Beri Ruang Kontribusi Bagi Penyandang Disabilitas , Kemenko PMK Kuatkan Koordinasi Penyusunan Peraturan Pemerintah

Jakarta,BeritaRayaOnline,-Penyandang disabilitas yang ada di Indonesia memiliki peluang yang besar untuk dapat berpartisipasi dalam pembangunan nasional. “Kita berharap mereka bisa ikut berpartisipasi secara optimal dalam pembangunan” jelas Deputi Bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK Tb. A. Choesni.

Untuk dapat berpartisipasi dalam pembangunan nasional, Choesni menjelaskan bahwa para penyandang disabilitas menginginkan adanya keterbukaan akses di berbagai bidang. “Penting bagi pemerintah untuk dapat hadir, peduli dan memberikan dukungan kepada mereka agar dapat memberikan kontribusinya pada pembangunan nasional” tambah Choesni.

Dari segi regulasi, Choesni memandang bahwa implementasi UU No. 8 tahun 2016 tentang Disabilitas masih butuh pengawalan. “Harus diakui bahwa implementasi UU ini masih perlu pengawalan dan tugas kita memastikan peraturan perundang-undangan ini jalan” tutur Choesni.
Untuk memastikan implementasi UU Disabilitas ini, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) terus melakukan berbagai langkah koordinasi untuk mendorong percepatan penyusunan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Perencanaan, Penyelenggaraan, dan Evaluasi Penghormatan, Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas (PD).

Selain mempercepat penyusunan RPP tersebut, Kemenko PMK juga memantau penyusunan tujuh RPP turunan Undang-undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas dan Dukungan/Penugasan Dari K/L Terkait.

Saat ini salah satu Kementerian yang ditugaskan yaitu Kementerian Sosial tengah fokus pada RPP bidang kesejahteraan sosial khususnya bagi para penyandang disabilitas. Selain itu, Kementerian Sosial juga sedang menggodok Perpres tentang pembentukan Komisi Nasional Disabilitas dan Perpres tentang Penghargaan.(***)

Bagikan berita ini

Tinggalkan Balasan