Anita Firmanti : Pemilihan Komisioner dan Deputi Komisioner BP Tapera Sudah Dimulai

Jakarta,BeritaRayaOnline,-“Kami tak melakukan hubungan fisik langsung untuk menjaga kredibilitas pansel.Pendaftaran bisa via email atau website mulai tanggal 29 Maret 2018 sampai 15 April 2018.Kami akan melaksanakan seleksi calon Komisioner dan Deputi Komisioner BP.Tapera selama tiga bulan ke depan,” ujar  Anita Firmanti, Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, sebagai Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Calon Komisioner dan Deputi Komisioner BP.Tapera kepada wartawan di Jakarta, Senin siang (26/3/2018).

Dalam kesempatan ini Sekjen Kementerian PUPR didampingi oleh  Budi Satria dari Himpunan Bank Negara (Himbara) serta moderator Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra.S.Atmawidjaja.

“Pansel bertugas menyusun dan menetapkan jadwal kegiatan pendaftaran, seleksi, serta penetapan Calon Komisioner dan Deputi Komisioner BP Tapera,” katanya.

Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Anita Firmanti sebagai Ketua Panitia Seleksi Calon Komisioner dan Deputi Komisioner BP Tapera menjelaskan untuk menindaklanjuti terbitnya Perpres No.9 tahun 2018 tentang tata cara pemilihan, syarat, larangan, fungsi,tugas,wewenang dan pemberhentian komisioner dan/atau Deputi Komisioner Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat, maka dibentuk Panitia Seleksi (Pansel) Komisioner dan Deputi Komisioner Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera).

 

 

 

 

 

“Sesuai  Kepmen PUPR No.248/Kpts/M/2018 tentang pembentukan Panitia Seleksi Pemilihan Calon Komisioner dan Deputi Komisioner Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat yang ditandatangani  oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat selaku ketua komite Tapera. Sedangkan anggota Pansel terdiri dari wakil dari Kementerian Keuangan, Kementerian Tenaga Kerja, Kementerian Sekretariat Negara dan Kementerian Hukum dan HAM, serta dua anggota lainnya dari akademisi UI dan Himpunan Bank Milik Negara dibantu oleh tim sekretariat,” ujarnya.

Anita menambahkan setelah pembentukan Pansel dilanjutkan dengan melakukan pengumuman pendaftaran di media cetak nasional selama tiga hari kerja berturut-turut dan melalui website Kementerian PUPR (www.pu.go.id), kemudian tahap berikutnya adalah penerimaan pendaftaran.

 

 

 

 

Penerimaan pendaftaran dilakukan dengan tiga cara, pertama pendaftaran online melalui website pansel-tapera.pu.go.id. Kedua, pendaftaran melalui pos ke Sekretariat Pansel dengan alamat Kementerian PUPR Gedung A lantai 2 Wing 1, Jalan Raden Patah I No. 1, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12110,” ujarnya.

Menurut dia, setelah dilakukan penerimaan pendaftaran dan pengumuman nama Calon Komisioner dan Deputi Komisioner BP Tapera, dilanjutkan dengan tahapan penerimaan dan pengolahan tanggapan dari masyarakat.

“Kemudian akan dilakukan proses seleksi kompetensi dan integritas sampai mendapat nama calon terpilih. Setelah itu, nama-nama calon terpilih disampaikan ke Presiden RI untuk ditetapkan sebagai Komisioner dan Deputi Komisioner Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat atau BP Tapera,” katanya lagi.

 

 

 

Menjawab pertanyaan wartawan, Anita Firmanti mengatakan BP Tapera akan diperluas.Komisionernya harus lebih canggih dan melibatkan anggaran yang lebih besar.

“Jadi Komisioner dan Deputi Komisioner BP Tapera harus plus dan plus karena mengelola organisasi yang lebih besar dan kompleks.Apalagi perusahaan swasta akan masuk ke sana.Anggaran yang dikelola akan menjadi lebih besar dan lebih banyak lagi.Ini lebih kompleks dari Bapertarum.Mental dan jasmani jelas kami perhatikan.Kami tak menerima orang yang cacat hukum, tak boleh dari partai politik, dan maksimal berusia 60 tahun pada 1 Agustus 2018,” kilahnya.(Bro-2)

Editor : Lasman Simanjuntak

Bagikan berita ini

Tinggalkan Balasan