Palembang.

Sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2016 tentang Dukungan Penyelenggaraan Asian Games XVIII tahun 2018, maka Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaksanakan tugas pembangunan prasarana dan sarana olahraga dalam Kawasan Komplek Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta dan Jakabaring Sport City, Palembang dan Jawa Barat sebagai bentuk Dukungan Penyelenggaraan Infrastruktur Asian Games XVIII tahun 2018.

Turut hadir pada acara tersebut Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Menko Polhukam Wiranto, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Inspektur Jenderal Kementerian PUPR sekaligus Ketua Umum Persatuan Tenis Seluruh Indonesia Rildo Ananda Anwar dan Dirjen Cipta Karya Sri Hartoyo. (*)

Biro Komunikasi Publik
Kementerian PUPR

Bagikan berita ini

Tinggalkan Balasan