10 Tempat Wisata Ramah Anak di Surabaya yang Wajib Didatangi saat Mudik

 

 

 

 

 

Surabaya,BeritaRayaOnline,-Surabaya merupakan salah satu destinasi mudik lebaran terpopuler di pulau Jawa. Para pemudik memadati seluruh moda transportasi untuk bisa sampai ke Surabaya baik itu mobil pribadi, kereta, bus, hingga pesawat terbang. Mengingat kepadatan lalu lintas dan jaraknya yang cukup jauh, memang sebaiknya Anda berangkat jauh-jauh hari.

Namun apabila Anda tidak bisa berangkat jauh hari, anda dapat menggunakan transportasi udara yang jauh lebih cepat dan lebih aman. Kini harga tiket beberapa maskapai penerbangan seperti Sriwijaya Air pun menawarkan tiket dengan harga yang terjangkau.(https://www.traveloka.com/en/sriwijaya-air)

Bagi Anda yang mudik lebaran ke Surabaya tahun ini, tahukah Anda bahwa Surabaya merupakan salah satu kota yang dinobatkan sebagai kota layak anak? Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya tempat-tempat menarik yang ramah anak. Ini adalah kesempatan yang baik bagi Anda yang mudik lebaran dengan membawa anak.

Dengan demikian bukan hanya silaturahmi bersama keluarga besar, Anda juga dapat memberikan pengalaman liburan yang menyenangkan dan sarat ilmu kepada sang buah hati. Berikut beberapa tempat wisata ramah anak di Surabaya.

1. Masjid Nasional Al-Akbar

Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya adalah masjid terbesar kedua di Indonesia setelah Masjid Istiqlal Jakarta. Masjid yang didominanasi warna biru itu terletak di Jalan Masjid Akbar Tinur, Kota Surabaya. Tidak hanya memberikan pengalaman liburan yang spritual, masjid ini juga dapat menunjukkan kehebatan insinyur-insinyur Indonesia yang dapat menginspirasi anak Anda.

2. Hutan Mangrove Wonorejo

Salah satu wisata alam yang dapat Anda kunjungi bersama buah hati Anda adalah hutan bakau yang terdapat di Wonorejo yang letaknya tidak jauh dari bandara Juanda. Berada cukup jauh dari pusat kota membuat suasana di hutan bakau ini lebih asri dan tenang, jauh dari kebisingan.

Di hutan ini Anda bisa mengajarkan kepada anak pentingnya menanam pohon bakau bagi lingkungan. Dengan demikian, bukan hanya menikmati susana alam, buah hati Anda juga dapat mempelajar hal baru.

3. Museum Mpu Tantular

Mpu Tantular adalah seorang pujangga Jawa yang pertama kali menuliskan semboyan negara kita, Bhinneka Tunggal Ika, dalam kitab Sutasoma. Anda dapat menemukan ribuan karya lain dari Mpu Tantular di museum yang berlokasi di Jalan Raya Buduran – Jembatan Layang, Jalan Raden Moh. Mangundipi, Sidoarjo.

4. Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam terletak di Jalan Pemuda, Kota Surabaya. Monumen Kapal Selam ini adalah kapal selam asli yang kini dialih fungsikan sebagai museum. Kapal selam ini adalah kapal selam yang pernah digunakan oleh Angkatan Laut RI semasa perang pembebasan Irian Barat melawan Belanda. Pengalaman yang ditawarkan sarat akan sejarah keberanian bangsa Indonesia melawan penjajah sehingga dapat memupuk nasionalisme dan jiwa bela negara dalam diri anak anda.

5. Suroboyo Carnival Park

Suroboyo Carnival Park terletak di Jalan Ahmad Yani, Kota Surabaya. Taman bermain ini adalah taman bermain modern yang menyediakan berbagai wahana bermain kesukaan anak-anak. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau, dengan koleksi wahana yang cukup lengkap. Anda dapat menemukan komedi putar yang dilengkapi dengan lampu neon warna warni, wahana kereta api mini, hingga bumper car.

6. Ciputra Waterpark

Ciputra Waterpark adalah wahana air terbesar di Kota Surabaya. Dengan luas 5 hektar, Ciputra Wterpark menyediakan berbagai pilihan wahana air yang aman serta menyenangkan untuk Anda dan keluarga. Wahana air ini terletak di Kawasan Boulevard Citraland, Sambikerep.

7. Monumen Nasional Tugu Pahlawan

Monumen ini adalah salah satu monumen yang paling bersejarah di Surabaya. Di bawah permukaan tanah monumen ini terdapat museum yang menyimpan bukti-bukti perjuangan melawan penjajah di tanah Surabaya. Selain itu terdapat pula foto-foto dokumentasi pembangunan monumen yang berbentuk menyerupai paku terbalik ini. Monumen ini terletak di sekitar kantor Gubernur Jawa Timur, tepatnya di Jalan Pahlawan.

8. Taman Bungkul

Taman Bungkul adalah salah satu taman terlengkap di Indonesia. Anda dapat dengan mudah menemukan area bermain anak, jogging track, skate park, air mancur, dan area rerumputan hijau. Bahkan taman ini juga dilengkapi fasilitas wifi dan toilet yang semakin membuat Anda wajib mengunjungi taman ini.

9. Taman Flora
Terletak di Jalan Manyar, Gubeng, Kota Surabaya, Taman Flora adalah taman yang baik untuk meningkatkan minat dan kecintaan anak Anda kepada tanaman. Taman Flora juga memiliki beberapa fasilitas seperti area bermain anak, kolam ikan, kandang rusa, taman baca anak, hingga sangkar burung raksasa. Apabila selama berkunjung kemudian Anda merasa lapar, tidak perlu khawatir karena tersedia juga area jajan yang ramah kantong.

10. Taman Prestasi

Taman Prestasi adalah wujud komitmen pemerintah daerah untuk mencerdaskan kehidupan warganya. Terletak di Jalan Ketabang Kali No. 6, Genteng, Surabaya, Taman Prestasi menyediakan kemudahan akses untuk belajar seperti komputer dan internet gratis. Selain itu tersedia pula area bermain anak yang cukup lengkap.(**/Press Rilis)

Editor : Lasman Simanjuntak

Bagikan berita ini

Tinggalkan Balasan